Melihat sisi lain di Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

0
856
sirah kencong blitar

Indonesia terkenal dengan julukan negara agrarisnya, tak heran jika mudah ditemukan banyak lahan pertanian hinggan perkebunan yang tersebar diberbagai kotanya. Salah satu contohnya ada di Wlingi yang merupakan kawasan di Kabupaten Blitar. Wlingi memiliki jarak tempuh yang lebih dekat dengan Malang daripada ke pusat kota Blitar sendiri. Sebagaimana yang disebutkan tadi, Wlingi terkenal dengan perkebunan teh Sirah Kencong yang kini menjadi salah satu lokasi wisata.

Rute Perjalanan di Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar

Perkebunan Teh Sirah Kencong tepatnya terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Jika kamu berangkat dari pusat kota maka bisa menempuh perjalanan sekitar 90 menit. Untuk rute perjalanannnya sendiri ada 2 yaitu jalur Semen dan jalur Tegalsari.

Jalur semen merupakan jalur yang dekat namun tergolong memiliki medan yang sulit dari pasar semen belok ke arah kanan dan nanti akan menemukan jalan yang masih berbatu, Nah itu jalan menuju sirah kencong. Jalan ini biasanya dilalui oleh mobil 4DW dan motor trail. 

Sedangkan pada jalur yang Tegalsari jalannya lebih mudah, Kamu akan melewati hutan sengon diperjalananmu. Sampai setelah menemukan SD Ngadirenggo 2 dan pada jalur pertigaan belok ke arah kanan, kemudian lurus sampai melewati pabrik susu, ikuti jalur ini karena ini merupakan jalur ke perkebunan teh.

Ada apa saja di Perkebunan Teh Sirah Kencong?

Sebenarnya keberadaan perkebunan teh ini sudah lama, namun saat ini namanya lagi booming karena tren anak muda yang lagi doyan berburu foto di wisata yang masih natural layaknya perkebunan teh ini. Lalu  apa aja yang ditawarkan di perkebunan sirah kencong?. Berikut fasiltitas yang bakal Kamu dapatkan saat berkunjung ke tempat ini.

1. Gazebo 

Setelah memasuki area perkebunan Kamu akan mendapati banyak gazebo untuk sekedar duduk-duduk santai atau mengelar karpet disebelahnya untuk berpiknik bersama keluarga. Jadi, saran bagi yang ke sana bareng keluarga tak ada salahnya membawa makanan dari rumah ala-ala piknik.

Sembari menikmati makanan dan berkumpul bersama Kamu juga mendapatkan udara dan suasanya yang sangat damai karena tempat ini jauh dari kebisingan kota. Anak-anak kecil juga bisa bermain disekitar tempat itu.

2. Spot Foto yang Instagramable

Perkebunan teh Sirah Kencong ada didataran tinggi sehingga saat kesana pastikan membawa jaket jika Kamu termasuk orang yang tak suka hawa dingin walaupun sebenarnya sih tidak terlalu dingin sekali. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan pemandangannya.

Tempat ini menawarkan baground yang sangat sempurna dengan hamparan hijaunya teh yang sangat indah untuk menjadi koleksi foto di Instagram bahkan juga cocok sebagai lokasi prewedding.

Jika Kamu mau kamu bisa melewati jalan menanjak diatas perkebunan ini untuk mendapatkan spot paling kece yang ada diatas, dari sana Kamu bisa melihat pemandangan yang sangat memanjakan mata.

3. Pusat Jual Bunga

Tidak Kalah menariknya ternyata selain perkebunan teh disini juga ada tempat jual bunga. Bagi Kamu atau Ibumu yang pecinta tanaman hias, tempat ini direkomendasikan sekali. Ada bunga-bunga khas daerah pegunungan dan berbagai macam bunga hias lainya. Seperti Bunga alamanda, bunga mawar, sosor bebek, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir disini bunga dijual dengan harga sangat miring, bunga anggrek yang dijual di pusat kota Blitar biasanya mencapai 50 ribu lebih ditempat ini hanya sekitar 30-45 ribuan saja. 

4. Air terjun dan Candi Sirah Kencong

Pada lokasi tak jauh dari perkebunan teh kamu bisa menikmati indahya air terjun dengan aliran air yang tidak terlalu deras, namun saat turun hujan disarankan agar tidak mengunjungi lokasi ini karena bisa jadi debit air bertambah dan akan terjadi banjir.

Tidak jauh dari air terjun terdapat goa yang masih dihuni banyak kelelawar sehingga jika mendekati tempat tersebut pasti akan mencium aroma amoniak yang masih pekat, mereka menyebutnya goa kucing. Beberapa orang juga mengatakan konon goa ini dulunya yang digunakan oleh orang sejak jaman penjajahan untuk bersembunyi dan juga saat terjadi tragedi 65. 

Selain perkebunan teh pada wisata ini juga terdapat cagar budaya yaitu candi sirah kencong yang ditemukan pada tahun 1960 an oleh pekerja diperkebunan, walaupun saat ditemukan kondisi candi sudah rusak. Namun masih bisa dilihat pada dinding candi yang terdapat relief yang hanya berupa goresan tidak timbul seperti halnya candi yang lain.

5. Warung-warung sederhana

Berkunjung ditempat yang lumayan jauh dengan suasana yang dingin pasti membuat perut sering keroncongan. Eists jangan khawatir, Kamu tetep bisa membeli beberapa makanan berat hingga ringan pada warung yang telah disediakan.Harganya juga tetap terjangkau, bahkan disana juga ada warung nasi pecel, kebayang nggak sih makan nasi pecel di ketinggian 1000 mpdl.

Itulah informasi mengenai lokasi dan kegiatan yang bisa Kamu dilakukan di perkebunan teh sirah kencong yang semoga bisa menjadi salah satu rekomendasi liburan mendatang bersama kawan atau saudara. 

Tinggalkan Balasan