Pentingnya Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan

0
86
pentingnya manajemen keuangan

Manajemen adalah suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Manajemen harus dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran individu atau kelompok secara kooperatif dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

Manajemen keuangan adalah kegiatan merencanakan, mengelola, penyimpanan serta mengendalikan dana  aset yang dimiliki oleh suatu bisnis. Pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan

Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, perusahaan harus mampu berjalan dengan baik. manajemen keuangan yang baik akan mampu membantu pemilik usaha mengetahui kondisi perusahaan tentang seberapa efektif keuangan perusahaan dan bagaimana kondisi perusahaan kedepan.

beberapa hal yang membuat manajemen keuangan menjadi hal yang penting untuk sebuah perusahaan, yaitu :

1. Mengetahui pengeluaran modal

Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda akan tahu kapan harus membeli aset yang berpenghasilan. Semua pertimbangan keuangan untuk pengeluaran modal harus menyeimbangkan pendapatan yang akan dihasilkan aset dengan jumlah yang akan dibelanjakannya.

Jika perushaan bisa mengelola pengeluaran modal secara efektif, maka perusahaan tidak akan terlalu memaksakan dengan pinjaman modal terlalu banyak untuk aset yang tidak memberikan pendapatan yang cukup.

2. Mengelola kas operasional

Dengan mengelola arus kas perusahaan dengan baik, perusahaan akan selalu memiliki cukup uang untuk membayar sewa, utilitas, telepon, asuransi, penggajian, dan perlengkapan. Untuk melakukan ini, perlu memprediksi dan melihat kedaluwarsa piutang dagang dan membandingkannya dengan tanggal jatuh tempo faktur.

perusahaan dapat mengelola arus kas dengan mempersingkat waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk membayar dan dengan menegosiasikan ulang tanggal jatuh tempo dengan pemasok. Jika perusahaan tidak dapat mengelola arus kas secara efektif, perusahaan mungkin tidak dapat membayar pengeluaran.

3. Menurunkan Biaya

Salah satu tanggung jawab manajemen keuangan adalah menjaga biaya serendah mungkin. perusahaan dapat meminta potongan harga dari pemasok, mengurangi jumlah karyawan, mengurangi konsumsi listrik, atau membeli persediaan dalam jumlah besar.

Jika perusahaan tidak mengelola pengeluaran, perusahaan masih perlu meningkatkan penjualan secara dramatis untuk membayar biaya yang meningkat.

4. Membantu Perencanaan Pajak

Tugas pengelolaan manajemen keuangan meliputi perencanaan untuk pajak. Proses perencaan pajak ini tentu dapat membantu perusahaan dalam pembuatan estimasi perpajakan sehingga perusahaan dapat mengalokasikan dana lebih untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak.

Dengan dana yang telah dialokasikan dengan baik, perusahaan dapat membayar pajak tepat waktu sehingga terhindar dari keterlambatan yang bisa menyebabkan keluarnya dana lebih untuk pembayaran denda atau sanksi perpajakan.

Manajemen keuangan yang baik, akan membantu perencanaan keuangan perusahaan dengan baik. Perusahaan juga bisa berjalan dengan lancar karena adanya pengelolaan keuangan yang baik.

Beberapa Kerugian Jika Sebuah Perusahaan Tidak Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik

1. Tidak mengetahui aset dan kewajiban yang dimiliki

Tanpa laporan keuangan, perusahaan secara otomatis kesulitan untuk mengklasifikasikan aset, termasuk investasi jangka panjang dan aset yang diasuransikan pajak, yang sangat berharga untuk pertumbuhan perusahaan dan pengurangan pajak yang mungkin diterima perusahaan di masa depan.

2. Tidak mengetahui kontribusi biaya yang dikeluarkan

Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, akan sulit baginya untuk mendapatkan laporan detail seperti ini. Perusahaan dapat membuat asumsi yang salah tentang harga jual, sehingga menghasilkan keuntungan yang terlalu rendah atau barang dagangan yang dinilai terlalu tinggi.

3. Tidak memiliki proyeksi bisnis yang baik

Dalam laporan keuangan, semua transaksi harus dicatat secara teratur. Transaksi jual beli dan semua aset perusahaan harus tercatat dengan jelas. Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, perusahaan tidak akan tahu kendala keuangan apa yang mereka hadapi. Oleh karena itu, ada kemungkinan perusahaan membuat keputusan yang salah berdasarkan perkiraan keuangan yang buruk.

Penulis: Khairunisa Afifah Rahmayanti
Mahasiswi Universitas Pamulang
S1 – Akuntansi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini