Gen Z, Ini 5 Cara Menabung Cepat agar Kondisi Keuangan Tak Mudah Seret!

0
23
cara menabung cepat

Dinamika kehidupan Generation Z atau Gen Z kini menjadi perhatian para ahli di berbagai bidang, termasuk mereka yang menganalisis cara menabung cepat. Gen Z, yang lahir dari pertengahan 1990-an hingga awal 2010, sangat familiar dengan perkembangan teknologi sejak usia dini.

Sedari kecil mereka sudah dicekoki dengan berbagai macam gadget. Walaupun mungkin saja pada awalnya hal tersebut dimaksudkan oleh orang tuanya agar sang anak tidak rewel. Namun lama kelamaan menjadi biasa dan semakin lengket. Hal ini pula yang secara tak langsung membuat pengelolaan keuangan Gen Z beda dari generasi sebelumnya.

Jika Anda salah satu orang yang masuk kelompok Gen Z, simak langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan manajemen keuangan dan begini cara menabung yang cepat:

Gunakan aplikasi untuk mengatur anggaran

Sudah ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk cara mudah menabung cepat. Fitur-fitur yang terdapat dalam platform tersebut dapat memberikan perhitungan akurat untuk mencegah kesalahan yang berakibat pada anggaran yang kurang memadai. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mengatur kondisi finansial setelah menerima gaji pertama.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang banyak digunakan:

1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi ini mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Fitur-fitur yang dimiliki oleh AndroMoney adalah mendukung beberapa akun dalam satu aplikasi, penyimpanan cloud, dukungan mata uang yang lengkap, dan masih banyak lagi.

Kalau malas ribet, kamu bisa sekadar melihat ringkasan pengeluaran dan pemasukanmu pada aplikasi ini. Selain di HP Android, AndroMoney juga tersedia di iOS dan web.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan.
  • Multi-platform.
  • Chart keuangan mudah dipahami dan memberikan banyak informasi.

Kekurangan:

  • Masih memiliki beberapa bug minor.

2. Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget merupakan aplikasi lain yang dapat membantu mengatur keuangan pribadimu. Kamu tinggal mencatat transaksi harianmu dan melihat laporan keuangannya.

Aplikasi ini cocok untuk kebutuhan akuntasi. Kamu bahkan bisa menghubungkan kartu debit ke dalam akunmu, sehingga semua data akan tersinkronisasi secara otomatis.

Tenang saja, aplikasi ini dilengkapi dengan kode sandi yang aman. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tapi tersedia versi berbayar untuk menghilangkan iklan.

Kelebihan:

  • Memiliki antarmuka ramah pengguna dan tampilan sederhana.
  • Fitur keuangan lengkap.

Kekurangan:

  • Versi gratis memiliki iklan.

3. Money Lover: Expense Manager & Budget Tracker

Mencatat transaksi jadi lebih mudah berkat Money Lover. Aplikasi ini dapat membantu kamu melacak keuangan yang keluar maupun masuk, sehingga akan terlihat jelas kamu menggunakan uang untuk apa saja.

Selain itu, kamu juga bisa membuat rancangan anggaran, sehingga akan muncul peringatan jika pengeluaran sudah melewati batas angka tertentu.

Fitur-fitur lainnya adalah Budget, Savings, dan Events yang berfungsi mengatur pengeluaran dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti makan, transportasi, dan hiburan.

Kelebihan:

  • Fungsi pelacakan uangnya benar-benar bagus.
  • Cocok untuk merencanakan anggaran.

Kekurangan:

  • Penggunaan aplikasi termasuk kompleks.
  • Ada masalah dengan fitur sinkronisasinya.

Masukkan pengeluaran rekreasi dalam daftar belanja

Suka kongko, menonton film, atau hang out bersama teman-teman? Tetap masukkan pengeluaran tersebut ke dalam anggaran bulanan atau daftar belanja. Masih banyak anak muda yang saat punya penghasilan sendiri jadi kalap dan akhirnya kebingungan karena persediaan uang cepat habis. Dengan memasukkan pos pengeluaran ini, Anda bisa mengatur jumlah uang yang nanti dipakai.

Jangan remehkan uang receh atau kembalian

Uang receh atau kembalian yang Anda terima setelah membeli barang bisa membantu dalam cara menabung cepat. Jangan remehkan uang bernominal kecil, sebab saat dikumpulkan bisa saja memberikan jumlah yang fantastis. Anda pun bisa menukarkannya ke bank untuk kemudian ditabung atau dibelikan sesuatu.

Perhatikan kehidupan baru dan masa depan Anda

Dunia kerja acap kali dianggap sebagai kehidupan baru bagi banyak orang, termasuk Gen Z. Di sisi lain, Anda juga harus siap memenuhi kebutuhan yang bisa berubah kapan saja. Oleh karena itu, selalu sisihkan uang setiap bulannya untuk masuk ke tabungan. Siapkan juga dana pensiun kalau kamu mau punya masa tua yang menenangkan dan tak membebani keluarga.

Pertimbangkan investasi dan asuransi

Langkah terakhir dalam cara menabung cepat dan aman yang perlu dipertimbangkan Gen Z adalah mengambil asuransi dan berinvestasi. Asuransi bukan hanya berfungsi menjamin kesehatan, melainkan juga kehidupan anak dan cucu apabila Anda memutuskan berinvestasi. Begitu pula dengan investasi yang dapat Anda jadikan sumber penghasilan jangka panjang untuk masa pensiun kelak.

Tak mau sampai salah ambil langkah buat menabung? Anda dapat berkonsultasi dengan pakar keuangan terpercaya untuk menghitung anggaran bulanan hingga memilih pendanaan sesuai kondisi finansial. Konsistensi dan kesabaran pun jadi kiat sukses yang harus Anda tanamkan dalam cara menabung cepat supaya membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga informasinya bermanfaat!

Tinggalkan Balasan