Jenis-Jenis Rumah Adat Sumatera Selatan

0
29
rumah adat limas sumatera selatan

Setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adat masing-masing yang memiliki keunikan dan ciri khas yang membedakannya dari rumah di daerah lainnya seperti rumah adat Sumatera Selatan. Biasanya setiap rumah ada memiliki keunikan tersendiri dikarenakan beberapa hal seperti letak geografis dan juga kebudayaan.

Di Sumatera Selatan, Anda akan menemukan beberapa hal yang membedakan rumah ada di provinsi Sumatera Selatan seperti misalnya keadaan geografis di sini di mana terdapat banyak rawa dan sungai. Hal ini menyebabkan rumah adat di Sumatera Selatan memiliki bentuk yang berbeda menyesuaikan kondisi geografis disekitarnya seperti yang bisa dilihat pada Rumah Limas.

Namun ternyata bukan hanya itu saja jenis rumah ada yang ada di Sumatera Selatan. Masih ada beberapa jenis rumah adat yang bisa ditemukan di Sumatera Selatan seperti beberapa jenis rumah adat berikut ini.

Rumah Adat Limas Sumatera Selatan

Jenis rumah ini sudah banyak dikenal sebagai rumah adat khas Sumatera Selatan karena kebanyakan rumah yang ada di Sumatera Selatan memiliki desain seperti ini. Rumah adat ini memang memiliki nama seperti jenis bangun ruang. Namun sebenarnya nama limas berasal dari kata lima dan emas.

Ciri dari jenis rumah adat ini adalah memiliki tiang penyangga yang merupakan ciri utama dari jenis rumah adat ini dengan panjang tiang rata-rata 2 meter diukur dari permukaan tanah.

Rumah Tatahan

rumah adat tatahan sumatera selatan

Selain Limas, ada juga Rumah Tatahan yang ternyata juga merupakan salah satu jenis rumah ada yang ada di Sumatera Selatan. Salah satu rumah adat Sumatera Selatan ini merupakan rumah ada yang memiliki desain bujur sangkar.

Selain itu ciri utama dari rumah ada dari Provinsi Sumatera Selatan adalah memiliki tiang yang tingginya kurang lebih 1,5 meter sampai 2 meter. Jenis rumah ada ini biasanya dibangun dengan menggunakan material kayu telat dan juga tembesu yang dikenal memiliki daya tahan yang cukup lama.

Rumah Cara Gudang

rumah cara gudang sumatera selatan

Jenis rumah adat yang selanjutnya adalah Rumah Cara Gudang yang masih memiliki desain seperti rumah adat yang bisa ditemukan di Sumatera Selatan. Yaitu memiliki tiang penyangga atau berbentuk seperti rumah panggung.

Namun dibandingkan dengan beberapa jenis rumah adat lainnya di Sumatera Selatan, jenis rumah ini tidak memiliki tiang penyangga yang tinggi. Yang membuat rumah adat ini unik adalah desainnya yang mirip dengan sebuah gudang yang memiliki bentuk memanjang. Itulah sebabnya rumah adat ini disebut dengan nama Rumah Cara Gudang.

Beberapa jenis rumah adat di atas hanyalah sebagian dari rumah adat yang bisa ditemukan di Sumatera Selatan di mana masih ada beberapa jenis rumah lainnya yang ada di Sumatera Selatan. Beberapa jenis yang disebutkan di atas adalah sebagian jenis rumah adat yang cukup banyak ditemukan di antara rumah-rumah tradisional atau modern yang masih mengadopsi desain rumah adat asli Sumatera Selatan.

RuangGuru

Tinggalkan Balasan