Lemper, Jajanan Tradisional Yang Tak Lekang Oleh Jaman

1
341
lemper indonesia

Lemper adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam atau ikan, kemudian dibungkus dengan daun pisang atau plastik dan dibakar atau dikukus. Lemper merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Sejarah Lemper

Lemper merupakan makanan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman dulu. Awalnya, lemper dibuat sebagai makanan khas untuk acara pernikahan atau upacara adat. Namun, seiring berjalannya waktu, lemper menjadi semakin populer dan sering dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lemper adalah ketan, daging ayam atau ikan, santan, bawang putih, daun salam, serai, dan rempah-rempah. Ketan yang digunakan harus dicuci dan direndam terlebih dahulu selama beberapa jam agar lebih mudah diolah. Setelah itu, ketan dikukus hingga matang dan diberi bumbu.

Setelah ketan siap, daging ayam atau ikan juga diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun salam, serai, dan rempah-rempah lainnya. Daging ayam atau ikan tersebut kemudian dihaluskan atau diungkep dan dijadikan isian untuk lemper.

Cara membuat Lemper

Cara membuat lemper cukup sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti ketan, daging ayam atau ikan, santan, bawang putih, daun salam, serai, dan rempah-rempah. Kemudian, ketan dicuci dan direndam terlebih dahulu selama beberapa jam. Setelah itu, ketan dikukus hingga matang dan diberi bumbu.

Selanjutnya, daging ayam atau ikan diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun salam, serai, dan rempah-rempah lainnya. Daging ayam atau ikan tersebut kemudian dihaluskan atau diungkep dan dijadikan isian untuk lemper.

Setelah itu, ambil selembar daun pisang atau plastik dan letakkan ketan di atasnya. Tambahkan isian daging ayam atau ikan di atas ketan dan gulung daun pisang atau plastik hingga membentuk lemper. Kemudian, lemper tersebut dapat dibakar atau dikukus hingga matang.

Manfaat Lemper

Selain rasanya yang enak dan khas, lemper juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Ketan yang digunakan sebagai bahan dasar lemper mengandung karbohidrat kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Daging ayam atau ikan yang digunakan sebagai isian lemper juga mengandung protein yang baik bagi tubuh.

Lemper memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  1. Sumber energi: Ketan yang digunakan sebagai bahan dasar lemper mengandung karbohidrat kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
  2. Sumber protein: Daging ayam atau ikan yang digunakan sebagai isian lemper mengandung protein yang baik bagi tubuh. Protein berguna untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut.
  3. Kaya akan serat: Daun pisang yang digunakan untuk membungkus lemper mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus.
  4. Vitamin dan mineral: Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lemper, seperti bawang putih dan daun salam, mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
  5. Makanan rendah lemak: Lemper tidak mengandung banyak lemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan atau makanan ringan sehat.

Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemper yang mengandung santan dan garam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lemper dengan porsi yang seimbang dan tidak berlebihan.

Lemper Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis lemper yang berasal dari berbagai daerah. Berikut ini adalah beberapa jenis lemper yang populer di Indonesia:

  1. Lemper Ayam: Lemper jenis ini menggunakan daging ayam sebagai isian. Daging ayam biasanya diolah dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih, daun salam, dan serai untuk memberikan aroma dan rasa yang sedap.
  2. Lemper Ikan: Lemper jenis ini menggunakan ikan sebagai isian. Jenis ikan yang biasa digunakan antara lain ikan tenggiri atau ikan gabus. Ikan tersebut diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun salam, dan lengkuas untuk memberikan aroma dan rasa yang enak.
  3. Lemper Abon: Lemper jenis ini menggunakan abon sebagai isian. Abon daging sapi atau ayam dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih dan ketumbar.
  4. Lemper Ketan Hitam: Lemper jenis ini menggunakan ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Ketan hitam tersebut dikukus dan diberi isian seperti lemper ayam atau ikan.
  5. Lemper Vegetarian: Lemper jenis ini tidak menggunakan daging sebagai isian, melainkan berbagai bahan sayuran seperti jamur, wortel, dan kacang hijau.
  6. Lemper Pulut Panggang: Lemper jenis ini merupakan lemper yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang. Isian yang digunakan bervariasi, bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, atau kelapa.
  7. Lemper Bakar: Lemper jenis ini dibakar di atas bara api sehingga memiliki aroma yang khas. Isian yang digunakan bervariasi seperti daging ayam, daging sapi, atau abon.

Itulah beberapa jenis lemper yang populer di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan lemper, sehingga citarasa dan bentuknya dapat bervariasi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here