Alat Musik Tifa Kebanggaan Masyarakat Indonesia Timur

1
13
alat musik tifa papua

Indonesia telah mendapatkan pengakuan dari dunia sebagai negara dengan segudang adat istiadat dan seni budaya. Salah satu bidang seni yang tidak ketinggalan adalah seni musik. Mulai dari alat musik yang beraneka ragam dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah alat musik dari Indonesia Timur yaitu Tifa.

Alat musik Tifa ini cukup unik dan tidak dapat ditemui oleh alat musik lain di negara manapun. Alat musik ini khususnya berasal dari Papua dan Maluku dan biasa dimainkan oleh laki-laki dewasa dengan cara dipukul seperti gendang.

Tifa sendiri terbuat dari kayu linggua yang besar dan kuat. Kayu tersebut merupakan kayu khas Papua yang telah dikenal mempunyai kualitas yang sangat baik.

Sejarah Alat Musik Tifa

Sejarah alat musik tifa sebenarnya tergantung pada persepsi daerah. Namun bagi masyarakat pedalaman tentu saja sejarah akan suatu hal masih sangat erat dengan mitos.

Sejarah tifa di Papua konon di daerah Biak terdapat dua saudara laki-laki yang hubungannya sangat dekat. Dua saudara ini pergi berpetualang dan menemukan pohon apsur yang dapat mengeluarkan suara di tengah hutan.

Keesokan harinya mereka penasaran dan menebang pohon tersebut dan mengeruk bagian tengahnya menyerupai pipa menggunakan nibong atau besi panjang. Kemudian menutupinya dengan kulit soa-soa.

Tifa Sebagai Alat Musik Ritual

Perempuan sangat dilarang keras bahkan telah menjadi amanat warisan untuk tidak boleh memainkannya. Tentu saja hal ini sangat dipegang erat oleh masyarakat untuk menghormati para leluhurnya. Hanya pria dewasa yang boleh memainkan tifa.

Alat musik tifa tidak bisa dimainkan secara sembarangan oleh semua orang. Akan tetapi harus mengikuti prosedur sehingga memperoleh izin dari tetua adat dan masyarakat setempat. Kecuali memang dimainkan untuk pertunjukkan musik.

Uniknya alat musik tifa harus ada saat mendapatkan kabar kehamilan, kelahiran, dan kematian.

Perbedaan Alat Musik Tifa di Papua dan Maluku

alat musik tifa maluku

Alat musik tifa yang ada di Indonesia terbagi menjadi 2 macam. Versi masyarakat Maluku dan Papua memiliki beberapa perbedaan.

Alat Musik Tifa Papua

Alat musik tifa sendiri memang lebih identik dengan Papua khususnya untuk Suku Asmat. Bahkan menjadi identitas dan kebutuhan suku di Papua. Bagi masyarakat Papua alat musik ini lebih dikenal dengan nama Kandara, Sirep, Wachu, dan Eme.

Biasanya tifa digunakan untuk acara ritual adat karena melodinya yang sakral sehingga menjadikan ritual lebih khusuk.

Alat Musik Tifa Maluku

Di daerah Maluku, tifa memiliki ukiran yang khas pada sekitar tabung yang memiliki makna kehidupan rasa syukur dari pembuatnya. Sama seperti di Papua, di Maluku tifa juga biasa dimainkan pada acara adat seperti tarian Cakalele.

Di Maluku tifa terbuat dari kayu pohon sukun sedangkan di Papua terbuat dari pohon linggua.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan