Air Terjun yang Memiliki Dua Warna di Yogyakarta

9
25
air terjun kedung pedhut yogyakarta
Air Terjun Kedung Pedhut - sumber gambar: dinpar.kulonprogokab.go.id

Salah satu hal yang membuat Indonesia terkenal adalah tempat wisata yang dikunjungi. Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam. Air terjun yang akan dibahas berikut ini adalah salah satu tujuan wisata favorit Indonesia untuk wisatawan lokal dan asing.

Ada banyak air terjun yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Salah satunya di Yogyakarta. Nama air terjun ini adalah Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki dua warna yaitu putih jernih dan biru tosca. Terletak di bukit Menoreh, desa Kembang, Kulon Progo.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat pergi ke barat ke jalan Godean kemudian melanjutkannya sampai Nanggulang. Setelah Anda tiba di sini Anda harus melewati bukit. Jalan raya di sekitar bukit sudah dapat diakses untuk sepeda motor dan mobil. Sampai Anda mencapai gua Kiskendo dan kemudian belok kiri dan terus sampai sekitar lima kilometer maka Anda akan menemukan beberapa papan yang mengarah ke Kedung Pedut.

Cukup jauh dan melelahkan dari pusat kota Yogyakarta, tetapi cara untuk pergi ke salah satu air terjun di Indonesia ini akan sepadan dengan usaha yang ditempuh. Anda akan melihat sawah, bukit, dan alam yang indah dalam perjalanan ke sana.

Tiket masuk untuk tempat ini hanya Rp 3.000 dan biaya parkir hanya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Fasilitas yang disediakan ada toilet umum, tempat sholat, beberapa restoran kecil, dan jembatan yang terbuat dari bambu.

Dari tempat parkir, Anda masih harus turun menggunakan tangga dan kemudian Anda harus melewati hutan. Sebenarnya bukan benar-benar hutan tetapi banyak pohon ada di sana, selama 20 menit.

Tampaknya cukup sulit untuk mencapai salah satu air terjun di Jogja ini. Tetapi Anda akan puas dengan pemandangannya. Ada lima mata air di sana — yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Kedalaman mata air tersebut berkisar antara dua hingga lima meter, dengan warna biru tosca.

Berdasarkan penelitian, warna air bisa menjadi tosca adalah karena pantulan sinar matahari ke bebatuan dari bukit Manoreh. Air di salah satu air terjun ini berasal dari mata air Mudal yang juga mengalir ke air terjun lainnya bernama Kembang Soka. Pergi ke sana lalu berenang dan rasakan airnya yang unik!

9 KOMENTAR

  1. Besok kl pandemi sudah berakhir mau ke sini ah. Baru tahu ada air terjuan sebagus ini di jogja. Sedihnya tahun ini nggak mudik ke sana 🙁

  2. Air terjun itu sebagai salah satu wisata yang menarik banget sebenarnya ya, sayangnya kebanyakan wisata air terjun kurang bisa diakses sama mamak males jalan kayak saya hahahaha

  3. Banyak banget emang air terjun cakep di daerah Nanggulan. Kaki pegunungan Menoreh soalnya. Tapi favorit saya sih Sri Gethuk. Dulu sering mampir ke sana sama temen-temen abis trekking mingguan di Gunung Api Purba. Cobain deh kapan-kapan ke sana. Hehehe..

Tinggalkan Balasan