Pesona Gunung Rinjani Lombok yang Eksotis

0
22
gunung rinjani lombok

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam beragamnya. Mulai dari pantai yang luas dengan hamparan pasir dan birunya lautan, hingga banyaknya gunung yang berjajar di mana-mana. Gunung Rinjani Lombok ialah salah satu keanekaragaman alam Indonesia yang sangat eksotis.

Meski termasuk dalam golongan gunung aktif, gunung yang sering disebut atap Pulau Lombok ini sangat ramai akan pengunjung. Para pendaki yang berkunjung ke gunung ini sangat banyak dan sering kali kemenuhi batas kuota yang disediakan. Jika Anda adalah salah satu orang yang hobi berpetualang dan tangguh, sangat disarankan mendaki di gunung ini.

Letak Geografis Gunung Rinjani

Jika belum menginjakkan kaki di gunung ini dan menikmati keeksotisan alamnya yang cantik, belum lengkap rasanya perjalanan Anda sebagai pendaki. Gunung Rinjani Lombok memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl dan menjadi gunung tertinggi ke dua di negara Indonesia. Gunung ini berada di area bagian utara dari Pulau Lombok.

Sensasi dan kepuasan tak berujung akan Anda rasakan mulai dari perjalanan awal hingga akhir Anda meninggalkannya. Hutan-hutan liar penuh semak belukar mengelilingi wilayah gunung satu ini. Sekitar 76 ribu hektar pemandangan yang hijau nan asri ada di dalam atap Pulau Lombok ini.

Daya Tarik Gunung Rinjani

Sangat disayangkan sekali ketika Anda berkunjung ke Lombok tanpa melakukan pendakian di gunung tertinggi kedua ini. Seluas 10 kilometer kawah elok yang ada di dalam area gunung ini. Danau Segara Anak dengan kedalaman 230 meter di kawah tersebut. Biru warna airnya bagai anakan dari lautlah yang membuat ia bernama sedemikian rupa.

Airnya itu mengalir membentuk air terjun dari area danau. Sangat indah meski melewati jurang yang terjal nan curam dalam Gunung Rinjani Lombok. Meskipun begitu, banyak para pendaki yang berhenti sejenak dan memancing ikan yang ada di sana. Banyak sekali mujaer dan ikan mas di dalam danau tersebut.

Jadi tak hanya dapat menikmati segarnya alam dan pemandangan eksotis saja di gunung ini. Anda dapat pula menenangkan diri dengan bersantai atau memancing di area gunung. Untuk jalur pendakiannya sendiri terdapat dua jalur. Pertama ialah jalur Sembalun yang membuat para pendaki menghemat 700 meter ketinggian.

Jalur kali ini adalah yang terfavorit bagi para pengunjung Gunung Rinjani Lombok. Tetapi perjalanan cukup panjang akan Anda lewati. Hamparan padang savana luas akan membuat Anda takjub dengan kecantikannya. Tiga buah pos peristirahatan dapat ditemukan di jalur kali ini. Dan selanjutnya akan menemukan Anda dangan sebuah tanjakan terjal.

Ketinggiannya sekitar 60 derajat, yang cukup sulit untuk dilalui. Sedangkan di jalur kedua atau Senaru, Anda akan disambut oleh rimbunnya hutan tropis yang cukul terjal dan lebat. Dalam perjalanan akan Anda temui tiga pos untuk beristirahat. Yang mana akan Anda temui pula pos pelawangan yang sering dijadikan tempat berkemah.

Salah Satu Gunung Paling Diminati

Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu lokasi wisata alam yang sangat menjadi incaran para wisatawan. Entah dari wilayah pelosok-pelosok Indonesia hingga para turis asing yang berkunjung ke Lombok. Bagaimana tak jadi pusat perhatian, gunung satu ini mempunyai keelokan alam yang eksotis nyaris menuju sempurna.

Tak memungkiri kenapa banyak peminatnya. Bagi Anda yang ingin mendatangi Pulau Lombok, bisa menggunakan dua opsi alat transportasi. Yaitu kendaraan laut atau melalui udara. Selagi Anda dalam perjalanan laut, akan disuguhkan hamparan biru jernih dari lautan yang Anda  seberangi.

Begitu pun saat memilih perjalanan udara, Anda akan bisa melihat betapa indahnya alam dan hamparan Pulau Lombok dari ketinggian. Ya begitulah Indonesia, negara yang kaya akan keragaman alam dan nampak sangat hijau dari atas langit.

Tinggalkan Balasan