Keistimewaan Candi Muaro Jambi

1
6
candi muarojambi

Pulau Jawa memang dikenal memiliki banyak peninggalan sejarah berupa candi, sebut saja yang paling populer seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan yang lainnya. Ternyata di daerah Sumatra juga ada peninggalan sejarah berupa candi, namanya adalah Candi Muaro Jambi.

Candi yang satu ini  bahkan diklaim dulunya memiliki ukuran delapan kali lebih besar dari candi Borobudur. Candi yang satu ini merupakan komplek percandian agama Hindu Budha yang terluas di Asia Tenggara.

Luas komplek candinya sendiri mencapai 3981 hektar, sehingga tidak heran jika dibilang delapan kali dari candi Borobudur. Berikut informasi selengkapnya tentang candi Muaro ini.

Lokasi Candi Muaro

Candi yang satu ini merupakan candi peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Letak candinya sendiri berada di Batang Hari, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Candi yang satu ini merupakan komplek candi yang terbesar dan paling terawat. 

Sejarah Penemuan Candi Muaro Jambi

Menurut sejarahnya candi yang satu ini pertama kali dilaporkan oleh seorang letnan dari Inggris bernama S.C Crooke pada tahun 1824. Crooke pada awalnya bertugas untuk melakukan pemetaan daerah aliran sungai untuk kepentingan Militer, dan secara tidak sengaja menemukan candi tersebut.

Pemerintahan Indonesia sendiri baru melakukan pemugaran dan perawatan terhadap candi tersebut pada tahun 1975, yang dipimpin langsung oleh R. Soekmono.  R. Soekmono  merupakan seorang arkeolog pertama dari Indonesia, yang pernah juga bertugas memimpin pemugaran candi Borobudur.

Berdasarkan ukiran aksara pada lempeng candi tersebut, diperkirakan candi ini sudah ada sejak abad ke 7-12 Masehi. Pada komplek candi ini terdapat sekitar sembilan buah candi bercorak Buddhisme, yakni Candi Kotomahligai, Kedaton, Gumpung, Gedong Satu, Gedong Dua, Telago Rajo, Kembar Batu, candi Astano dan juga candi Tingi.

Candi Muaro Jambi Digunakan Sebagai Kepentingan Pendidikan dan Keagamaan

Saat ini candi Muaro Jambi ini lebih banyak digunakan sebagai keperluan studi atau pendidikan dan sebagai tempat upacara keagamaan. Masih banyak peneliti yang datang ke candi ini untuk menemukan hal – hal baru atau mengungkap misteri di balik candi tersebut.

Sebagai tempat berwisata juga candi ini sangat layak dikunjungi karena bentuk candinya sangat indah dan menarik. 

Cara Menuju Candi Muaro Jambi

Jika anda ingin berwisata ke Jambi dan menyaksikan indahnya candi ini,  caranya juga sangat mudah. Untuk menuju komplek candi ini, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit dari kota Jambi. Akses jalannya saat ini juga sudah diperbesar.

Disepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan rimbunya pepohonan dan sungai Batanghari, yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Anda juga bisa menyaksikan indahnya rumah ada tradisional khas Melayu Jambi, yang membuat perjalanan anda jadi lebih menyenangkan. Itu lah beberapa info terkait Candi Muaro Jambi.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan