Cara Merawat Kulit Kering Ampuh dan Alami

0
11
cara merawat kulit kering

Cara merawat kulit kering – Sebagian orang mungkin merasa risih dengan kondisi kulit kering. Dengan munculnya kerutan pada kulit wajah membuat pemiliknya menjadi minder. Terlebih lagi jika kondisi kulit terlihat kusam.

Ini wajar rasanya karena elastisitas kulit menjadi rendah pada pemilik kulit kering. Inilah sebabnya, pemilik kulit ini lebih rentan berhadapan dengan masalah kulit kusam bahkan bersisik.

Cara Merawat Kulit Kering Secara Alami

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi kulit kering secara alami diantaranya :

Yoghurt

Masker yoghurt termasuk sejenis masker yang ampuh untuk mengatasi kulit kusam dan kering. Ada banyak sekali produk kosmetik yang memanfaatkan yoghurt ke dalam bahan utamanya. Akan tetapi, jika Anda tertarik membuatnya, caranya sangat mudah.

Anda cukup memakai yoghurt murni tanpa tambahan buah atau gula. Sesudah itu, oleskan ke permukaan kulit wajah ataupun tangan. Biarkan selama sekitar 10 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Teh Hijau

Untuk mengatasi kulit kering dengan cara alami, Anda bisa mengaplikasikan teh hijau. Tambahkan pula dengan minyak kelapa, lavender, minyak vitamin E dan minyak almond. Perpaduan bahan-bahan di atas tersebut bisa menenangkan kulit sensitif dan kulit kering.

Lidah Buaya

Bahan alami mengatasi kulit kering lainnya ialah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya ialah ambil gel lidah buaya, kemudian haluskan memakai blender terlebih dahulu. Selanjutnya oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah yang membutuhkan kelembaban.

Bisa juga dengan memanfaatkan potongan lidah buaya dengan mengusapkannya ke kulit wajah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun diyakini dapat melembabkan kulit kering secara ampuh. Di samping itu juga, minyak ini dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati dan dapat mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit wajah dengan rutin, dua kali dalam sehari.

Aplikasikan pula setiap selesai mandi supaya kulit Anda senantiasa selalu terjaga kelembabannya.

Oleskan Petroleum Jelly

Petroleum Jelly dapat bekerja baik untuk membantu meminimalisir kekeringan pada kulit sekaligus mengunci kelembaban. Apabila Anda tidak rutin menjaga kelembaban kulit, maka kulit akan bekerja keras memproduksi minyak lebih banyak untuk mempertahankan kelembaban kulit. 

Petroleum Jelly sendiri dapat berperan sebagai humektan, karena bisa menyegel dan menarik kelembaban ke bagian dalam kulit. Walaupun tekstur dari petroleum jelly ini bertekstur lengket dan kental dapat menutupi pori, tapi molekul jeli tersebut sebenarnya terlalu besar merasuk ke bagian dalam kulit. 

Masker Pisang

Pisang yang identik berwarna kuning tidak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga baik digunakan untuk menjaga kelembaban kulit.

Adapun cara mengaplikasikannya ialah kupas pisang matang, lalu hancurkan pisang hingga halus, kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah, biarkan hingga mengering selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan  asam lemak jenuh yang dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit dengan cepat dan alami. Di samping itu, untuk mengaplikasikannya sangat mudah.

Anda hanya perlu mempersiapkan minyak kelapa lalu tuangkan pada telapak tangan. Setelah itu, usapkan hingga ke seluruh bagian kulit dan wajah yang ingin dilembabkan sampai meresap ke bagian dalam kulit.

Apel

Untuk menjaga kelembaban kulit, buah apel dapat dijadikan sebagai bahan yang ampuh dan efektif untuk digunakan. Caranya ialah dengan menghaluskan apel, kemudian pisahkan ampasnya, lalu gosokkan ampasnya secara perlahan ke permukaan kulit, selanjutnya diamkan sampai mengering dan bilas menggunakan air bersih.

Itulah 8 cara merawat kulit kering dengan cara alami dan ampuh untuk dipraktekkan di dalam rumah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan