Cara Sukses Wawancara Kerja

0
26
cara sukses wawancara kerja

Saat mendapat surat panggilan untuk tes wawancara kerja tentu sangatlah membahagiakan sekaligus juga menegangkan. Apalagi bagi sebagian orang dengan status yang  baru saja lulus kuliah.  Meski tes wawancara ini merupakan sebuah penentuan diterima tidaknya seseorang bekerja, namun tidak perlu merasa cemas berlebihan. Karena ada cara sukses wawancara kerja yang dapat dipelajari.

Begini Cara Sukses Wawancara Kerja

Salah satu cara sukses wawancara kerja sebenarnya dapat dipelajari. Karena semua pertanyaannya dapat diprediksi. Sehingga kita dapat merencanakan bagaimana  jawaban yang kita sampaikan. Sekarang saatnya unjuk diri untuk menampilkan semua kelebihan dalam diri. Berikut beberapa pertanyaan yang sering disampaikan pada saat wawancara.

Ceritakan Bagaimana Tentang Diri Anda

Cara sukses wawancara kerja selanjutnya berikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan singkat namun juga diplomatis. Misalnya sebagai contoh saya pernah bekerja di bidang periklanan pada perusahaan A selama 5 tahun. Dalam pekerjaan terakhir saya menjabat sebagai wakil manager. Saya juga mampu bekerja dalam tim dengan berbagai tingkatan.

Selain itu saya juga biasa melakukan kordinasi dan pengorganisasian dalam sebuah proyek untuk memastikan agar proyek selesai sesuai waktu yang sepakati. Semua jawaban dari pertantanyaan tersebut merupakan contoh yang menunjukkan tentang kualitas diri yang kita tawarkan ini merupakan bentuk penggabungan dari kemampuan dan juga kepribadian Anda.

Mengapa Tertarik Bekerja Di Perusahaan Ini ?

Sebenarnya tujuan dari pertanyaan ini pewawancara ingin mengetahui seberapa besar minat dan keinginan anda untuk bekerja pada perusahaan. Pihak pewawancara biasanya akan lebih menghargai bila kita terlihat mengenal perusahaan dengan baik. Karena carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan dan kenali lebih dalam semua yang berhubungan dengan perusahaan,

Sampaikan semua informasi yang kita ketahui untuk mendukung jawaban dari pertanyaan tersebut. Selain itu kenali juga tentang pekerjaan dan posisi yang sedang dilamar. Sampaikan kepada pewawancara bahwa pekerjaan yang ditawarkan itu merupakan sebuah tantangan dan yakinkan bahwa Anda akan memberikan semua kontribusi yang maksimal.

Apa Kelemahan Dan Kekuatan Yang Ada Dalam Diri Anda

Untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya sampaikan dulu semua hal yang merupakan kekuatan dalam diri. Tetapi jangan lupa disesuaikan dengan posisi yang sedang ditawarkan perusahaan. Misalnya ketika perusahaan sedang menawarkan posisi staff marketing maka ungkapkan kepada pewawancara bahwa anda orang yang mampu berkomunikasi dengan relasi.

Selain itu sampaikan juga keahlian apa saja yang dimiliki baik mengenai ketrampilan maupun karakter positif. Hal ini  dapat mendukung semua pekerjaan yang sedang ditawarkan perusahaan. Contohnya ketekunan, ulet, mudah beradaptasi, mampu bekerja mandiri maupun dalam tim dan lainnya. Setelah itu baru ungkapkan tentang kelemahan diri dengan jujur dan bagaimana memperbaikinya.

Mengapa harus merekrut Anda

Pertanyaan ini sebenarnya merupakan alasan penting mengapa perusahaan melakukan tes wawancara pada anda. Sampaikan jawaban untuk pertanyaan ini satu persatu mengenai apa yang ingin anda berikan pada perusahaan. Berikan catatan tentang semua kelebihan dan potensi apa saja yang ada dalam diri anda. Hal ini dapat memberi nilai tambah untuk mengangkat potensi dalam diri Anda.

Selain itu berikan jawaban secara spesifik tentang apa yang dapat diberikan kepada perusahaan. Jawablah pertanyaan ini dengan menyampaikan tentang keahlian serta  berbagai pelatihan yang pernah diikuti dan pengalaman pada perusahaan sejenis selama sekian tahun. Jawaban dari pertanyaan ini merupakan salah satu cara sukses wawancara kerja agar bisa diterima.

Berapa Gaji Yang Diminta

Pertanyaan ini sangat dilematis. Sebaiknya jangan menyebutkan jumlah yang terlalu tinggi namun jangn pula menyebutkan jumlah yang terlalu rendah. Hal ini bertujuan  agar hasil kerja tidak dinilai terlalu rendah. Bila merasa ragu sebaiknya sampaikan kepada pewawancara bahwa anda akan bernegoisasi saat telah diterima

Demikian salah satu cara sukses wawancara kerja dengan mempersiapkan  jawaban dari pertanyaan dalam wawancara, Semoga dapat bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini