Fakta Kelima Sila Pancasila Sebagai Lambang Dasar Negara Indonesia

0
1204
fakta pancasila

Indonesia adalah negara satu – satunya yang menganut ideologi negaranya adalah pancasila. Di dunia ini terdapat sekitaran 15 Ideologi negara di seluruh dunia. Mengapa Indonesia menganut ideologi negara demokrasi pancasila dibandingkan ideologi lain seperti komunis atau kapitalis sekalipun atau yang lainnya. Ini dikarenakan Indonesia ingin menjadi negara yang demokratis namun tetap sebagai dasar negaranya adalah pancasila. di Indonesia terdapat 5 sila yang menjadi dasar negara nya. Dan semua masyarakat di seluruh dunia wajib melaksanakan dan mematuhi kelima tersebut untuk menjadikan hidup bermasyarakat di Indonesia tentram dan damai. Berikut adalah penjelasan dan fakta kelima pancasila dan pertentangan di kehidupan di Indonesia.

Sila Pertama

Sila pertama pancasila berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” kita tahu bahwa Indonesia sendiri memiliki enam agama di Indonesia. Yang berarti Indonesia tidak memperbolehkan seseorang tidak memiliki agama maupun kepercayaan. Setiap masyarakat diwajibkan setidaknya memiliki satu agama kepercayaan yang dia yakini. Maka dari itu di kartu identitas seseorang pasti akan di cantumkan agama sebagai suatu keharusan di dalamnya. Setidaknya sejak kita lahir di Indonesia ini setidaknya kita mewariskan agama dari kedua orangtua kita. Atau salah satu agama jika kedua orangtua memiliki keyakinan berbeda satu sama lain. Tapi fakta nya adalah masih banyak di Indonesia yang rasis mengenai agama sesama masyarakat lainnya. Banyak yang membuat onar atau mengujar kebencian kepada agama yang berbeda dengannya. Bahkan ada yang sampai merusak fasilitas gedung keagamaan sampai percobaan membunuh umat yang sedang menjalankan agama di dalamnya. Ini berbanding terbalik dengan sila pertama yang telah di buat.

Sila Kedua

Sila kedua pancasila berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab“ kita semua tau maksud dari sila kedua ini yakni memperlakukan sesama umat manusia adil dan beradab seperti tidak ada kekerasan dalam sesama manusia memperlakukan manusia seperti manusia. Tapi fakta nya adalah kita tau sendiri bahwa di Indonesia banyak melakukan pelanggaran pak Hak Asasi Manusia dengan melakukan kekerasan, pemerkosaan terhadap wanita, atau orang – orang lemah, pemukulan anak sering terjadi di Indonesia. Bahkan dalam sebulan ada saja pelaku yang menyimpang terjadi dalam Indonesia. Ini sendiri tidak sesuai dengan aturan dalam sila kedua dalam pelaksana kehidupan bermasyarakat.

Sila Ketiga

Sila ketiga pancasila berbunyi “Persatuan Indonesia“ kita pasti sudah tau maksud dari sila ketiga yakni membangun bersama – sama dan menciptakan kesatuan dan perbedaan yang ada di negara ini dengan menciptakan perdamaian dan mencintai negara ini seutuhnya. Tapi fakta nya adalah kita tau sendiri di Indonesia suku tertentu di Indonesia masih banyak yang tidak bisa bersatu dan agama – agama yang berbeda dengan agamanya sendiri. Masih banyak yang memberikan dan membuat kelompok – kelompok tertentu untuk menjatuhkan bangsa lain, suku lain bahkan agama lain yang tidak sama dengan mereka. Sehingga negara Indonesia menjadi terpecah belah dikarenakan adanya satu kelompok yang membuat perbedaan di Indonesia ini. Ini sendiri tidak sesuai dengan aturan dalam sila ketiga dalam pelaksana kehidupan bermasyarakat.

Sila Keempat

Sila keempat Pancasila berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan“ makna dari kalimat ini adalah sebagai masyarakat Indonesia dapat membuat suatu kelompok permasyarakatan untuk menciptakan Indonesia yang aman dan sejahtera dan membuat negara menjadi lebih baik atau pun semacamnya. Tapi fakta nya adalah bahwa Indonesia apalagi di zaman sekarang sudah mulai jarang melakukan perkumpulan untuk membahas masalah yang ada di Indonesia. Banyak masyarakat kita sekarang hidup secara Individual dan tidak peduli dengan permasalahan di negara ini. Apalagi zaman sekarang makin canggih sehingga membuat anak muda Indonesia tidak mau ambil pusing dengan masalah di negeri ini. Ini sendiri tidak sesuai dengan aturan dalam sila keempat dalam pelaksana kehidupan bermasyarakat.

Sila Kelima

Sila Kelima berbunyi “Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia“ ini bermakna bahwa di Indonesia baik masyarakat bawah, tengah maupun tinggi sekalipun adil di mata negara. Mulai dari mendapatkan pangan yang layak, tempat tinggal yang layak dan sebagainya. Tapi fakta nya adalah bahwa masih banyak rakyat Indonesia apalagi kaum bawah tidak mendapat sumber pangan yang layak dan tempat tinggal yang layak. Dan masih ada batas perbedaan kaum atas ke kaum bawah di Indonesia ini. sehingga sila kelima ini tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Itulah penjelasan mengenai fakta pancasila yang sebenarnya, mengenai ideologi negara kita sebagai landasan negara yakni pancasila. Masih banyak masyarakat kita sendiri melupakan landasan Ideologi negara sendiri. Sebenarnya fakta pancasila sebagai landasan negara kita sudah di buat sebaik mungkin. Tetapi ada saja golongan – golongan tertentu yang memecah belah negara ini, agar negara Indonesia hancur dengan sendirinya. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik kita sebaiknya melakukan perubahan dalam diri masing masing serta menciptakan Indonesia hidup dengan kelima sila yang telah dibuat dan tidak menentang dengan kelima sila tersebut.

Tinggalkan Balasan