Pakaian Adat Sumatera Barat

0
202

Pakaian Adat Sumatera Barat. Semua aksesori ini akan membuat perempuan sumatera barat jadi elok dipandang dan memiliki martabat yang tinggi. Terdapat dukuah (kalung), cincin, dan galang (gelang) yang dikenakan bersamaan saat memakai pakaian adatnya.

Pakaian Adat Sumatera Barat Gambar Dan Makna
Pakaian Adat Sumatera Barat Gambar Dan Makna from akumaubelajar.com

Satu kesamaan dari pakaian adat pengantin sumatera barat adalah penggunaan suntiang. Perbedaan ragam busana ini berdasarkan pembagian beberapa adat nagari di sumatra barat, yang dikenal dengan pembagian luhak. Kemudian selembar kain pun akan digunakan sebagai pelengkap pakaian adat sumatera barat ini. Untuk model pakaiannya sendiri memiliki lengan pendek dengan ujung yang melebar. Melainkan pakaian adat ini juga digunakan dalam keseharian mereka, namun bentuknya lebih sederhana.

Berbeda dengan busana pengantin sumatera barat lainnya, pengantin pasaman barat bernuansa biru.

Biasanya, penghulu ini biasanya terbuat dari kain beludru dengan tekstur halus dan disertai penutup kepala yang disebut sebagai deta. Terdapat dukuah (kalung), cincin, dan galang (gelang) yang dikenakan bersamaan saat memakai pakaian adatnya. Sesuai dengan namanya, pakaian adat sumatera barat ini hanya bisa dipakai oleh pemangku adat. Namun, meski didominasi oleh emas, tetapi corak dari baju batabue juga beraneka ragam mulai dari warna hitam, biru, merah, dan lembayung. Pakaian adat sumatera barat yang satu ini dikhususkan untuk pasangan pengantin. Berikut ini adalah kelengkapan pakaian tradisional pria sumatera barat beserta istilah dan penjelasannya:

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Pakaian Adat Sumatera Barat, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan