Menakjubnya Keindahan Pantai Kuta Lombok

0
41
pantai kuta lombok

Pantai ialah wisata alam yang sangat diminati oleh masyarakat dalam segala kalangan. Apalagi pantai-pantai yang ada di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Kuta Lombok menjadi incaran para wisatawan, baik lokal sampai wisatawan asing dari manca negara.

Walau pun pantai Kuta sangat khas dengan yang ada di Bali, tetapi pantai Kuta yang satu ini sangatlah beda. Bahkan rasa takjub akan keindahannya jelas bisa membuat Anda tercengang. Pantai yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Anda tak akan sulit menemui pantai ini.

Letak Pantai Kuta Lombok

Kendaraan umum hingga pribadi dapat Anda gunakan untuk menemukan area ini. Karena wilayahnya yang cukup dekat dengan pusat Kota Mataram. Hanya memerlukan waktu sekitar 90 hingga 100 menit saja untuk mencapainya.

Hamparan pasir yang bersih dan berwarna putih dengan garis pantainya yang bergelombang memunculkan ciri khas tersendiri dari pantai Kuta Lombok. Belum lagi ditambah dengan adanya terumbu karang berkualitas nan sehat di sana. Jelas membawa rasa takjub dalam diri para wisatawan yang datang berkunjung.

Berbicara tentang wisata alam, Indonesia memang salah satu negara yang paling kaya akan hal tersebut. Apalagi jika berbicara mengenai pantai, jelas sekali hanya ada di Indonesia pantai-pantai indah nan asri. Suasana menyejukkan yang dapat menambah rasa nyaman dan tenang ketika berada di sekelilingnya.

Kisah Dibalik Indahnya Pantai Kuta Lombok

Terdapat sebuah bukit dengan nama Mandalika dari sekitar 7,2 kilometer garis pantai ini. Sebuah bukit kuno yang bersejarah. Yang mana nama Mandalika diambil dari cerita rakyat setempat mengenai seorang putri di masa lalu yang bernama Mandalika. Konon ceritanya sang putri tersebut terpaksa lompat ke dalam laut.

Dikarenakan ia tak mau dipersunting oleh seorang pangeran dan memilih kabur. Tetapi kini bukit Mandalika ini merupakan pilihan paling tepat jika Anda ingin menikmati eloknya pantai Kuta Lombok dari area yang tinggi. Anda bisa melihat seluruh area pantai yang sangat luas dengan hamparan pasir dan air lautnya.

Kondisi yang Masih Asri

Ditambah pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Nampak semakin menakjubkan dan membuat diri tenang. Gugusan terumbu karang yang sehat juga akan nampak jelas dari area ini. Bagi Anda yang sangat ingin mengunjungi pantai ini, direkomendasikan membeli paket tour agar lebih murah tetapi bisa menikmati wisata dengan nyaman.

Ketika Anda nantinya datang ke pantai Kuta Lombok, jelas akan melalui sebuah desa bernama Sade. Yang mana menjadi lokasi kependudukan pasa Suku Sasak, penduduk asli dari Pulau Lombok ini. Anda bisa mampir dan membeli kain tenun tradisional buatan mereka. Kain ini merupakan salah satu kekhasan daerah Lombok.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Anda dapat menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau pun kenang-kenangan yang bisa disimpan cukup lama. Kain-kain tersebut memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari yang paling kecil hingga paling lebar dan bisa Anda gunakan sebagai selimut. Jika Anda penasaran, dapat pula menyaksikan proses pembuatannya dan mendokumentasikan hal tersebut.

Di pantai Kuta Lombok, bisa juga Anda lakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati indahnya alam bawah laut. Anda juga dapat menyewa pemandu untuk menemani ketika menyelam dan mengarahkan agar aman dalam laut.

Jika Anda para pemberani, alangkah bagusnya mencoba permainan berselancar di daerah ini. Air lautnya yang cukup tenang dijamin membuat Anda bersenang-senang seharian tanpa rasa takut. Di sore harinya, sunset akan nampak sangat elok dan tak boleh sampai Anda lewatkan ketika mengunjungi pantai satu ini.

Tinggalkan Balasan