Berwisata di Air Terjun Curug Pulosari

0
8
curug pulosari

Yogyakarta yang berada di Provinsi Jawa Tengah, memanglah sangat kaya akan wisatanya. Apalagi yang bernuansa alam segar nan asri, Curug Pulosari misalnya. Meski termasuk dalam golongan wisata baru, tempat ini tak kalah dengan yang lainnya. Bagaimana tidak? Keindahannya yang menawarkan sejuknya alam membuat takjub.

Jadi Anda tak hanya bisa menikmati budaya dan seni yang menjadi ciri khas Kota Yogya. Dan mencicipi hidangan khasnya yang ramah di kantong. Tetapi bisa juga melihat dan bermain di alam yang tenang. Air terjun yang menawan nan elok berada di sini. Sebuah tempat yang tersembunyi tapi indah sekali rupanya.

Lokasi Wisata dan Jalur Tempuhnya

Dari pusat kota, hanya memakan waktu sekitar satu jam saja untuk menemukan Curug Pulosari. Rute yang simpel dan mudah, apalagi ada banyak petunjuk jalannya. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk mendatanginya. Jarak tempuhnya sekitar 15,7 kilometer saja.

Yang mana berlokasi tepat di Jalan Krebet, Sedangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain rutenya yang cukup mudah untuk dijangkau, wisata yang satu ini memanglah sangat sayang untuk diacuhkan begitu saja. Jadi Anda harus datang ke sini ketika berpergian ke Yogya.

Ketersediaan Faslitas

Meski berada di dalam pesona alam bebas, Curug Pulosari menyediakan beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati. Walaupun ini hanya fasilitas berdasarkan swadaya warga setempat, tetapi cukup lengkap dan nyaman untuk digunakan.

Susunan rapi dan aman untuk parkir kendaraan Anda telah disiapkan. Ada pula kamar mandi yang bisa digunakan untuk berganti pakaian ataupun membilas tubuh Anda setelah lelah berada dalam air terjun. Anda hanya perlu mengeluarkan kocekan dua ribu rupiah saja untuk menggunakannya.

Apabila Anda sangat ingin berenang tapi tak cukup pandai, dapat menyewa ban di sekitar lokasi Curug ini. Bagi Anda yang hanya ingin duduk bersantai juga disediakan kursi – kusi berbahan bambu di sekeliling air terjun. Selain itu Anda juga dapat menggunakan gazebo – gazebo yang disediakan untuk meletakkan barang bawaan.

Jika perut sudah mulai keroncongan Anda tak perlu repot – repot membeli di luar. Karena warung – warung sudah tersedia di sini. Yang mana menjual berbagai makanan untuk memuaskan perut dan lidah Anda. Oleh – oleh atau cindera mata khas Yogyakarta juga bisa dibeli di warung – warung sekitar sini.

Jam Operasional Curug Pulosari

Untuk jam operasionalnya, Curug Pulosari sudah mulai dibuka dari jam tujuh pagi hingga enam sore. Tempat ini memang tidak dibuka sampai jam terlalu malam. Karena lokasinya yang cukup berada dalam hutan serta masih baru. Jadi pemandu atau petugas sengaja menghimbau berdasarkan jam operasional.

Selain keindahan alam, Anda juga dapat melakukan panjat tebing di lokasi ini. Ketika Anda ingin melakukannya, diharapkan untuk menyewa pemandu demi keselamatan bersama. Cukup menarik bukan untuk dijadikan salah satu tujuan wisata? Tunggu apalagi? Segera kunjungi wisata ini.

Tinggalkan Balasan