Motif Batik Jawa Tengah Menggunakan Warna

0
7

Motif Batik Jawa Tengah Menggunakan Warna. Penggunaan unsur warna dalam motif batik tuban pada awalnya menggunakan warna biru, merah mengkudu, hitam dan kuning. Batik sebagai wastra tradisional, hadir dengan begitu banyak ragamnya.

Inilah Batik Batang Yang Eksotis Tetapi Nasibnya Kian Terkikis Halaman All Kompas Com
Inilah Batik Batang Yang Eksotis Tetapi Nasibnya Kian Terkikis Halaman All Kompas Com from asset.kompas.com

Dengan sumber daya manusia yang banyak jawa tengah juga memiliki beberapa kesenian. Misalkan, di jogja ada motif parang rusak dan parang barong, di jawa tengah ada . Ciri dari batik pekalongan adalah warnanya yang lebih beragam dan motifnya yaitu . Motif batik pekalongan cukup berbeda dengan batik solo. Penulisan kali ini merupakan hasil penelitian lanjutan dari serangkaian penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi dua unsur desain yaitu warna dan bentuk .

Sehingga luaran yang dihasilkan berupa kesimpulan bentuk dan warna dasar yang menjadi ciri khas motif ragam jawa tengah dengan studi kasus batik semarang .

Ciri khas batik pekalongan adalah memiliki warna dan corak khas dan . Batik sebagai wastra tradisional, hadir dengan begitu banyak ragamnya. Mengaplikasikan motif jawa klasik dengan ciri khas keraton surakarta, dan yogyakarta. Motif batik pekalongan cukup berbeda dengan batik solo. Batik di pekalongan dapat dikategorikan sebagai batik pesisir yang mempunyai ciri khas pada motif kain hiasnya yang bersifat naturalis dan kaya warna. Penggunaan unsur warna dalam motif batik tuban pada awalnya menggunakan warna biru, merah mengkudu, hitam dan kuning.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Motif Batik Jawa Tengah Menggunakan Warna, Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi: https://ymbah.com/

Tinggalkan Balasan