Pola Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

0
8
Pola Makan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan – Transformasi bentuk tubuh dan penurunan berat badan merupakan proses yang berbeda-beda bagi setiap orang. Salah satu kunci utama di balik kesuksesan proses penurunan bobot tubuh ini ialah asupan nutrisi.

Ya, pola makan sehat dengan nutrisi seimbang merupakan alternatif yang paling tepat yang bisa Anda coba untuk menyukseskan program diet dan memperoleh bentuk tubuh ideal yang didambakan selama ini.

Berikut ini beberapa pola makan sehat yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang.

Menurunkan Berat Badan Dengan Intermittent Fasting 6 Kali Seminggu

Ahli atau pakar kesehatan menjelaskan jika intermittent fasting teratur hingga mencapai sembilang bulan akan membuat berat tubuh menjadi turun dengan cepat. Pola makan seperti diterapkan dengan cara makan 16.8. Anda harus menjadwalkan makan dari jam makan siang hingga pukul 20.00, kemudian melanjutkan dengan berpuasa hingga pukul 12.00 keesokan harinya.

Lakukan cara ini setiap hari, kecuali satu hari saat akhir pekan. Menurunkan berat badan dengan intermittent fasting teratur membuat setiap orang memiliki jadwal makan tersendiri.

Menurunkan Berat Badan Dengan Menghitung Makronutrien

Cara berikutnya yang terbukti efektif saat dilakukan banyak orang ialah dengan menghitung asupan makronutrien di dalam tubuh. Makronutrien sendiri merupakan nutrisi yang memberikan asupan energi dan kalori untuk tubuh. Tentu saja asupan ini sangat penting dan wajib Anda penuhi kebutuhannya.

Beberapa jenis kategori penting yang termasuk dalam makronutrien ialah seperti karbohidrat, lemak dan protein. Lakukan penghitungan asupan makronutrien secara teratur untuk menyukseskan program diet Anda. Dengan cara ini, Anda masih bebas mengkonsumsi semua makanan kesukaan tanpa harus mengeliminasi kelompok tertentu.

Atur Porsi Makan Dengan Kotak Bento

Mungkin terdengar cukup aneh, akan tetapi cara ini terbukti ampuh saat dilakukan oleh beberapa orang. Dengan cara ini Anda bisa mengontrol porsi makan dengan memanfaatkan sebuah wadah yang sama. Cara ini sangat cocok di coba oleh Anda yang doyan makan dan merasa kesulitan untuk mengontrol kelebihan makanan.

Anda bisa menempatkan beberapa makanan kesukaan ke dalam kotak  bento dengan porsi masing-masingnya telah ditentukan. Alih-alih menggunakan piring, penggunaan kotak bento akan membuat Anda lebih  mudah mengontrol nafsu makan.

Hindari Gula Dan Minum Air Secukupnya

Gula merupakan jenis makanan yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Kandungan gula berlebih juga menjadi salah satu aspek utama mengapa bobot tubuh bertambah besar hanya dalam waktu singkat.

Maka dari itu, pastikan Anda mulai mengurangi asupan gula berlebihan dan akan lebih baik lagi jika Anda mulai menggantinya dengan alternatif pemanis alami lain seperti stevia dan  madu. Selain itu, pastikan pula untuk mengkonsumsi air putih secukupnya sebagai cara sehat  menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan