Macam-macam Bentuk Desain Atap Rumah Modern

0
59
Macam-macam Bentuk Desain Atap Rumah Modern

Rumah tinggal selain nyaman digunakan, sebaiknya juga memperhatikan nilai estika interior dan eksterior bangunan. Salah satu yang perlu diperhatikan pada eksterior bangunan adalah bentuk fasad rumah tinggal, termasuk desain atap rumah modern. Namun tetap pastikan desain rumah tinggal Anda juga mempertimbangkan segi keselamatan.

Sebelum Anda membangun rumah, tentukan dulu konsep arsitektur rumah tinggal tersebut. Salah satu konsep rumah tinggal yang kini paling banyak diterapkan di Indonesia adalah konsep rumah modern. Desain rumah modern banyak diminati, selain karena bentuknya sesuai perkembangan zaman juga materialnya fleksibel dan mudah dicari.

Ciri khas dari desain rumah modern antara lain, desain sesuai selera, menggunakan bahan atau material fabrikasi, atap sederhana, dan masih banyak lagi. Pemilihan bentuk atap sebaiknya dipertimbangkan dari segi desain, biaya, fungsi, dan kondisi sekitar.

Macam-macam Bentuk Desain Atap Rumah Modern

Desain rumah modern memang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman. Namun dalam perencanaan rumah tinggal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terkait pemilihan bentuk atap. Sebagai acuan, berikut beberapa bentuk dasar atap untuk rumah modern yang paling banyak digunakan di Indonesia:

Atap Pelana atau Gable

atap pelana - desain atap rumah modern

Jenis atap yang satu ini merupakan desain atap yang paling kerap dijumpai dibeberapa jenis rumah. Baik di pedesaan atau di perkotaan banyak yang menggunakan jenis atap pelana.

Atap pelana banyak diaplikasikan pada rumah modern karena dinilai paling sederhana, mudah pembuatannya dan tentunya lebih hemat budget. Desain atap rumah modern ini memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Struktur atap mudah
  • Pengerjaan lebih cepat
  • Cocok di daerah dengan curah hujan tinggi
  • Tidak mudah bocor dan bisa menyerap panas
  • Bentuknya mudah dikombinasikan dan disesuaikan dengan bentuk denah

Namun bentuk atap pelana ini sedikit rentan terhadap angin kencang dan sisi atap yang sering terpapar panas ataupun hujan lebih cepat retak. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan cat eksterior agar atap lebih tahan lama.

Atap Limasan

atap limasan - desain atap rumah modern

Desain atap rumah modern lainnya yang juga sering dijumpai pada rumah modern saat ini adalah atap limasan. Atap limasan terdiri dari 4 sisi, dimana dua sisi berbentuk trapesium, dan 2 sisi lainnya berbentuk segitga.

Jenis atap ini menjadi langganan pada rumah dengan konsep modern minimalis. Seperti halnya atap pelana, jenis atap limasan juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Cocok untuk rumah yang berada di pinggir jalan dan daerah dengan angin kencang
  • Strukturnya lebih stabil
  • Air hujan mudah mengalir
  • Tersedia banyak  ruang kosong pada loteng yang bisa dimanfaatkan untuk ventilasi maupun ruangan

Namun karena strukturnya yang sedikti rumit, atap limasan membutuhkan lebih banyak biaya. Pengerjaannya juga tidak bisa secepat atap pelana.

Atap Kombinasi dan Modifikasi

atap kombinasi - desain atap rumah modern

Jika anda ingin membuat rumah dengan desain atap rumah modern berbentuk pelana dan limasan, jangan khawatir. Anda bisa memadukan kedua jenis atap tersebut. Sesuaikan saja dengan bentuk rumah yang diinginkan. Jenis atap campuran tersebut biasanya sering dijumpai di pedesaan.

Namun jika Anda menyukai desain atap yang lebih simple, Anda bisa mencoba jenis atap miring. Bentuk dari atap miring tersebut merupakan separuh dari atap pelana. Jadi atap tersebut hanya memiliki satu sisi saja. Bentuk atap ini cocok digunakan untuk rumah modern minimalis atau rumah dengan ukuran kecil.

Kelebihan dari atap miring ini yaitu mudah dan cepat dalam pengerjaannya, serta lebih hemat biaya karena strukturnya yang sederhana.

Atap Datar

atap datar - desain atap rumah modern

Berikutnya desain atap rumah modern yang sederhana bentuknya adalah atap datar. Namun bentuk atap ini tidak begitu banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia dan lebih sering digunakan pada bangunan industri atau bangunan komersial. Meskipun jenis atap ini tidak benar-benar datar, tapi atap datar ini kurang cocok untuk daerah dengan curah hujan tinggi.

Kelebihan atap datar ini antara lain atapnya bisa dimanfaatkan sebagai roof garden, bentuknya mudah mengikuti denah, dan bentuk fasad bangunan terlihat lebih elegan.

Contoh Desain Atap Rumah Modern

Nah, setelah anda mengetahui beberapa jenis atap dasar untuk atap rumah modern, Anda bisa mulai merencanakan jenis atap manakah yang akan digunakan. Atau Anda juga bisa memodifikasi bentuk-bentuk atap dasar tersebut menjadi berbagai desain. Berikut beberapa referensi bentuk atap untuk rumah tinggal modern:

Desain Atap Gergaji

atap gergaji - desain atap rumah modern

Bentuk dasar dari atap gergaji ini adalah atap pelana dan kombinasi atap miring. Jika atap pelana terdiri dari dua sisi, atap gergaji ini hanya mengambil salah satu sisinya saja, lalu pada bagian selanjutnya dipasang juga atap dengan arah yang sama. Meski bentuknya sangat sederhana, tapi desain eksteriornya akan terlihat sangat estetik.

Jenis atap gergaji sangat ramah lingkungan karena pada bagian atap vertikalnya bisa dipasangi jendela sehingga ventilasi dan cahaya alami bisa masuk. Namun meski sederhana, jenis atap ini perawatannya tidak bisa dibilang murah. Selain itu, adanya jendela pada atap juga sangat rawan dengan kebocoran.

Desain Atap Kupu-kupu

atap kupu kupu - desain atap rumah modern

Masih dengan desain atap rumah modern pelana, desain atap kupu-kupu ini juga merupakan modifikasi dari atap pelana. Jika atap pelana terdiri dari dua sisi dan berbentuk segitiga, maka atap kupu-kupu ini berbentuk dua sisi yang dibalik. Jadi bentuknya seperti sayap kupu-kupu yang mengembang.

Desain atap Lengkung

atap lengkung - desain atap rumah modern

Jika tadi ada atap datar, kini anda bisa mencoba membuat atap lengkung. Jenis atap ini memang belum begitu umum di Indonesia, dan kerap ditemui pada bangunan besar seperti gedung olahraga, tempat perbelanjaan, serta bagunan lainnya.

Desain atap rumah modern ini bisa digunakan untuk rumah tinggal karena bentuknya bisa mengikuti denah. Dengan atap lengkung, fasad rumah juga terlihat lebih modern dan futuristik.

Beberapa kelebihan dari atap lengkung seperti bentuknya yang elastis dan bentuknya bisa disesuaikan sesuai kondisi daerah. Jadi aman untuk rumah tinggal yang berada di daerah berangin kencang dan curah hujan tinggi. Karena struktur dan pengerjaannya yang rumit, tidak heran jika pembangunan atap lengkung memakan biaya lebih banyak.

Atap Sandar atau Skillion

atap sandar - desain atap rumah modern

Berbentuk awal atap pelana, desain atap rumah modern Skillion ini juga merupakan modifikasi dari atap pelana. Bahkan perbedaanya juga sangat tipis. Jika atap pelana setiap ujungnya bertemu, maka atap sandar ini didesain secara asimetris. Dimana salah satu sisinya lebih rendah dari sisi lainnya.

Desain Atap Tumpuk atau Atap Lapis

atap tumpuk - desain atap rumah modern

Desain atap ini biasanya sering ditemui pada perumahan-perumahan dengan rumah tipe 60 ke bawah. Sama seperti atap pelana, atap tumpuk ini merupakan dua atap pelana yang disusun dengan ketinggian yang hanya berbeda sedikit.

Namun saat pemasangan bagian yang ditumpuk, perhatikan agar tidak terjadi kebocoran saat hujan. Bentuk atap lapis ini cocok digunakan untuk berbagai tipe rumah.

Apapun bentuk desain atap rumah modern yang Anda pilih, pastikan atap tersebut sesuai dengan keselamatan penghuni rumah. Jika Anda ingin memodifikasi bentuk atap rumah, tak ada salahnya jika berkonsultasi dulu pada ahlinya.