Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

0
22
ibadah haji

Setelah melewati beberapa tahun semenjak pandemi menyerang, akhirnya pada tahun 2022 ini pemerintah Arab Saudi membolehkan umat islam di seluruh dunia untuk dapat kembali berkunjung ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Menunaikan ibadah Haji merupakan rukun Islam yang ke-5. Setiap tahunnya, jutaan kaum muslimin dari seluruh dunia akan berbondong-bondong datang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Haji.

Untuk di Indonesia sendiri, jatah yang didapatkan setiap tahunnya sekitar 200 ribu orang yang diperbolehkan untuk menunaikan ibadah haji. Tentu saja, meskipun sudah dibuka kembali, Ibadah haji untuk tahun 2022 ini, pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kuota setengahnya saja untuk seluruh dunia. Jadi diperkirakan Indonesia hanya akan mendpatkan jatah kuota 70-80 ribu jamaah saja yang bisa diberangkatkan.

Dengan jumlah kuota yang begitu sedikit, tak pelak antrian daftar tunggu bagi jamaah haji Indonesia begitu banyak. Kabarnya dibeberapa provinsi di Indonesia ada yang sudah mencapai lebih dari 25 tahun. Jadi jika mendaftar pada tahun 2022 ini, baru bisa berangkat haji pada tahun 2047 nanti.

Meskipun begitu, calon jemaah yang menginginkan keberangkatan haji menjadi lebih cepat dapat memilih haji plus. Namun, faktor finansial menjadi kendala karena tarifnya naik menjadi beberapa kali lipat, tentunya semua tergantung dari pilihan calon jemaah.

Walaupun biaya haji plus sangat mahal, masyarakat tetap saja banyak yang memilih haji plus tersebut, karena faktor cepatnya berangkat ke tanah suci, hingga fasilitas dan layanan first class yang diberikan.

Lantas, apa bedanya? Dan mana yang harus kita pilih? Nah, disini akan kita coba jabarkan beberapa perbandingannya:

Cara Mendaftar

Untuk Haji Reguler, calon jamaah bisa mendaftar langsung ke Kementerian Agama / perwakilan di daerah masing-masing. Untuk Haji Plus, calon jamaah bisa mendaftar di Perusahaan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus / travel agent tertentu. Biasanya, untuk mendapatkan nomor antrian, calon jamaah diwajibkan untuk memberikan setoran awal. Untuk Haji Plus setoran awalnya kira-kira 50 juta. Besarannya akan berbeda untuk masing-masing travel agent.

Harga

Biaya Haji Reguler pada tahun 2022 diperkirakan mencapai Rp 45 juta perorang. Sementara untuk travel haji plus jakarta, harga yang harus dibayarkan bisa sampai 4 kali lipat dari Haji Reguler atau lebih. Mengapa? Karena jamaah Haji Plus “membeli” fasilitas.

Masa Tunggu

Seperti yang sudah kita bahas di awal tadi, masa tunggu untuk antrian haji saat ini ada yang sudah mencapai 25 tahun di beberapa provinsi. Sementara untuk Haji Khusus, masa tunggunya lebih singkat, antara 4 – 6 tahun saja.

Durasi

Durasi pelaksanaan ibadah Haji untuk jamaah reguler biasanya sekitar 40 hari, sementara untuk Haji Khusus sekitar 14 – 28 hari.

Fasilitas

Pada intinya, perbedaan Haji Reguler dan Khusus terletak pada fasilitas. Gampangnya, jamaah Haji Khusus itu ‘membeli’ fasilitas agar lebih nyaman untuk beribadah.

Untuk jamaah haji reguler, lokasi hotel di Mekah dan Maktab (tenda) di Arafah / Mina biasanya sangat jauh dengan lokasi pelaksanaan ibadah. Di Mekah. jarak antara Masjidil Haram dengan hotel jamaah Haji Reguler sekitar 5 KM dan harus ditempuh menggunakan bus (gratis). Berbeda halnya dengan jamaah Haji Khusus yang hotelnya dekat dengan Masjidil Haram, dapat ditempuh dengan 5 menit berjalan kaki.

Selain faktor biaya haji plus jakarta, tentunya bagaimana cara memilih agen travel untuk perjalanan haji plus patut dipertimbangkan juga. Berikut beberapa tips untuk memilihnya:

Perhatikan kredibilitas dari agen perjalanan

Survei beberapa agen perjalanan yang akan kita pilih. Dari beberapa agen tersebut, lihatlah pelayanannya kepada jemaah. Jika layanannya baik dan tidak pernah melakukan aksi penipuan, bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih.

Bandingkan harga

Bandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan haji plus. Dari harga tersebut, perhatikan fasilitas yang diberikan, termasuk hotel, land arrangement, hingga oleh-oleh dari Tanah Suci. Jika ada agen perjalanan yang menawarkan dengan harga terbaik, pertimbangkan. Ingat, pertimbangkan terlebih dahulu dan jangan langsung menyetujuinya.

Lihat profesionalitas dan pelayanan agen travel haji plus

Jangan sesekali memilih agen perjalanan haji plus yang pelayanannya tidak maksimal. Seandainya agen tersebut sangat kredibel dan tidak pernah melakukan kesalahan tetapi, jika layanannya buruk tentu akan membuat jemaah kapok dan tidak akan menggunakan jasa mereka.

Selalu memberikan informasi dan edukasi

Agen perjalanan haji plus yang terbaik selalu memberikan informasi-informasi paling update kepada calon jemaahnya. Mereka akan memberi tahu apa saja, termasuk kapan keberangkatan haji, kapan harus mengurus visa, dan hal-hal penting lainnya dengan cepat. Dengan mengetahui informasi tersebut, calon jemaah haji akan mengetahui banyak hal karena terlibat langsung dalam proses persiapan hajinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini