Asal Mula Nama Suku Sasak dan Nama Pulau Lombok

0
7
suku sasak

Halo teman-teman semuanya yang suka mencari tahu informasi tentang segala sesuatu diantaranya seperti Nama Tokoh, Nama Tempat, sejarah indonesia dan yang lainnya. Tapi di sini saya sedikit akan memberikan informasi tentang hal yang jarang orang tahu, apakah itu? yups, yakni Asal mula Nama Suku SASAK dan Nama Pulau LOMBOK.

Tapi pasti banyak yang sudah tahu Nama Pulau Lombok. Pulau Lombok ada di Sebelah timur Pulau Bali. Dimana Pulau Lombok ini terkenal dengan Pariwisatanya yang menawarkan segudang destinasi wisata lombok. Seperti Gili yang terkenal yakni Gili Trawangan. Belum lagi Lombok terkenal sebagai Pariwisata Halalnya dan banyak menyuguhkan tempat-tempat indah lainnya seperti Air Terjunnya yang terhampar lebih dari 100 air terjun alami. Pantainya yang begitu indah yang memiliki jenis pasir kelas 1 di dunia. Dan ada juga pantainya yang berpasir pink. Belum lagi Pulau Lombok adalah satu-satunya lokasi yang dimana didirikannya Sircuit Moto GP/F1.

Begitupun dengan Suku Sasak. Mungkin sudah banyak yang tahu suku sasak pun terkenal dengan Adat istiadat dan budayanya yang sampai sekarang ini masih di lestarikan oleh masyarakat Lombok pada umumnya. Seperti Merarik (budaya membawa anak perempuan orang dengan niat untuk di nikahi berdasarkan suka sama suka). Dan Presean (budaya masyarakat suku sasak atau orang lombok untuk menunjukkan kejantanannya dalam pertarungan satu lawan satu menggunakan periasai dari kulit sapi yang bentuknya merepat panjang dan alat pukul yang digunakan ialah penjalin rotan yang keras).

Akan tetapi, dari sekian informasi yang ada yang banyak orang tahu tentang Suku sasak dan pulau lombok. Tidak banyak pula yang menceritakan asal mula nama suku Sasak dan asal nama pulau Lombok. Baiklah, kita mulai dari pembahasan Asal Mula kata Suku Sasak.

Asal Mula Kata Suku Sasak

Diceritakan pada jaman dahulu kala Suku yang ada di pulau Lombok ini memang pada dasarnya menganut agama islam. Dimana meyakini adanya satu Tuhan seperti yang ada dalam Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni sila pertama yang berbunyi : “Ketuhanan yang Maha Esa”. Esa yakni Berarti satu. Orang Lombok pada waktu itu mempunyai bahasa daerah Asli yang di mana untuk menyebutkan angka satu itu adalah disebut SAK.

Nah, dari sinilah Nama suku sasak di ambil, dan kenapa bisa menjadi sasak? Sak artinya satu. SAK-SAK artinya satu-satunya. Saking cepat dan biasanya orang Suku SAKSAK menyebutkan nama sukunya yakni suku yang mempercayai adanya Tuhan yang Satu-satunya. Sehingga orang yang di luar suku SAKSAK lebih jelas mendengarnya dengan Sebutan SASAK. Berita itu tersebar bahwa suku yang mendiami Pulau LOMBOK adalah suku SASAK.

Asal Mula Nama Pulau Lombok

Dan adapun Asal Mula Nama Pulau Lombok ini pun sangat erat kaitannya dengan Nama suku SASAK yang baru saja saya terangkan. Dan Nama Pulau Lombok pun di ambil dari istilah SAK-SAK itu sendiri yang dimana suku SASAK meyakini adanya satu Tuhan. Akan tetapi, suku sasak pada waktu itu belum terlalu mengenal siapa tuhan yang satu-satunya itu siapa. Dan datanglah salah satu wali dari 9 wali yang berasal dari tanah jawa yang biasa disebut dengan WALI SONGO (9 WALI). Salah satu wali tersebut menyiarkan agama Islam dan sampai kepada Suku Sasak. Ternyata yang ditemukan ialah suku sasak sudah meyakini sepenuhnya adanya satu Tuhan yang menguasai Alam semesta ini. Akan tetapi masyarakat suku sasak belum memahami sepenuhnya Tuhan yang satu-satunya itu. Wali itu pun berusaha meluruskan pemahaman masyarakat suku sasak bahwa Tuhan yang satu-satunya itu adalah ALLAH Subhanahu Wata’ala.

Dan istilah meluruskan itulah yang di ambil untuk menamakan pulau yang ada di timur pulau bali itu. Yang mana kata LURUS dalam bahasa masyarakat sasak ialah Lombok (yang pengucapan huruf “O” nya seperti kota SOLO akan tetapi Orang Jawa Mengucapkan huruf “O” sama seperti “O” pada kata BALON sehingga menjadi Kata Lombok dalam bahasa daerah jawa yang berarti Cabai).

Mugnkin sekian informasi seputaran Asal Mula Kata suku SASAK dan pulau LOMBOK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here