Cara Mudah Membuat Toko Online

0
46
toko online

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat seluruh sektor juga ikut berkembang. Salah satunya adalah kebiasaan orang-orang dalam bekerja pun berubah lantaran mengandalkan media digital. Sebagai penggunanya, tidak salah untuk mencoba cara mudah membuat toko online

Tips Sukses Jualan Toko Online 2021

Sekalipun Anda masih belum mempraktekkan apa saja cara yang bisa dilakukan dalam membuat toko online, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips sukses ketika berjualan. Satu hal paling utama adalah dengan mengenali keunikan produk sebagai nilai tambah dari pesaing lainnya. 

Jangan lupa untuk membuat website yang digunakan secara khusus sebagai media promosi produk tersebut. Berikutnya pelajari secara perlahan bagaimana data penjualan sehingga dapat ditentukan target permintaan agar tetap mendapatkan penghasilan. 

Jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai jenis digital marketing, misalnya email marketing dan channel media social. Penggunaan sosmed memang diakui sebagai cara paling tepat ketika hendak menarik perhatian orang lain agar membeli suatu produk setelah melihat iklan di sebuah postingan. 

Cara Mudah Membuat Toko Online

Bagi Anda yang takut merasa kesulitan ketika hendak memulai untuk berjualan menggunakan toko online, maka sebenarnya usaha tersebut dapat dimulai tanpa memakai metode coding sama sekali. Beberapa orang bahkan hanya bermodalkan tutorial di Google saja. 

  1. Memesan Hosting dan Layanan Domain

Langkah pertama adalah Anda harus memesan layanan hosting dari berbagai penyedia manapun. Jika sudah memilikinya, maka bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Sebagai calon blogger, dapat mengikuti arahan dari pemilik hoster sehingga lebih mudah untuk mengarahkannya secara langsung. 

Berikutnya Anda bisa memilih platform manapun untuk bisa membuat blog tersebut. Jenisnya pun beragam, salah satunya adalah WordPress. Disini juga penting memperhatikan apa saja tips membuat toko online dengan Woocommerce agar terasa lebih mudah ketika mempraktekannya. 

  1. Instalasi Woocommerce – Website WordPress 

Pertama, Anda bisa melakukan instalasi WordPress terlebih dahulu. Lakukan login ke cPanel sesuai hosting masing-masing. Pastikan untuk menyelesaikan pembayaran dulu agar layanan dapat diaktifkan. Silahkan memilih WordPress sebagai platform penyedia pembuat blog. 

Proses instalasi ini bisa Anda lakukan sampai memberikan nama toko online yang akan dibuat. Tentu hal ini menjadi hal menarik karena dapat dijadikan sebagai cara agar membuat para pelanggan merasa tertarik. Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi singkat mengenai produk sebelum dijual. 

  1. Mengatur Kustomisasi Website 

Penting bagi Anda untuk mengatur kustomisasi website agar terlihat menarik oleh para pengunjung ketika membaca konten di dalamnya. Sebenarnya ketika memilih toko online saat melakukan instalasi Woocommerce, hal ini sudah dilakukan namun belum secara maksimal masuk ke menu Pengaturan. 

Anda bisa mengaturnya di menu Settings bagian General. Ada banyak hal yang perlu diatur mulai dari Site Title, Tagline, WordPress Address, Site Address, Email Address hingga Membership. Keseluruhan komponen tersebut wajib untuk diisi sehingga memudahkan calon pembeli saat menemukannya. 

  1. Setting Toko Online 

Langkah berikutnya bisa Anda lakukan dengan lebih detail lagi. Pertama adalah melakukan pengaturan pada Woocommerce. Tahap ini mengharuskan pemilik toko online untuk melengkapi alamat gerai penjualan, mata uang dan jenis produk. Jangan lupa menentukan metode pembayaran bagi pembeli. 

Berikutnya bisa dilanjutkan dengan menambahkan produk yang akan dijual pada toko online tersebut. Berikan judul dan deskripsi singkat mengenai barang ini sehingga calon pembeli lebih mudah untuk menemukannya. Jangan lupa menambahkan kategori sesuai jenisnya agar memudahkan pelanggan. 

  1. Mengatur Kustomisasi Halaman Pertama (Home)

Halaman pertama menjadi halaman awal yang akan dilihat paling awal oleh para calon pelanggan. Hal ini mengharuskan Anda untuk melakukan kustomisasi dengan lebih maksimal. Pasalnya first impression dari pembeli penting diperhatikan karena mempengaruhi pertimbangan mereka ketika hendak membeli. 

Tujuan kustomisasi ini penting untuk membuat halaman pertama tampil lebih menarik. Tidak bisa dipungkiri bahwa kini sudah banyak jasa pemasaran digital sering digunakan oleh para pemilik toko online. Harapannya agar media promosi tetap efektif memberikan hasil serta memenangi persaingan. 

  1. Mengembangkan Toko Online 

Langkah ini hanya perlu Anda lakukan untuk mengembangkan setelah mempraktikkan cara membuat toko online hingga berhasil menampilkan produk yang ada. Selanjutnya kini saatnya menambahkan beberapa fitur menarik lain seperti menampilkan ulasan pembeli dan menunjukkan video pemakaian

Bagi Anda yang kebingungan untuk mengembangkan toko online, maka bisa mengikuti beberapa tips di internet. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan adanya buku dari penulis ternama sehingga trik di dalamnya dapat dijadikan sebagai rekomendasi misalnya panduan lengkap Facebook Shop. 

Itulah tadi beberapa cara mudah membuat toko online yang bisa Anda terapkan ketika ingin memulai usaha dengan menggunakan media digital. Terlebih kini perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga terasa saying jika kurang dimaksimalkan terutama untuk menambah penghasilan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini