Filosofi Budaya Rumah Adat Sulawesi Selatan yang Memukau

0
52
rumah adat makassar sulawesi selatan
Rumah Adat Makassar Sulawesi Selatan - sumber gambar: wikipedia.org

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keragaman suku dengan ciri khasnya masing-masing. Belajar dari itu semua, tentu setiap daerah memiliki keunikan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti halnya keunikan pada rumah adat Sulawesi Selatan yang banyak membuat kagum setiap mata yang memandang.

Keunikan 5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Berdasarkan Filosofi Budaya

Sulawesi Selatan memiliki ibu kota yang letaknya di Makasar. Makasar dengan segala keberagamannya memiliki beberapa suku diantaranya, suku Bone, Mandar, Duri, Pattinjo, Bugis, dan suku lainnya. Masyarakat Sulawesi Selatan meyakini bahwa rumah adat adalah suatu hal yang sakral yang harus mengandung nilai filosofi. Berikut keunikan 5 rumah adat Sulawesi Selatan berdasarkan nilai filosofi budaya.

Rumah Adat Pada Suku Makassar

Rumah adat yang dimiliki suku Makasar bernama Balla. Rumah adat tersebut seperti rumah panggung pada umumnya. Rumah ini memiliki ketinggian 3 meter dari permukaan tanah dan memiliki 5 penyangga kayu di bagian depan dan belakang. Rumah adat Sulawesi Selatan ini, konon identik dengan rumah mewah para bangsawan. Keunikannya pada atapnya seperti pelana kuda yang disebut timbaksela.

Dari segi nilai filosofi budayanya, timbaksela adalah simbol yang mencerminkan nilai kebangsawanan setiap pemiliknya. Selain itu terdapat dua jenis tangga rumah yang berbeda, yakni sapana dan tukak. Perbedaannya terletak pada bahan dan jumlah yang digunakan dan jumlah anak tangga. Sapana pada umumnya digunakan untuk kaum bangsawan dan tukak digunakan oleh masyarakat selain bangsawan.

Rumah Adat Pada Suku Bugis

rumah adat bugis sulawesi selatan

Melihat dari segi agama, suku Bugis banyak yang berkeyakinan agama Islam. Hal tersebut sedikit banyak berpengaruh pada rumah adat suku Bugis yang memiliki nilai Islam dan budaya yang cukup tinggi. Contohnya, dari segi arah, masyarakat Bugis akan membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah kiblat. Dari segi keunikan, bangunan tidak menggunakan satupun paku, namun menggunakan kayu atau besi.

Rumah Adat Pada Suku Toraja

rumah adat toraja sulawesi selatan

Suku Toraja memiliki rumah adat yang disebut Tongkonan. Keunikan dari rumah ini adalah berdiri di atas tumpukan kayu yang diberi ukiran dengan warna hitam, merah, dan kuning. Selain dari bentuknya yang memiliki keunikan, juga memiliki nilai filosofi sebagai lambang hubungan dengan leluhur sehingga rumah adat suku Toraja juga sering dijadikan tempat spiritual mereka.

Rumah Adat Pada Suku Luwuk

Rumah adat suku Luwuk dahulu kala adalah rumah raja Luwu. Keunikan dari rumah adat suku Luwuk adalah memiliki 88 tiang yang terbuat dari kayu. Rumah yang berbentuk segi empat ini memiliki jendela dan pintu dengan ukuran yang sama pula. Rumah adat ini memiliki tiga hingga lima bubungan yang digunakan sebagai penanda pemilik rumah tersebut.

Perbedaan rumah adat suku Luwuk dengan suku lainnya yang ada di Sulawesi Selatan, yakni ada pada ornamen dan ukirannya. Ornamen tersebut memiliki nama bunga prengpeng, dengan filosofinya hidup yang bermakna sesuatu yang menjalar ke sulur. Maksudnya hidupnya akan terus menyambung satu dengan yang lainnya. Pada umumnya ornamen tersebut berada di tangga, anjong, dan jendela.

Rumah Adat Pada Suku Mandar

rumah adat mandar sulawesi selatan

Rumah adat Sulawesi Selatan, khususnya suku Mandar memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumah adat suku Bugis dan suku Makasar. Di sisi lain, meskipun memiliki memiripan, terdapat perbedaan di bagian teras (lego) yang memiliki ukuran jauh lebih besar. Dari segi warna, umumnya rumah adat ini memiliki warna yang dominan gelap atau memakai warna asli dari kayu itu sendiri.

Rumah adat Sulawesi Selatan memiliki 5 rumah yang berbeda-beda dari setiap suku. Setiap rumah adat memiliki nilai filosofi dan keunikan yang berbeda satu dengan lainnya. Indonesia yang terkenal dengan perbedaannya, namun disitulah letak persatuan bangsa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca.

RuangGuru

Tinggalkan Balasan