Hewan Indonesia yang Punah

0
14
hewan indonesia yang punah

Pertumbuhan manusia yang tak terbendung lagi mau tidak mau semakin mendesak eksistensi hewan-hewan yang mempunyai habitat asli di hutan. Tentu Anda menyetujui hal ini bukan? Keserakahan manusia nyatanya membuat hewan-hewan tersebut kehilangan tempat tinggal, dibunuh, diambil organ tubuhnya dan masih banyak hal keji lain yang dilakukan karena ketamakan manusia. Tanpa disadari kerakusan manusia malah membuat kita kehilangan permata berharga dalam negeri. Ada beberapa jenis hewan asli Indonesia yang sudah tidak pernah ditemukan lagi dan sudah dinyatakan punah oleh pemerintah. Berikut ini beberapa hewan Indonesia yang telah punah menurut info resmi pemerintah.

Harimau Jawa

Sebagai salah satu hewan karnivora yang memiliki beberapa rumpun dan tersebar luas di seluruh dunia, harimau memang terdiri dari beberapa jenis. Terkhusus di Pulau Jawa Indonesia, terdapat salah satu spesies harimau sebagai penduduk asli pribumi yang dinamakan harimau Jawa. Satwa liar yang ditakuti manusia ini memiliki ukuran panjang sekitar 2.43 dengan bobot mencapai 141 kg untuk harimau jantan dan panjang sama dengan bobot sekitar 115 kg untuk harimau Jawa betina. Dikarenakan perburuan besar-besaran oleh manusia serta habitat aslinya yang sudah beralih fungsi menjadi lahan pertanian, keberadaan harimau ini pada tahun 1950-an sudah semakin menurun. Bagaimana tidak, diakhir tahun 1979 harimau Jawa hanya tersisa 3 ekor saja dan dinyatakan punah secara resmi oleh pemerintah pada tahun 1980-an.

Harimau Bali

Senasib dengan harimau Jawa, harimau Bali pun merasakan nasib yang sama. Di mana keberadaannya semakin menurun karena tempat tinggal yang dirusak tangan jahil manusia dan perburuan liar akibat ketamakan manusia yang dilakukan tanpa henti. Naasnya, perburuan tersebut malah dilakukan oleh masyarakat sekitar yang mengetahui nilai tinggi dari beberapa bagian tubuh harimau. Terakhir kali ditemukan, harimau Bali ditembak mati pada tahun 1925. Dan kemudian secara resmi pemerintah menyatakan  jika harimau Bali sudah punah tepat pada tanggal 27 September 1937. Sebagai hewan Indonesia yang punah, kini kita hanya bisa mendengar namanya saja. Lalu apa yang akan diketahui oleh anak cucu kita nanti?

Tikus Gua Flores

Tikus gua Flores atau Flores Cave Rat memiliki nama latin Spaleomys florensis. Hewan ini merupakan satwa asli Flores yang keberadaan atau populasinya hanya tinggal cerita saja. Ya, tikus gua ini memang sudah dinyatakan punah secara resmi oleh pemerintah sejak dulu kala. Bahkan eksistensinya hanya bisa diketahui dari beberapa subfosil fragmen yang ditemukan para peneliti di sepanjang gua yang tersebar di Pulau Flores. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kepunahan tikus gua Flores. Sebagian besar peneliti memperkirakan jika hewan Indonesia yang punah ini diakibatkan tangan jahil manusia dan karena faktor alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here