Khasiat Tanaman Andaliman Bagi Kesehatan Menurut Orang Batak

11
49
andaliman

Andaliman adalah tanaman khas batak toba di daerah tanah batak, sumatera utara. Andaliman memiliki rasa pedas serta terasa sangat mengetar lidah karena rasanya yang sedikit pahit namun sangat cocok dengan rasa pedas yang dihasilkan. Andaliman berbentuk bulat kecil seperti bentuk merica, dan berwarna hijau gelap seperti warna hijau lumut. Andaliman mudah sekali berubah warna jika sudah terkena air, bisa dengan cepat berubah warna menjadi kehitaman atau membusuk. Tapi, meski andaliman belum terdengar biasa di telinga orang indonesia, dan hanya terkenal di tanah batak saja, namun ternyata andaliman sudah terkenal juga di luar negeri loh teman teman.

Andaliman kaya akan manfaat bagi kesehatan, mengandung vitamin C dan E karena andaliman sebenarnya tumbuh di daerah tanaman jeruk jerukan sehingga memiliki manfaat yang sama dengan tanaman itu. Andaliman juga mengandung senyawa minyak atsiri dan alkaloid yang memiliki banyak manfaat. Untuk itu kita simak yuk beberapa manfaat andaliman bagi kesehatan.

Sebagai Antioksidan

Andaliman mengandung senyawa minyak atsiri yang cukup mampu sebagai Antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh loh, dimana Antioksidan mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang berada dalam tubuh mampu ditangkis, karena jika radikal bebas tidak di cegah maka dapat merusak molekul sel tubuh. Radikal bebas lebih sering menyerang sel dalam tubuh kita, bahkan dapat merusak sel kulit loh. Untuk itu, mengonsumsi andaliman sudah cukup menangkal radikal bebas karena mengandung senyawa atsiri yang reaktif jika sudah masuk kedalam tubuh. Selain itu, tanaman andaliman berfungsi sebagai Antimikroba dimana Antimikroba dapat merusak pertumbuhan karena Antimikroba termasuk suatu bahan pembangkit jamur dan bakteri yang berbahaya, sehingga andaliman berperan disini sebagai penangkal perkembangan jamur dan bakteri dalam tubuh jika sudah terjangkit di dalamnya. Wah manfaat dari andaliman sangat cukup berguna bagi tubuh ya guys..

Menghangatkan Tubuh

andaliman memiliki rasa pedas dan bisa jadi terasa teramat pedas jika terlalu banyak mengonsumsi jenis tanaman ini. Andaliman mampu menghangatkan tubuh, juga dapat menyembuhkan pilek. Andaliman sangat reaktif cepat di mulut, jadi pada saat gigitan pertama rasa pedas sangat amat terasa dan bertahan lama. Orang batak sangat terkenal dengan makanan makanannya yang pedas dan berminyak, biasanya andaliman dicampur kemakanan mereka seperti Babi Arsik, Gulai, bahkan Mie Goreng. Dan biasanya mereka mencampurkan makanan mereka hanya ingin merasakan pedasnya andaliman dibandingkan cabai yang ikut serta di campurkan ke makanan tersebut.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Karena andaliman mengandung vitamin C dan E yang berfungsi baik bagi kulit, serta khasiatnya yang terasa menghangatkan itulah yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap berstamina dan tidak mudah sakit. Kandungan vitamin E yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan mata dan perkembangan jaringan sel, dimana vitamin E yang cukup baik sebagai  Antioksidan inilah yang berpengaruh penting bagi sel tubuh kita.  Vitamin C yang cukup baik menjaga kesehatan kulit dan tubuh dimana sebagai produksi kolagen yang baik bagi kulit, menjaga metabolisme tubuh, mengurangi panas dalam, membantu menambah ion dalam tubuh, dan merawat kesehatan tulang dan gigi. Manfaat dan kandugan vitamin C dan E dalam andaliman sangat berfungsi baik bagi tubuh.

Nah menurut kalian jika penasaran dengan tanaman ini kalian bisa datang ke tanah batak dan merasakan makanan yang mengandung andaliman ini, dan mungkin di warung andaliman sudah terjual dengan harga yang cukup terjangkau. Silahkan mencoba.

11 KOMENTAR

  1. Kalo andaliman di Indonesia memang hanya tumbuh di tanah Batak Toba, tapi di China dan Himalaya juga ada kok.

    Andaliman juga dibuat rempah rempah dan campuran masakan bumbu, seingatku sih gitu.😊

  2. Obat obatan dari tumbuhan memang menyehatkan sekali, selain alami biasanya sembuhnya juga bisa lebih cepat serta efek sampingnya kecil banget. Jadi kenapa banyak orang timur menggunakan tumbuh tumbuhan sebagai obat yang sehat, baik, dan tidak memiliki resiko yang tinggi

  3. Karena aku org Batak, andaliman itu selalu ada tiap bikin sambel :D. Tapi buatku yaaaaa, mungkin Krn udh makan ini sejak dr kecil, jadinya rasa pedas andaliman itu udh biasa aja. Kdg heran kalo temen ada yg bilang, ” andaliman itu pedesnya ga kuat”, “ini cabe terpedas” dll lah, Krn aku ngerasainnya ga sepedas itu juga hahahahah.. karena lidah udh biasa kali yaaaaa :p. Jadi anggebnya kayak pedes cabe rawit biasa :D.

    Yg pasti sambel andaliman itu paling enak memang 😀

Tinggalkan Balasan