Harimau Sumatera Berbeda Dengan Macan

4
25
perbedaan harimau sumatera dan macan

Saat ini harimau sumatera merupakan salah satu jenis satwa yang masuk dalam status kritis yang hampir punah. Akibat dari adanya pengundulan hutan dan perluasan perkebunan kelapa sawit. Selain itu karena maraknya perburuan satwa liar yang membuat populasi harimau semakin teramcam. Populasinya diprediksi tidak lebih dari 400 ekor.

Harimau termasuk ke dalam keluarga kucing kucingan. Di dunia ini sebenarnya ada 9 species hariamau diantanya harimau siberia, sumatera, benggala, cina selatan,  malayan, indocina, kaspia, jawa dan bali.  Sayangnya saat ini hanya tinggal tersisa 6 spesies saja. Sedangkan ketiga spesies yang sudah dinyatakan punah adalah harimau kaspia, harimau jawa dan harimau bali.

Bukan Macan

Sepintas bagi sebagian orang awam menyebut harimau itu sama dengan macan. Meski keduanya berasal dari keluarga yang sama sebenarnya harimau dan macan adalah dua satwa dengan spesies berbeda. Jadi harimau sumatera ini sebenarnya bukan macan. Lalu bagaimana mengenali perbedaannya? Berikut beberapa ulasan tentang perbedaan dan persamaannya.

Perbedaan Harimau Sumatera Dan Macan

Perbedaan antara harimau dengan macan dapat dilihat dari beberapa hal diantaranya adalah corak dam motif dari keduanya. Demikian juga dengan bentuk dan ukuran tubuhnya. Berikut beberapa perbedaanya, yuk kita kenali keunikan dari kedua satwa ini.

Dilihat dari jenisnya kalau harimau sumatera termasuk spesies kucing besar sedangkan macan termasuk pada spesies kucing sedang. Selain dapat dibedakan dari jenisnya perbedaan keduanya bisa dilihat dari corak kulitnya. Harimau memiliki corak kulit dengan motif  loreng yang khas. Ada warna hitam, putih dan juga coklat. Sedangkan macan corak kulitnya tutul-tutul atau bintik bintik yang besar.

Sementara bentuk dan ukuran tubuhnya, harimau sumatera memiliki bentuk tubuh lebih besar dari macan. Berat tubuhnya mulai dari 90 hingga mencapai 140 kilogram. Untuk panjang tubuhnya mulai dari 200 hingga 250 centimeter. Sedangkan macan bentuk tubuhnya lebih langsing dari harimau. Ukuran tubuhnya berkisar antara 90 sampai 160 centimeter. Untuk beratnya sendiri berkisar 31 kilogram.

Untuk ukuran tinggi kedua satwa ini juga berbeda. Harimau tingginya mencapai 120 centimeter. Sedangkan macan tergolong lebih pendek karena tingginya hanya 70 centimeter. Masa hidup keduanya juga berbeda. Harimau mempunyai masa hidup hingga 17 tahun sedangkan macan hanya sampai 15 tahun.

Selain itu perbedaan lainnya harimau lebih kuat dari pada macan, karena harimau mempunyai bahu dan kakinya juga lebih kuat. Dalam hal berenang harimau lebih pandai dari macan. Sedangkan dalam memanjat macanlah yang lebih hebat dari harimau.

Persamaan Harimau Sumatera Dan Macan

macan tutul beda dengan harimau sumatera
Macan Tutul – sumber gambar: liputan6.com

Selain perbedaan kedua satwa ini sebenarnya juga mempunyai beberapa persamaan. Kedua hewan ini berasal dari keluarga yang sama yaitu dari keluarga kucing kucingan. Dari segi fisik kedua hewan ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan kucing pada umumnya. Mulai dari bentuk tubuh, kali, wajah, ekor dan bahkan jenis bulunya juga tidak jauh berbeda dengan kucing.

Selain itu harimau sumatera dan macan juga mempunya cara hidup yang sama yaitu sama sama jenis hewan pemakan daging. Cara hidupnya dengan berburu hewan lain yang menjadi mangsanya. Seperti sapi, babi, kerbau, dan juga rusa atau menjangan. Karena keduanya tergolong ke dalam binatang buas.

Berbekal gigi taring dan kuku yang sangat tajam keduanya tergolong sebagai pemburu yang sangat handal. Dengan rata-rata kecepatan lari mulai 60 hingga 65 km per jam. Kecepatan lari dari kedua hewan ini  bergantung dari masing-masing berat badannya. Keduanya hewan ini juga sama-sama tergolong dalam jenis satwa langka yang harus dilindungi. Karena populasinya yang sudah hampir punah.

Demikian informasi singkat mengenai perbedaan dan persamaan harimau sumatera dengan macan. Secara keseluruhan dari perbedaan ini sebenarnya terlihat sangat jelas dari corak dan motif bulunya. Harimau yang merupakan hewan asli sumatera bermotif loreng sedangkan macan motifnya tutul-tutul atau berbintik besar. Semoga dapat bermanfaat.

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan