Alternatif Tujuan Libur Lebaran Buat Yang Gak Mudik

0
16
Alternatif Tujuan Libur Lebaran Buat Yang Gak Mudik

Libur lebaran untuk tahun 2022 ini akhirnya resmi ditetapkan oleh Pemerintah. Cukup panjang libur yang didapatkan mulai tgl 29 april 2022 hingga 8 mei 2022. Kurang lebih ada sekitar 10 hari. Bagi kalian yang memilih untuk tidak mudik, tentunya liburan menjadi alternatif pilihan. Untuk kalian yang masih bingung kemana tujuan untuk libur lebaran mendatang, berikut beberapa destinasi yang bisa dijadikan pilihan.

Bandung

gedung sate bandung

Tidak bisa kita pungkiri lagi, Bandung merupakan destinasi paling favorit terutama untuk para wisatawan yang berasal dari ibukota Jakarta. Kota ini dikenal dengan julukan Kota Kembang dan banyak sekali menyediakan berbagai destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja. Banyak destinasi favorit yang bisa dikunjungi di kota ini.

Selain tempat wisata yang sangat banyak, hal lain yang menjadikan Bandung sebagai destinasi favorit adalah banyaknya pilihan akomodasi untuk tempat menginap di kota ini. Mulai dari hotel dengan berbagai ragam view yang ditawarkan, hingga tempat kost dan apartement. Selain terkenal sebagai tempat destinasi wisata, Bandung juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak kampus tempat menimba ilmu. Oleh sebab itulah selain hotel, banyak juga ditawarkan penginapan harian dan apartemen bulanan.

Ketika berada di Bandung, destinasi wisata terfavorit yang wajib untuk Kamu kunjungi adalah Farmhouse Lembang. Di sini, Kamu bisa melihat sekaligus berinteraksi dengan berbagai jenis hewan ternak yang lucu dan imut. Tidak hanya itu, Lembang juga menyediakan berbagai spot foto yang menarik, mulai dari taman bunga, bangunan bergaya eropa, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Kota Bandung juga menyediakan berbagai tempat yang sangat cocok untuk para petualang alam bebas. Tempat favorit para pecinta petualangan alam tersebut adalah The Lodge Maribaya. Tidak hanya dua tempat itu saja. Sebagai salah satu Kota tertua di Indonesia, Kota Bandung memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Maka tak heran ada banyak sekali bangunan bersejarah, mulai dari museum, gedung, maupun monumen.

Semarang

Klenteng Sam Po Kong

Semarang tidak hanya terkenal dengan Lawang Sewunya saja, namun Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki sejumlah spot wisata yang cocok dikunjungi untuk keluarga. Destinasi wisata tersebut juga beragam pilihannya, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang semuanya ramah untuk keluarga.

Dikota ini kalian bisa mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong yang menjadi salah satu bangunan ikonik sekaligus destinasi wisata yang ada di Semarang. Kelenteng yang juga dikenal dengan nama gedung Batu ini terletak di sebuah bukit batu tepatnya di sebelah barat daya Kota Semarang.

Bagi yang menyukai sejarah dan budaya kalian bisa mengunjungi Candi Gedong Songo. Sesuai namanya, Candi Gedong Songo ini terdiri dari 9 bangunan yang terdapat di dalam kompleks candi. Selain wisata sejarah, pengunjung juga bisa menikmati panorama indah perbukitan hingga berendam di mata air belerang yang ada di kawasan ini.

Malang

Tidak hanya sekarang saja, Malang sudah menjadi kota yang menarik sejak zaman Belanda. Ditambah lagi dengan pengelolaan wisata alam seperti perkebunan apel, pembibitan bunga anggrek, hingga spot alam lainnya, membuat Malang menjadi salah satu kota terindah di Indonesia.

Selain wisata alam itu, ada banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Angkut, Eco Green Park, Jawa Timur Park hingga Batu Night Spectacular. Daerah yang menyajikan daya tarik tersendiri adalah Batu. Apabila Kamu mengunjungi Batu, Kamu dapat mencoba menikmati keindahan alamnya menggunakan paralayang. Tempat ini menjadi lokasi kompetisi paralayang untuk tingkat nasional dan internasional.

Solo

taman sriwedari solo

Solo adalah ‘Rumah’ bagi Keraton Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo. Secara umum, kota Solo bisa dikatakan hampir sama dengan Kota Yogyakarta. Perbedaannya, Solo memiliki luas wilayah yang lebih kecil dibandingkan Daerah Istimewa Yogyakarta. Alasan yang membuat Solo layak untuk dikunjungi sesungguhnya adalah kearifan lokal dan adat istiadatnya yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Kota kelahiran Presiden Republik Indonesia ke-7 Joko Widodo ini merupakan salah satu daerah penghasil batik yang sangat terkenal di Indonesia. Batik khas Solo telah menjadi salah satu penggerak wisata sekaligus perekonomian bagi masyarakat Solo. Ketika mengunjungi kota ini Kamu akan banyak menemukan masyarakat dengan tutur kata yang santun dan lembut, sehingga membuat nyaman para wisatawan.

Batam

Batam merupakan daerah yang dikenal sebagai jalur pelayaran yang dekat dengan Singapura dan Malaysia. Hal ini tentu membuat Batam memiliki wilayah industri yang sangat maju. Sebagai kota yang menjadi surga dari para pembelanja, Kota Batam juga menyimpan banyak destinasi yang menarik untuk didatangi, mulai dari wisata alam, hiburan, edukasi, hingga kulinernya.

Pada saat Kamu mengunjungi Batam, salah satu hal yang wajib untuk Kamu coba adalah melewati Jembatan Barelang. Jembatan ini merupakan landmark Kota Batam yang diprakarsai langsung oleh Presiden Indonesia ke-4, B. J. Habibie. Setelah Kamu melintasi jembatan tersebut, Kamu bisa mencoba untuk mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Batang yakni tempat bekas rumah pengungsian warga Vietnam atau Ex-Camp Vietnam. Tak lupa, Batam juga memiliki spot foto layaknya Hollywood di Amerika, di Bukit Clara Batam Center Kamu bisa selfie di depan tulisan ‘Welcome to Batam’.

Balikpapan

sungai kapuas sungai terindah di indonesia
Sungai Kapuas – sumber gambar: news.okezone.com

Kota Balikpapan merupakan kota dengan wilayah paling luas di pulau Kalimantan. Dengan wilayahnya yang luas, Balikpapan menjadi kota yang nyaman dan bersih. Tak ayal, Kota ini memborong sekitar 18 penghargaan Adipura berkat ketertiban lingkungan dan kebersihannya.

Pada tahun 2015, Balikpapan juga pernah menyandang sebagai sebagai The World’s Most Lovable City. Penghargaan ini untuk dikarenakan jaminan kenyamanan yang diberikan Balikpapan kepada para wisatawannya. Nah, bagi Kamu yang ingin berkunjung ke Balikpapan, Kamu dapat mencoba wisata alam di pantai eksotis. Selain itu, Kamu juga bisa mencicipi kuliner pinggir sungai khas balikpapan.

Itulah beberapa pilihan destinasi yang dapat dipertimbangkan sebagai tempat liburan bagi kalian yang gak ikut mudik tahun ini. Selamat Berlibur!

Tinggalkan Balasan