Keunikan Alam Pantai Pink Labuan Bajo

0
91
pantai pink labuan bajo

Banyak kalangan masyarakat yang memilih pantai untuk tempat berwisata atau sekedar menghilangkan penat dari kekacauan dunia. Bagi mereka, pantai merupakan tempat yang membawa ketenangan dan kenyamanan. Pantai Pink Labuan Bajo adalah tempat yang sangat unik dan beda daripada pantai-pantai lain yang ada.

Bagaimana tidak, dari namanya saja sudah jelas akan keunikannya. Pantai yang berlokasi di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur ini memiliki ciri khas di warna pasirnya. Warna pasir yang merah kemudah-mudahan ini hanya dimiliki oleh enam lokasi pantai. Sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai yang Lagi Booming

Pantai Pink Labuan Bajo, belakangan ini tengah naik daun dan buming di telinga masyarakat. Untuk menjangkau wilayah ini memanglah cukup memerlukan banyak waktu dan macam transportasi. Karena lokasinya yang berada di sebuah pulau yang dikelilingi banyak pantai di sekitar.

Bagi Anda yang sangat ingin mendatangi tempat ini, direkomendasikan berangkat dari Bali dan naik pesawat kecil menuju Bandara Labuan Bajo. Dengan begitu, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo dan akan segera menginjakkan kaki di pantai unik satu ini. Agar sampai ke Pulau Komodo, Anda dapat memilih dua macam cara.

Fasilitas Pantai Pink

Pertama bisa menggunakan speed boat yang memakan waktu jauh lebih sedikit. Atau bisa juga memakai transportasi trekking yang merupakan pilihan cukup menantang adrenalin. Tetapi Anda dapat menikmati pemandangan lain dari Pulau Komodo jika ke pantai Pink Labuan Bajo dengan trekking.

Anda dapat melihat banyak Komodo dan pemandangan indah yang ada di tebing-tebing karang. Begitu juga dengan yabg ada di dalam hutan bakau yang rindang. Perjalanan yang Anda lalui sekitar empat jam untuk sampai ke pantai tujuan. Pink beach atau pantai yang berpasir pink ini merupakan fenomena unik yang sangat jarang ada.

Hal ini bisa terjadi karena adanya hewan mikroskopis Foraminifera yang biasa memberikan warna pigmen merah pada koral. Ketika koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang air laut dan hancur, akan berubah menjadi butiran pasir di sepanjang pantai. Warna pink ini terjadi dari warna koral yang bercampur aduk dengan pasir kristal putih.

Daya Tarik Wisata

Pantai Pink Labuan Bajo, dipenuhi dengan beragam macam koral dan ikan yang tinggal di dalamnya. Bagi para wisatawan yang hobi snorkeling, dapat menyelam ke dasar lautan dan menikmati cantiknya ikan-ikan yang beragam di dalam koral-koral berbagai macam jenisnya. Yang unik lagi dari tempat ini ialah wisatawan dilarang untuk mendekati bibir pantai.

Perihal ini berguna untuk menjaga agar koral-koral yang hidup dapat terus sehat dan terjaga. Jadi wisatawan yang ingin menikmati air laut, akan difasilitasi perahu kecil untuk mengantarnya sedikit ke tengah. Untuk menjaga keamanan Anda disarankan menggunakan tour guide ketika berwisata ke lokasi ini.

Karenanya di Labuan Bajo ini adalah tempat tinggal para dragon atau Komodo. Geraknya memang cukup lamban, tapi ia akan menganggap Anda musuh ketika tak segera menjauh. Bagaimana tidak, pulau satu ini merupakan pulau yang tak berpenghuni. Jadi mereka akan merasa asing jika ada manusia di sekitarnya.

Pantai Pink Labuan Bajo juga masuk dalam golongan pantai terindah di dunia. Dengan pemandangannya yang asri, jernihnya air laut dihiasi dengan hamparan pasir pink serta langit yang nampak biru. Belum lagi dengan adanya bukit Sabana indah di sekitar area ini. Nyaris sempurna untuk menyejukkan mata dan menenangkan jiwa.

Tinggalkan Balasan