Begini Cara Merawat Kelinci Yang Wajib Diketahui

0
38
cara merawat kelinci

Cara merawat kelinci seperti wajib untuk diketahui bagi anda yang baru pertama kali  membeli kelinci dari toko hewan favorit anda. Ya, mempunyai binatang peliharaan memang bukan hanya sekedar menguji tanggung jawab anda saja tetapi juga untuk mengurangi stress. Ada banyak jenis binatang peliharaan yang dipilih oleh masyarakat. 

Tidak hanya anjing dan kucing. Kelinci ternyata juga menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk dipelihara.  Hal ini bukan tanpa alasan karena ternyata kelinci pun tidak kalah menggemaskannya dengan kedua jenis binatang sebelumnya. Walaupun demikian, cara merawat kelinci ini mungkin sedikit berbeda dengan merawat anjing maupun kucing. 

Cara merawat kelinci dengan benar 

Seperti hewan pada umumnya, untuk anda yang memutuskan untuk memelihara hewan ini maka anda memang membutuhkan persiapan maupun pengetahuan yang cukup. Hal ini tidak lain karena ternyata cara merawat kelinci ini tidaklah semudah apa yang ada di bayangan anda. Jika anda salah dalam merawatnya justru akan menyebabkan masalah pada kelinci anda tersebut. 

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena kami memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat binatang lucu yang satu ini. 

Memilih kandang yang tepat 

Berbeda dengan kucing maupun anjing yang terkadang tidak membutuhkan kandang tersendiri, untuk anda yang ingin merawat kelinci maka anda harus menyiapkan kandang untuk kelinci kesayangan anda tersebut. Apabila anda mempunyai kelinci domestic maka perawatannya memang berbeda dengan kelinci liar. 

Hal ini tidak lain karena kelinci domestic tersebut sangat tidak toleran terhadap suhu ekstrim terutama ketika musim panas. Agar kelinci anda aman, maka ada baiknya anda harus memilihkan kandang dengan ukuran ruang yang luas. Sedangkan jika anda menaruh kelinci di dalam kandang kawat, ada baiknya anda melapisi bagian bawahnya dengan kardus. 

Jangan lupa siapkan kotak kotoran 

Setelah pemilihan kandang sudah siap, maka cara merawat kelinci yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk menyiapkan kotak kotoran. Kabar baiknya, kelinci memang mempunyai kecenderungan untuk buang air kecil dan besar di tempat yang sama. Untuk itulah, anda bisa menyiapkan kotak kotoran tersebut. 

Entah itu di luar rumah maupun di dalam kandang kelinci, anda harus menyiapkan kotak kotoran. Tetapi pastikan ukuran kotak kotoran tersebut tepat. 

Perhatikan makanan yang bernutrisi untuk kelinci 

Agar kelinci anda tetap sehat maka anda juga harus memperhatikan dengan baik makanan untuk kelinci anda tersebut. kelinci sendiri ternyata mempunyai sistem pencernaan yang cukup kompleks, itulah pentingnya untuk memberikan gizi yang baik kepada mereka. 

Adapun beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh kelinci anda tersebut adalah rumput jerami, sayuran (wortel, selada, daun ketumbar dan lainnya), buah dan kimia serta jangan lupa berikan air. 

Perhatikan makanan yang harus dihindari 

Selain mengetahui jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh kelinci anda, anda juga harus mengetahui jenis makanan apa sajakah yang harus dihindari oleh kelinci anda tersebut diantaranya adalah tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kelembaban, biji-bijian dan lainnya. Hal ini menyebabkan kelinci bisa teracuni. 

Pelihara kelinci lebih dari satu 

Cara merawat kelinci yang benar selanjutnya adalah pastikan anda memelihara kelinci lebih dari satu. Cara ini ternyata akan membuat kelinci tersebut mempunyai umur yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang sendirian. Hal ini tidak lain karena dengan teman, maka kelinci bisa lebih bahagia.

Memiliki binatang peliharaan seperti kelinci memang akan memberikan segudang manfaat yang cukup baik untuk anda. Jika anda baru pertama kali merawat kelinci maka ketahuilah bagaimana cara merawat kelinci dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini