Fakta – Fakta Unik Tentang Negara Indonesia

0
67
komodo fakta unik indonesia

Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara serta negara yang penduduk terbanyak di dunia ke 4. Indonesia juga memiliki semboyan yang terkenal yakni “ Bhineka Tunggal Ika “ , yang artinya ‘ berbeda-beda tetapi tetap satu ‘. Yang dimana Negara Indonesia dengan keberagaman suku, etnis, agama. Indonesia juga terkenal di mata dunia dikarenakan memiliki pulau-pulau yang membentang di wilayah perairan yang tersebar di seluruh Khatulistiwa. 

Ada banyak fakta menarik tentang Indonesia yang disampaikan oleh warga negara asing, bukan itu saja yang membuat Indonesia dikenal di dunia yakni memiliki ratusan gunung berapi dan menjadi titik pertemuan Samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia di kenal di mata dunia salah satu hal lainnya adalah memiliki pulau yang banyak di kunjungi oleh mancanegara yakni Pulau Bali yang dijadikan tempat destinasi untuk berlibur dengan suasana pemadangan alam yang luar biasa. Tetapi dari semua hal itu, bukan itu saja yang membuat indonesia dikenal di mata dunia. Berikut inilah fakta unik tentang negara Indonesia yang dikenal di mata dunia.

Memiliki Binatang yang tidak dimiliki negara lain yakni ” Komodo dan Orangutan “

Indonesia memiliki binatang yang hampir tidak dimiliki oleh negara mana pun yakni komodo dan orangutan. Dan indonesia adalah satu – satunya tempat di dunia yang bisa merawat dan bertahan hidup dan dijadikan destinasi untuk melihat Komodo di alam liar. Di Indonesia sendiri terdapat dua pulau paling populer dan terkenal untuk melihat Komodo adalah Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Kedua pulau tersebut berada di taman nasional dan merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur –antara Flores dan Sumbawa.

Meskipun komodo tersebut terkenal akan keganasannya, Komodo adalah satu – satunya terdaftar sebagai hewan yang terancam punah dan masuk dalam Red List IUCN. Selama beberapa dekade ini, ada fakta bahwa air liur Komodo yang mengandung bakteri mematikan dan dianggap sebagai senjata ampuh untuk melumpuhkan dan bahkan membunuh musuh atau predator lainnya. Dan ada kasus sebelumnya sekitar pada 2017, seorang turis Singapura di serang oleh komodo dan untung saja  selamat dari gigitan Komodo yang menyerang turis tersebut.

Selain Komodo, Indonesia juga memiliki hewan yang tidak dimiliki oleh negara lain yakni Orangutan. Daerah – daerah yang terkenal oleh keberadaan hewan tersebut adalah Sumatra dan Kalimantan yang menjadi satu-satunya tempat di dunia yang menjadi habitat liar satwa tersebut. Dan wilayah yang paling sering di jumpai Orangutan adalah Taman Nasional Gunung Leuser di dekat Desa Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Negara Padat penduduk

Indonesia adalah negara jumlah penduduk terbanyak di dunia berada pada posisi keempat dengan populasi hampir 270 juta jiwa yang berada pada sesudah negara Amerika pada urutan ketiga disusul oleh negara Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di indonesia, yang menjadikan negara Indonesia dikenal dikarenakan memiliki jumlah penduduk yang banyak tersebut.

Bencana Dahsyat yang Berefek pada Global 

Indonesia pernah mencatat kejadian bencana yang hampir membuat efek pada negara lain seperti pada tanggal 27 Agustus 1883, Krakatau meletus secara dahsyat. Yang bahkan sejarah mengatakan kekuatannya setara 150 megaton TNT. Lebih 10.000 kali kekuatan bom atom yang menghacurkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Serta mengakibatkan pelenyapan pulau dan memicu dua tsunami. Tercatat dalam tragedi tersebut yang mengakibatkan trsunami dengan tinggi 40 meter, sehingga menewaskan lebih dari 35 ribu orang pada saat itu.

Laporan menyebutkan, korban mencapai hingga 120 ribu jiwa. Mirisnya  Kerangka-kerangka manusia ditemukan mengambang di Samudera Hindia hingga pantai timur Afrika sampai satu tahun setelah letusan. Suara ledakan dan gemuruh letusan Krakatau terdengar sampai radius lebih dari 4.600 km hingga terdengar sepanjang Samudera Hindia, dari Pulau Rodriguez dan Sri Lanka di barat, hingga ke Australia di timur.

Memiliki Danau terbesar di Asia Tenggara

Indonesia memiliki danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara, yakni Danau Toba. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 600 meter. Danau ini terletak di pulau Sumatra utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter. Danau Toba terbentuk dikarenakan letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu,yang memicu perubahan iklim global. Metode penanggalan terkini menetapkan bahwa 74.000 tahun yang lalu lebih akurat.

Letusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di Bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir. Letusan ini berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia. Dampak dari letusan ini menewaskan sebagian besar manusia yang hidup waktu itu. Dan di yakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika timur tengah dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang.

Para ilmuwan sepakat bahwa letusan Toba memicu musim dingin vulkanik yang menyebabkan jatuhnya suhu dunia antara 3 hingga 5 °C (5,4 hingga 9,0 °F), dan hingga 15 °C (27 °F) di daerah lintang atas, dan itulah yang mengakibatkan Indonesia dikenal di mancanegara dikarenakan memiliki danau terbesar di Asia Tenggara.

Memiliki terumbu karang terbanyak dan terindah

Indonesia memiliki terumbu karang yang sangat banyak ini dikarenakan Indonesia memiliki lautan yang sangat luas serta memiliki iklim Tropis yang membuat suhu perairan di lautan Indonesia sangat cocok dalam perkembangan terumbu karang di Indonesia. Serta tingkat keasinan air laut Indonesia tidak terlalu tinggi dan gelombang nya tidak terlalu besar.

Itulah sekian dari beberapa fakta – fakta negara Indonesia dikenal di mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here