Pola Asuh Yang Penting Bagi Pembentukan Anak

0
13
pola asuh yang penting bagi pembentukan anak

Menurut bunda Elly Risman seorang psikolog keluarga, mengatakan terdapat tujuh pola asuh yang dapat diterapkan oleh orang tua dirumah. Ketujuh pola tersebut yang pertama adalah mengasuh anak agar dapat menjadi seorang Hamba Allah yang baik. Apabila anak memiliki keimanan kepada Tuhannya maka ia akan dapat menjalankan ibadah dengan baik dan akan berpengaruh kepada akhlak anak dan seterusnya.

Lalu orang tua sejatinya hendaklah memberikan didikan anak sebagai calon istri dan suami yang baik nantinya. Dan orang tua juga harus mempersiapkan anak sebagai calon ayah dan calon ibu. Seterusnya barulah orang tua memperhatikan anak dari segi pendidikan profesionalnya.

Namun, kenyataannya selama ini banyak orang tua yang lebih fokus kepada bagaimana caranya anak dapat sukses dari segi akademis saja, tanpa memperhatikan aspek ketuhanannya dan seterusnya. Banyak kita lihat contohnya, anak yang sukses pendidikannya belum tentu memiliki akhlak yang baik, karena mereka dituntut selalu menjadi nomor satu dikelas.

Mereka justru cenderung berlaku curang atau menutup diri dari lingkungan sekitar. Dan cenderung cuek, dan nantinya berpengaruh kepada polanya jika telah menjadi istri atau suami, begitu juga menjadi ayah atau ibu bagi anak-anaknya.

Lalu, yang kelima orang tua hendaknya dapat mendidik anaknya agar nantinya bisa menjadi pendidik yang baik. Dan seterusnya didiklah anak agar dapat menjadi pengayom yang baik. Serta yang terakhir adalah mendidik anak untuk bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana semua aspek itu dapat berjalan tergantung kepada orang tua yang mau bersama- sama bersepakat untuk mengarahkan anak dan bukan digantikan oleh tenaga pengasuh atau pembantu.

Menurut bunda Elly Risman, orang tua sangat memiliki peran penting bagi kehidupan anak terutama ibu. Karena bagaimana pun juga anak merupakan permata hati bagi kedua orang tua, baik ayah apalagi sang ibu.

Dan berikanlah pola pengasuhan yang baik untuk anak- anak kita dimulai dari usia 0 hingga 8 tahun, karena masa golden age akan berpengaruh kepada keberlangsungan pola asuh anak generasi berikutnya.

Untuk semua orang tua atau yang akan menjadi orang tua, mari kita bersama- sama belajar dan membenahi diri agar nantinya dapat memberikan pola asuh yang baik untuk anak-anak kita. Karena Allah menitipkan anak sebagai jalan menuju ke syurgaNya.

Hendaklah kita didik anak dengan baik sesuai dengan ajaran Rasulullah, semoga anak- anak kita tumbuh dengan akhlak yang baik nantinya. Aamiin.