Cara Merawat Wajah Dengan Baik

0
43
cara merawat wajah

Cara merawat wajah yang benar sebenarnya tidak perlu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli krim wajah yang mahal ataupun pergi ke klinik kecantikan terkenal.

Bahkan dengan melakukan sejumlah kebiasaan positif saja yang dapat diterapkan dari sekarang sampai seterusnya dapat membuat wajah Anda lebih terawat.

Tutorial Cara Merawat Wajah Dengan Baik

Berikut tutorial melakukan perawatan wajah di rumah dengan benar, diantaranya :

Membersihkan Wajah Dengan Benar

Untuk membersihkan wajah, ada beberapa tahapan yang harus Anda coba berikut ini :

  • Mencuci tangan terlebih dulu, kulit tangan yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah tentu harus dibersihkan terlebih dulu sebelum mencuci wajah.
  • Membersihkan makeup, sesudah membersihkan tangan selanjutnya bersihkan sisa-sisa makeup di kulit wajah memakai kapas serta makeup remover
  • Bersihkan wajah memakai sabun pembersih yang cocok, pilihlah sabun pembersih sesuai jenis kulit, namun amannya sebaiknya pakai pencuci wajah berbentuk gel atau krim. 
  • Keringkan wajah, hindari menggosok wajah memakai handuk saat mengeringkan wajah. Anda hanya perlu menepuk-nepukkan wajah menggunakan waslap bersih dengan lembut sampai mengering.

Pakai Serum dan Moisturizer

Tahap perawatan wajah selanjutnya ialah dengan cara mengusap toner saat kondisi kulit Anda terasa lembab, saat belum kering seluruhnya tapi tidak basah. Hal tersebut bisa membantu toner untuk meresap secara maksimal ke bagian dalam kulit. 

Pilihlah jenis toner sesuai tipe kulit wajah Anda, Sebaiknya hindari memilih toner yang memiliki kandungan alkohol. Sesudah memakai toner, bisa dilanjutkan dengan mengaplikasikan serum wajah.

Aplikasikan serum vitamin C dan lengkapi kebutuhan wajah Anda dengan mengaplikasikan pelembab. Pelembab atau moisturizer wajib diterapkan untuk pemilik jenis kulit kering hingga berminyak. 

Memakai Tabir Surya

Terapkan pemakaian tabir surya dalam perawatan wajah Anda secara rutin. Paparan sinar matahari atau UV membuat kulit wajah lebih cepat keriput, serta membuat flek hitam pada kulit wajah bermunculan. DI samping itu, radiasi dari sinar UV juga beresiko meningkatkan kanker kulit.

Maka dari itu, aplikasikan tabir surya untuk wajah yang mengandung SPF dengan minimal 50, sehabis memakai pelembab. Ratakan hingga ke leher, tapi ingat tabir surya tidak akan bertahan seharian di wajah, karenanya Anda harus mengoleskannya kembali setiap 2-3 jam sekali dengan rutin.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat, semisal buah—buahan, biji-bijian, dan sayuran hijau termasuk cara perawatan kesehatan kulit wajah dari bagian dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sehat ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

Selain itu, Anda juga wajib mengimbanginya dengan meminum air putih secukupnya, setidaknya 8 gelas dalam sehari.

Hindari Stress

Dengan stress berlebih kurang baik bagi kesehatan kulit. Stress dapat membuat kulit wajah lebih sensitif, karenanya permasalahan kulit seperti jerawat dan flek hitam pun lebih muda bermunculan.

Agar terhindar dari stress berlebih, sebaiknya kendalikan emosi Anda dari sekarang. Misalnya saja dengan cara olahraga, meditasi dan istirahat yang cukup.

Pemakaian Masker Alami

Menggunakan masker alami wajah secara rutin bisa menjadi cara paling efektif dan ampuh untuk merawat kesehatan kulit wajah. Misalnya saja dengan cara mengaplikasikan masker jeruk nipis, lidah buaya, masker tomat, masker telur, dan lain sebagainya.

Cara ini selain lebih hemat juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam serta tanpa efek samping.

Itulah 6 tutorial cara merawat wajah dengan baik dan benar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini