Kapal Selam Pertama Rakitan Indonesia Alugoro-405

4
40
kapal selam kri alugoro-405

Indonesia melalui PT. PAL (Persero) berhasil membuat sebuah kapal selam pertama buatan anak bangsa. Kapal selam yang dirakit di galangan kapal milik PT. PAL (Persero) di Surabaya ini merupakan hasil kerjasama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan dengan skema transfer teknologi.

Kapal Selam ini diberi nama Alugoro-405, salah satu kapal pesanan TNI Angkatan Laut. Alugoro-405 sendiri telah berhasil menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) yang mesti dipenuhi sebuah kapal selam. Dalam tes itu, Alugoro berhasil menyelam sedalam 250 meter.

Dengan berhasilnya PT. PAL (Persero) dalam membangun kapal selam ini, bisa dikatakan Indonesia menjadi satu – satunya negara yang mampu membuat kapal selam di kawasan Asia Tenggara. Ini akan menjadi peluang yang sangat besar. Mengingat hampir 2/3 kawasan Indonesia merupakan lautan. Dengan adanya kapal selam ini akan menambah kekuatan dan kepercayaan diri Tentara Nasional Indonesia.

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan