Permainan Tradisional Anak Indonesia Jaman Dulu

1
25
gasing permainan tradisional

Seiring perkembangan jaman yang sekarang ini berkembang pesat khususnya di setiap daerah – daerah Indonesia, Anak – anak kecil jaman sekarang ini lebih banyak bermain gadget daripada permainan di luar rumah yang melibatkan aktivitas fisik. sehingga permainan tradisional mulai terlupakan oleh maraknya penggunaan gadget menjadikan anak – anak jaman sekarang lupa akan permainan tradisional khas Indonesia yang dulu sering dimainkan sebelum perkembangan jaman muncul. Untuk mengenang kembali permainan khas Indonesia, inilah permainan populer pada jaman dahulu.

Petak Umpet

Permainan ini adalah permainan tradisional. Dan permainan ini dimainkan secara beramai – ramai dan cara kerja permainan ini adalah mewajibkan satu orang menjadi penjaga dengan menutup matanya sesuai dengan waktu ditentukan. Kemudian yang lainnya harus mencari tempat persembunyian yang baik, agar tidak tertangkap oleh si penjaga. Setelah penjaga selesai menghitung waktu, maka si penjaga mencari anggota lainnya yang bersembunyi hingga dapat.

Lompat Tali

Dibutuhkan minimum tiga orang untuk bermain permainan lompat tali ini, tali ini terbuat dari karet gelang yang diikat kan sehingga menyatuh dari satu karet gelang ke karet yang lainnya sehingga terbentuklah tali, dan dalam permainan ini membutuhkan dua orang sebagai pemegang tali, cara permainan ini adalah dengan melompati tali yang di pengang oleh dua orang tersebut. Dan rintangan dalam permainan ini adalah tidak boleh menyentuh tali disaat sedang melompat dan ketinggian pengangkatan tali diangkat sampai setinggi – tingginya dan kita di tantang untuk melompat dan tidak menyentuh sama sekali talinya.

Bermain Gasing

Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan lawan untuk bermain dan cara permainan ini dengan cara melemparkan gasing tersebut ke tanah, dan biarkan dia berputar. Cara kerja permainan ini adalah orang yang gasing nya paling lama berputar atau bisa bertahan selama mungkin, maka dialah yang menang dalam permainan ini.

Engklek

Permainan ini mewajibkan untuk melompati kotak – kotak yang sudah di sediakan dan permainan ini hanya menggunakan satu kaki untuk melompati kotak – kotak tersebut. peraturannya adalah tidak boleh menginjak garis kotak dan tidak boleh masuk ke dalam kotak yang ada isinya seperti kotak berisi batu atau lainnya yang berukuran kecil yang sudah di lempar sebelumnya.

Ular Naga

Permainan ini cukup sederhana untuk dimainkan. Cara kerja Permainan ini membutuhkan 2 orang penjaga yang saling berpegang tangan dan mengangkat tangan keatas seperti membentuk terowongan dan anak lainnya membentuk seperti badan ular naga yang tersambung dari berbagai tubuh anak dan dimulai dengan nyanyian, Saat lagu sudah berhenti bernyanyi, anak – anak yang berada ditengah ditangkap. Pada saat terakhir, dua orang di paling depan akan saling merebut mangsa.

Yoyo

Permainan yoyo begitu populer pada akhir tahun 90an. Permainan ini dimainkan dengan cara menyapit pegangan yoyo dan mengayunkan nya kebawah Terdapat berbagai macam gerakan serta teknik dari yoyo ini.

Kucing dan Tikus

Permainan ini  membentuk satu lingkaran besar dan ada dua orang yang akan bermain di dalamnya. Satu menjadi kucing dan satu lagi menjadi tikus. Mereka saling kejar – kejaran, dan permainan ini harus  bisa menyelamatkan tikus dengan cara memasukkan ke dalam lingkaran dan wajib menghalangi kucing untuk masuk dalam lingkaran yang telah dibuat.

Pecah Piring/Lempar Bola

Akan tersedia setumpuk kaleng atau potongan keramik  yang harus dilakukan adalah menghancurkan tumpukan tesebut dan menyusun kembali menjadi sebuah tumpukan yang utuh, tapi tatangannya adalah menghindari lemparan bola yang datang kepadamu sambil menyusun nya kembali ke-awal.

Enggrang

Permainan ini harus menaiki kayu tersebut dan menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh atau kaki menginjak tanah dan berjalan secepat mungkin menggunakannya sampai garis finish yang sudah ditentukan.

Bakiak

Permainan ini sangat membutuhkan kekompakan yang ekstra, menggunakan dua kaki yang sejalan dengan kaki teman. Dimainkan lebih dari lebih dari dua orang, cara kerjanya adalah harus bisa berjalan antar kaki kiri dan kanan bersama dengan kekompakan sehingga dalam permainan ini banyak sekali yang jatuh karena kurang nya kekompakan, apalagi kaki mereka semua diikat dalam satu bakiak.

Ketapel

Permainan ini membutuhkan fokus yang tinggi. Permainan ini mengharuskan pemain membidik target dengan ketapel yang dimilikinya sesuai sasaran yang diinginkan.

Itulah beberapa permainan anak – anak jaman dahulu yang sudah hampir terlupakan. Semoga permainan ini selalu ada walaupun ditengah perkembangan jaman sekarang ini yang sudah berkembang pesat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here