Mie Tarempa, Sanggup Memenuhi Tuntutan Poros Selera

0
72
mie tarempa

Sekilas, dilihat dari bentuknya mungkin kita akan mengira bahwa sajian mie yang satu ini adalah Mie Aceh. Kendati punya penampakan yang hampir mirip, cita rasa yang diterima indera pengecap bakal mencitrakan perasaan yang berbeda. Bagi pecinta kuliner berbahan dasar mie, tentu tidak ada salahnya untuk berkenalan dengan salah satu kuliner yang berasal dari Kepulauan Riau ini. Adalah Mie Tarempa yang tentunya akan memberikan sensasi rasa yang berbeda dari sajian mie lainnya.

Mie Tarempa sendiri bukanlah makanan langka. Kita bisa sangat mudah menemukannya, terutama di daerah tempat kuliner unik ini berasal. Di daerah asalnya itu, sajian yang satu ini menyebar ke banyak sudut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kedai-kedai makanan yang menjadikan Mie ini sebagai signature menu mereka.

Tempat Asal Sesuai Nama

Diperkuat dengan tekstur yang mie telur, Mie Tarempa sendiri punya bentuk yang pipih alias gepeng. Kata “Tarempa” sendiri diadopsi dari asal daerah asalnya sendiri, yakni dari wilayah Tarempa, Kabupaten Anambas. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sajian mie yang satu ini juga menjadi hidangan favorit di Batam hingga Tanjung Pinang.

Kaya Akan Aneka Rempah

Kuliner ini begitu khas karena diperkaya oleh bumbu rempah yang akan sangat ringan, namun ramai ketika disantap. Rasa dari rempah-rempahnya inilah yang membuat cita rasa Mie Tarempa khas dengan balutan warna kuning kemerahan. Gurih yang tercipat akan berkombinasi seimbang dengan rasa pedas dan asam yang bisa dibilang tidak terlalu menyiksa lidah.

Ikan Tongkol Sebagai Pembeda

Salah satu yang paling membuat perbedaan mencolok sajian Mie Tarempa dibanding sajian mie lainnya adalah rebusan ikan tongkol. Sebagai salah satu kuliner mie Seafood, kita mungkin akan beranggapan bakal mendapatkan irisan udang atau cumi yang digunakan sebagai campuran.

Di sinilah letak perbedaan Mie Tarempa dari mie seafood pada umumnya, di mana rebusan ikan tongkol yang tulangnya sudah dibuang terlebih dahulu; diiris kemudian ditumis bersama rempah yang membalut mie yang gepeng memanjang.

Topping yang Menambah Kenikmatan

Campuran tongkol yang ada tentu akan menambah rasa gurih yang dihasilkan. Rasa khas dari Ikan tongkol yang berbeda dari campuran biasa makanan seafood lainnya. Selain itu, tambahan telur dan tauge dalam seporsi mie Tarempa turut menambah kesan tekstur yang kaya ketika dikunyah. Lembut, sekaligus renyah.

Aroma mie yang sudah menggoda juga semakin diperkaya dengan acar cabai hijau yang disajikan terpisah bagi si penyuka rasa pedas. Aktivitas menyantap Mie Tarempa juga bakal makin lengkap apabila ditemani dengan Otak-Otak ikan tengiri. Dan, jangan lupakan Teh Tarik untuk menambah selera.

Tampil dengan Varian Penyajian

Siapa yang di antara kita yang masih berdebat tentang #timgoreng vs #timkuah sampai saat ini? Kita mungkin akan terjebak dengan dua poros perdebatan tersebut bila dihadapkan dengan Mie Tarempa. Seperti halnya kwetiau atau sekaliber mie instant, Mie Tarempa juga punya varian penyajian yang berbeda, lho!

Terdapat tiga macam gaya penyajian yang bisa memikat selera makan kita. Penyuka mie goreng tentunya bakal tergugah seleranya dengan sajian Mie Tarempa Kering, sementara lidah pegiat mie kuah akan dimanjakan oleh Mie Tarempa Basah. Atau, keduanya akan dipertemukan secara adil dengan suguhan Mie Tarempa Lembab.

Pilih mie goreng, mie kuah, atau penyajian mie di antara basah dan kering? Mie Tarempa merupakan salah satu dari banyaknya menu kuliner yang sanggup memenuhi semua tuntutan poros selera tersebut. Memangnya, cuma produk mie instant doang yang bisa? Ya, enggak dong…

Tinggalkan Balasan