Adat Budaya dan Kebiasaan Orang Aceh

0
20
tari saman aceh

Assalamualaikum wr wb,

Jika berbicara Indonesia apa yang terlintas di pikiran anda? Ya ragam suku, seni, dan kebudayaan. Keragaman inilah yang membuat Indonesia unik di mata dunia sehingga membuat negeri kita ini menjadi salah satu negera destinasi turis manca negara.

Jauh terbang ke pulang paling barat negara Indonesia terdapat satu suku / orang yaitu Aceh, sangat banyak adat dan kebudayaan orang aceh berdasarkan daerah / kabupaten / kota masing-masing, berikut salah satu adat budaya dan kebiasaan orang aceh antara lain.

1. Perkawinan

Dalam rangka memperkuat tali persaudaraan orang aceh memiliki cara yang unik dalam urusan perkawinan, yaitu tentang Mahar. Dalam adat dan budaya orang aceh mahar dalam suatu perkawinan itu tergantung pada berat Emas gram / mayam (dalam sebutan orang aceh). Dan tidak lupa pula ditambahkan dengan sejumlah uang untuk keperluan alat dan isi kamar si pengantin wanita.

2. Pendidikan

Dalam perkembangan kemajuan teknologi, pendidikan yang di terapkan oleh orang tua di aceh tidak jauh dari pendidikan Agama. Ttidak sedikit anak-anak aceh yang menjalani pendidikan di Dayah atau Pesantren baik dayah modern ataupun Salafi. Maka tidak heran jika anda berkeliling di aveh bengitu banyak dayah atau pesantren yang tersebar di seluruh provinsi aceh.

3. Silaturahmi

Jika anda orang aceh yang sedang bersilaturahmi, tak heran jika anda di jamu dengan minuman khas yaitu Kopi disertai makanan daun Sirih dan pinang. Hal ini telah menjewab kenapa di aceh sangat banyak warung kopi (warkop) di daerah aceh. Dan begitu banyak juga penjual daun sirih yang sudah siap di santap. Jika anda ingin merasalan makanan unik ini jangan lupa jalan-jalan ke Aceh.

4. Perayaan

Salah satu budaya orang aceh yauitu kegiatan perayaan hari-hari besar Islam antara lain perayaan tanggal 1 Muharram, 12 Rabi’ul Awal, Isra’ Mikraj dan lain-lain. Dalam perayaan ini orang aceh membuat syukuran (khanduri) yang dibagikan ke fakir miskin dan anak yatim. Tidak ketinggalan pula acara dakwah-dakwah islamiyah yang disampai oleh para Da’i terkenal (dalam sebutan orang aceh Tengku).

Itu hanya beberapa adat budaya dan kebiasaan orang aceh yang kami ungkapkan dalam tulisan ini. Masih banyak lagi adat dan kebudayaan yang akan kami sampaikan di tulisan yang berikutnya.

Wassalamua’alaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan