Ah, Indonesia! Negeri Bertabur Keindahan yang Tak Akan Membuatmu Bosan

0
13
indonesia indah

Indonesia memiliki banyak lokasi wisata indah yang mencuri perhatian. Tak terhitung pantai, laut, danau, gunung, padang savana, hingga persawahan terasering memukau menjadi tujuan untuk melepas stres dan penat. 

Eksotisme hutan hujan tropis yang menjadi paru-paru dunia dan habitat alami bagi orangutan yang juga menjadi salah satu destinasi pariwisata juga menjadi daya tarik utama. Begitu pula wisata modern seperti taman atraksi, museum kontemporer, hingga sentra kuliner seni budaya yang menjadi andalan di masing-masing daerah. Unik, khas, dan bernuansa lokal. 

Hanya di Indonesia, kamu bisa mengecap lezatnya kepiting soka bakar sambil menatap kapal hilir mudik di Sungai Mahakam. Hanya di Indonesia, kamu bisa mencium aroma Rafflessia Arnoldii, si Pemakan serangga dalam wujud bunga raksasa langka. 

Hanya di Indonesia, kamu bisa merasakan serunya trekking melihat komodo yang katanya satu-satunya hewan purbakala. Hanya di Indonesia, kamu bisa berayun di ayunan tinggi menghadap jurang di sisi pantai indah di Nusa Penida.

“Selamat datang! Sering-sering berkunjung, ya!” 

Kalimat di atas banyak dilontarkan untuk turis yang datang. Terutama untuk orang asing di Indonesia. Kalimat harapan sekaligus simbol keramahtamahan.

Ya. Menariknya berwisata ke Indonesia, bukan hanya soal melihat alam yang indah saja. Namun juga senyum khas yang seakan menjadi magnet keramahtamahan warga Indonesia.

Selama berkunjung ke Indonesia, turis lokal maupun asing akan bertemu dengan warga lokal yang hampir selalu tersenyum ramah. Apalagi yang tinggal di lokasi pedesaan. Mereka jauh lebih ramah lagi. Mereka tak segan membantu menunjukkan jalan ke tempat wisata tujuan, bahkan menunjukkan tempat menginap atau rekomendasi tempat makan yang paling enak dan terjangkau. 

Menjadi turis di Indonesia, kini semakin mudah saja. Banyak informasi tentang destinasi favorit yang menjadi primadona di kalangan wisatawan. Tak jarang pula akses informasi untuk lokasi wisata yang masih baru atau di tempat terpencil semakin terbuka dengan internet. Membuka peluang daerah yang dulu sepi, menjadi ramai karena dikunjungi turis domestik maupun asing. 

Budaya, Seni, dan Kerajinan Indonesia

Selain wisata alam, Indonesia memiliki ragam budaya dan karya seni dari berbagai daerah di Indonesia. Kekayaan seni benda-benda khas daerah seperti noken khas papua, seraung khas Dayak, kuningan khas Jawa, hingga batik yang mendunia. 

Begitu pun desain arsitektur rumah adat yang bisa diadaptasi hingga kini untuk perumahan atau bangunan modern seperti masjid, gedung, restoran, maupun rumah tinggal. Termasuk juga sistem pengelolaan lokal masyarakat adat seperti subak di Bali yang menginspirasi. Semua keunikan dan pesona masing-masing budaya tersedia di Indonesia.

Konservasi Lingkungan, Flora Fauna Eksotis, dan Festival Atraksi Wisata

Ada lagi? Tentu saja masih banyak potensi Indonesia yang menakjubkan. Sebut saja Indonesia merupakan rumah bagi biota maupun fauna eksotik mulai dari penangkaran penyu di Kepulauan Seribu, Lombok, dan Bali, konservasi perlindungan badak bercula satu di Ujung Kulon, dan terumbu karang cantik di timur Indonesia yang masih belum terjamah.

Belum lagi festival budaya yang setiap tahun diselenggarakan sesuai kalender acara pariwisata. Kalender even pariwisata menjadi unggulan Kementrian Pariwisata untuk menyajikan even yang layak dan berstandar internasional. 

Selain bertujuan meningkatkan nilai masing-masing daerah, festival even budaya juga memiliki misi memajukan ekonomi dari sektor pariwisata lokal. Termasuk konsep acara yang dibuat menarik untuk mencuri perhatian generasi milenial yang menyukai acara untuk dipublikasikan di konten digital dan image tren kekinian. 

Sangat panjang jika tulisan tentang Indonesia indah ini ditulis semuanya. Dan yang terpenting, kini saatnya Anda membuktikan dengan menjelajahi setiap sudutnya. Be traveler and get lost in Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here