Menikmati Keindahan Gunung Bromo

0
91
gunung bromo

Melihat estetika sang surya terbit dari ufuk timur di Gunung Bromo atau mungkin menjadi satu anugrah yang tak terhingga bagusnya. Paduan warna kuning, hitam, serta oranye dan biru yang dihasilkan oleh fenomena alam ini sungguh menjadi panorama unik yang tersaji bagi orang yang melihatnya untuk menikmati indahnya alam Bromo.

Tempat ini dianggap suci oleh penduduk Tengger, suku yang berada di wilayah Gunung Bromo. Nama Bromo sendiri diambik dari nama dewa utama umat hindu, Brahma. Kawasan Bromo berlokasi pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan dihimpit beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. 

Sejarah Gunung Bromo

Pasir-pasir di Bromo menurut dari sejarah dimulai dari dua gunung yang saling berdempetan yang keduanya diberi panggilan Gunung Tengger. Gunung itu yakni gunung terbesar dan tertinggi pada waktu itu. Kemudian terjadi sebuah letusan kecil, materi vulkanik terlempar ke tenggara sehingga menyusun lembah besar dan dalam.

Lalu terjadi letusan yang dahsyat yang mewujudkan kaldera dengan diameter lebih dari 8 km. Karena dalamnya kaldera, material vulkanik letusan gunung hal yang demikian tertumpuk di dalam dan kini menjadi lautan pasir dan diduga dahulu kala pernah terisi oleh air.

Aktivitas dari letusan gunung hal yang demikian menimbulkan lorong magma di tengah kaldera lalu muncul banyak gunung, yakni Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Tempat, Gunung Batok serta Gunung Bromo, serta menimbulkan terjadinya lautan-lautan pasir.

Sesampainya di puncak Bromo, pengunjung  dapat memandang kawah Bromo yang mengeluarkan asap putih yang tebal dan tentu saja fenomenal sebab jarang ada di Indonesia malahan di dunia.

Keindahan Bromo Lainnya

Masyarakat sekitar Bromo akan merayakan festival Yadnya Kasada atau Kasodo tiap-tiap tahun sekali mereka mempersembahkan seperti sayuran, ayam, dan uang yang akan dikenalkan pada dewa dan ditaruhke dalam kawah gunung Bromo. Guna wujud dari rasa bersukur kepada Yang Maha Kuasa.

Gunung Bromo yakni lokasi terbaik di Indonesia untuk melihat matahari terbit yang sungguh-sungguh cantik dan indah. Untuk dapat menempuh Penanjakan Bromo, pelancong dapat menerapkan jasa sewa jeep Bromo untuk mengantarkan sampai ke lokasi-lokasi tamasya menarik di Bromo.

Berangkat menuju Puncak Pananjakan Gunung Bromo semestinya dijalankan pada di dini hari pagi sekitar pukul 03.00 dan perjalanan dapat dimulai dari penginapan daerah Anda menginap di gunung bromo, supaya Anda tidak ketinggalan matahari terbit di wilayah tamasya Bromo.

Metode Liburan ke Bromo

Darimanapun Anda berasal, dapat menuju kota Surabaya atau Malang khususnya dahulu. Jauh hari sebelum berangkat, pastikan untuk merencanakan liburan Anda dengan bagus. Agar lebih mudah dan lebih murah, Anda dapat mengorder paket liburan Bromo, pasti lebih murah dan lebih efisien.

Seandainya Anda pesan paket liburan ke Bromo, Anda akan dijemput di Surabaya atau Malang, atau area sekitarnya. Lalu diantarkan ke Bromo, sampai diantarkan kembali menuju lokasi yang diinginkan, di Surabaya atau Malang dan sekitarnya. Amat mudah, murah, dan tak memeras banyak waktu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini