Kain Hasil Tenunan Asli Dari Indonesia

0
7
kain tenunan indonesia

Indonesia memiliki daerah penghasil kain tenunan di masing – masing daerah. Bahkan setiap daerah memiliki arti yang berbeda – beda. Indonesia menghasilkan kain tenunan yang beragam di setiap daerah Indonesia. Mulai dari motif, corak, dan lain sebagainya. Sekarang ini semakin canggih bahkan dapat membuat hasil tenunan secara otomatis, tetapi masih banyak daerah menghasilkan hasil tenunan kain nya menggunakan alat tradisional supaya menjaga kualitas kain dengan baik sesuai turun temurun. Langsung saja inilah hasil tenunan asli Indonesia dalam setiap daerah yang ada di Indonesia.

Ulos

Tenun Ulos adalah hasil tenunan asli Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara. Ya ulos ini masih di produksi hingga pada saat ini. Saat ini tenun ulos masih banyak menggunakan alat tradisional supaya terkesan memiliki nilai estetika makna dari dari ulos ini. Ulos ini biasanya digunakan dalam kesempatan adat – adat batak mulai dari adat kematian, pernikahan dan acara adat yang lainnya. Harga ulos saat ini cukup mahal jika dipakai dalam acara – acara penting dalam batak seperti pernikahan dan kematian. Jika ulos ini dipakai dalam kedua adat tersebut dalam satu ulos saja bisa mencapai jutaan rupiah.

Toraja

Tenun Toraja adalah hasil tenunan asli dari Indonesia yang berasal dari tanah Toraja Sulawesi Selatan ini. Hasil tenunan ini masih di pertahankan oleh adat istiadat yang ada di tanah Toraja ini. Tenunan toraja ini digunakan dalam kesempatan acara – acara adat penting sama dengan halnya tenun ulos tadi. Tenun ini memiliki makna dalam suku toraja yakni memiliki simbol ketertarikan manusia terhadap alam serta lingkungannya, yang menjadikan simbol ini masih dipertahankan dari adat ini sampai sekarang ini.

Sumba

Tenun Sumba adalah hasil tenunan asli dari Indonesia yang berasal dari tanah Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasil tenunan ini masih di pertahankan hingga sekarang  ini. Kain sumba ini digunakan dalam kesempatan acara adat seperti kelahiran, pernikahan bahkan kematian sekalipun tenun sumba ini digunakan. Tenun sumba sendiri memiliki beragam motif dan corak yang sangat banyak sekali dan memiliki arti yang bermacam – macam. Biasanya untuk mendapatkan hasil tenunan sumba ini membutuhkan waktu yang cukup lama sampai benar – benar dapat digunakan dengan baik dalam kesempatan ada istiadat di tanah NTT ini. Tenun sumba ini memiliki harga yang cukup mahal hingga saat ini, ini dikarenakan proses pembuatan nya yang cukup memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan sehelai kain tenun sumba.

Gringsing

Tenun Gringsing adalah hasil tenunan asli dari Indonesia yang berasal dari pulau bali ini, yang masih di produksi hingga pada saat sekarang ini. Biasanya tenunan gringsing ini digunakan dalam kesempatan acara – acara adat khusus di Bali. Kain tenunan ini memiliki banyak motif yang beragam dan memiliki makna yang berbeda – beda juga. Banyak khususnya masyarakat Tenganan masih memiliki hasil tenunan gringsing ini yang sudah berusia ratusan tahun dan akan digunakan dalam kesempatan acara – acara adat yang di khususkan.

Lurik

Tenun Lurik adalah hasil tenunan asli dari Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, yang masih di gunakan sampai sekarang ini. Salah satu kegunaan dalam tenunan ini adalah digunakan dalam upacara – upacara adat khususnya pada suku Jawa. Tenun lurik ini biasanya memiliki corak garis – garis atau kotak – kotak.

Itulah beberapa hasil kain tenunan asli dari Indonesia yang masih digunakan hingga pada saat ini. Yang merupakan kekayaan dan warisan kebudayaan dari negara Indonesia yang belum tentu dimiliki oleh negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here