Hewan Asli Jawa Beserta Gambarnya

0
250
banteng jawa hewan asli jawa
Banteng Jawa - sumber gambar: tribunnews.com

Pernah dengar tentang hewan endemik? Hewan endemik ialah jenis hewan asli yang hanya bisa ditemukan pada daerah tertentu saja. Hewan ini tidak akan bisa ditemukan di daerah lain dan bahkan terkadang menjadi ciri khas daerah tersebut. Terkhusus di Pulau Jawa, ada beberapa hewan endemik yang sayangnya telah berstatus “endangered” atau hampir punah. Sebagian besar diantaranya termasuk satwa yang dilindungi pemerintah dan tidak boleh diburu karena alasan apapun. Sebagai informasi tambahan, berikut ini daftar beberapa hewan asli Pulau Jawa untuk Anda yang membutuhkan.

Banteng Jawa

Satwa endemik pertama yang ada di Pulau Jawa ialah Banteng Jawa. Hewan ini memiliki nama latin ‘Bos javanicus javanicus’ dan termasuk satu dari lima jenis banteng yang tersebar di seluruh dunia. Banteng Jawa diketahui menyebar di sebagian besar Jawa, Bali dan Madura.

Kabar baiknya beberapa banteng Jawa masih bisa ditemukan di taman nasional yang dibuat pemerintah, seperti yang berlokasi di Ujung Kulon, Alas Purwo, Baluran, Meru Betiri dan Taman Nasional Bali Barat. Sebagai salah satu hewan asli Indonesia, banteng Jawa terus dilestarikan populasinya.

Owa Jawa

owa jawa hewan asli jawa
Owa Jawa – sumber gambar: indonesia.go.id

Ada pula owa Jawa yang bentuknya sangat unik dan menarik untuk diamati. Hewan endemik Pulau Jawa ini memiliki nama latin ‘hylobates moloch’ dan termasuk salah satu keluarga kera dengan  bentuk tubuh yang lebih kecil. Owa tidak memiliki ekor, memiliki suara unik yang indah dan memiliki rambut berwarna keabu-abuan.

Owa Jawa juga memiliki gerakan yang sangat gesit dan lincah. Namun sangat disayangkan karena hewan asli Jawa ini dikategorikan sebagai salah satu satwa yang rentah, kritis atau hampir punah populasinya. 

Surili

surili hewan asli jawa
Surili – sumber gambar: myranger89.blogspot.com

Surili merupakan salah satu hewan endemik yang berada di Jawa bagian barat. Penyebaran satwa ini sangat banyak didaerah Jawa Barat dan Banten. Sebagian besarnya bisa ditemukan di Taman Nasional, Cagar Alam dan beberapa hutan lindung yang ada di kawasan Jawa Barat serta Banten. Surili merupakan salah satu satwa yang dilindungi pemerintah karena sudah dikategorikan sebagai salah jenis satwa yang terancam punah. Diinformasikan jika kepunahan surili diakibatkan oleh aktivitas jahil manusia yang merusak habitat aslinya.

Macan Tutul Jawa

macan tutul jawa
Macan Tutul Jawa – sumber gambar: indonesia.go.id

Selanjutnya ada macan tutul Jawa yang memiliki nama latin ‘panthera pardus melas’. Hewan ini merupakan jenis kucing dengan ukuran paling besar di Jawa setelah sebelumnya harimau Jawa dinyatakan punah secara resmi. Macan tutul memiliki dua varian warna, yaitu warna terang dan warna hitam yang biasanya disebut sebagai macan kumbang. Satwa ini bahkan juga dijadikan sebagai satwa identitas Jawa Barat.

Namun sangat disayangkan, macan tutul Jawa juga termasuk salah satu satwa langka dan dilindungi keberadaannya. Untuk Anda yang penasaran dengan  bentuk aslinya, tempat penangkaran seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga menjaga habitat macan ini. Sebagian besar Taman Nasional yang ada di Pulau Jawa mengklaim jika sudah pernah menemukan salah satu satwa endemik atau hewan asli Jawa ini.

Tinggalkan Balasan