Pakaian Tradisional Paling Unik Di Indonesia

0
11
pakaian tradisional indonesia
Pakaian Adat Indonesia - sumber gambar: blogunik.com

Memang kalau bahas soal pakaian tradisional Indonesia menjadi juaranya. Kenapa tidak? Sebab Indonesia tidak hanya memiliki banyak kesenian, budaya, kuliner, wisata hingga rumah adat saja, melainkan Indonesia juga memiliki tradisi dan baju adat yang cantik. Oleh karena itu, jangan heran bahwa setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki pakaian tradisionalnya tersendiri dengan ciri khas dimasing-masing daerahnya. Namun, biasanya pakaian adat ini digunakan dalam acara-acara tersebut seperti pernikahan, karnaval dan lainnya. Namun, bagaimana dengan pakaian adat yang paling unik yang ada di Indonesia? Nah, untuk jawabannya bisa Anda lihat langsung seperti dibawah ini.

Pakaian Tradisional Ulee Balang, Nanggroe Aceh Darussalam

Jika berbicara secara adat, maka penggunaan atau pemakaian baju adat Ulee Balang ini hanya bisa digunakan bagi kalangan raja dan juga keluarganya saja ataupun bagi kalangan pemuka agama di Aceh. Pakaian tradisional asal Aceh ini membuat orang yang melihatnya menjadi kagum. Sebab pakaian ini didesain dengan sangat mewah dan juga dilengkapi dengan sulaman benang emas mulai dari tutup kepala hingga sampai pada bagian celananya.

Pakaian Tradisional Paes Ageng, Yogyakarta

Pakaian adat selanjutnya dari Yogyakarta dan pakaian tradisional yang satu ini terinspirasi langsung dari busana tradisi Keraton Jogja. Pada jaman dulu, Paes Ageng ini disebut juga dengan kebesaran dan hanya boleh dipakai oleh kerabat Kraton saja. Namun, semenjak era Sultan Hamengku Buwono IX, pakaian Paes Ageng ini sudah mulai diijinkan untuk digunakan diluar Kraton. Oleh karena itu, pakaian tradisional ini sering sekali bukan Anda lihat pada saat acara-acara pernikahan. Dimana para mempelainya menggunakan pakaian adat Paes Ageng tersebut.

Pakaian Aesan Gede, Sumatera Selatan

Pakaian adat Indonesia selanjutnya yaitu dari Sumatera Selatan, Aesan Gede. Dimana pakaian yang satu ini didominasikan dengan warna yang cantik yaitu berwarna merah dengan berpaduan benang emas. Tak hanya itu saja, bahan utama dari pakaian adat ini yaitu berasal dari tenunan kain songket dengan warna yang gemerlap dan keemasan. Selain itu, pada bagian atas kepala juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang cantik sehingga perpaduan songket dan aksesoris bisa bersatu. Bagaimana sangat unik dan hebat sekali bukan?

Baju Adat Perang, Kalimantan Barat

Ragam budaya Indonesia tentu menghadirkan banyak keunikan yang bisa Anda dapatkan yaitu salah satunya mengenai baju adat dari Indonesia. Dimana baju adat ini berasal dari Kalimantan Barat yaitu pakaian tradisional adat perang yang memang terinspirasi langsung dari pakaian adat suku Dayak. Ada hal yang unik mengenai pakaian adat dari Kalimantan Barat ini. Dimana pakaian adat tersebut berbahan kulit kayu dan diproses menjadi sebuah kain. Untuk bahan utamanya yaitu kulit katu ampuro atau kapuo. Teknik menenun ini tentu dikenal oleh masyarakat dari Suku Dayak dan terciptalah sebuah pakaian tradisional yang sangat unik dan menarik sekali untuk digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here