9 Buah Nusantara Unik Dan Eksotis, Penasaran? Simak Disini Agar Kamu Tahu

0
28
9 Buah Nusantara Unik Dan Eksotis, Penasaran? Simak Disini Agar Kamu Tahu

Indonesia memang kaya terlihat dari sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini sebenarnya juga didasari karena iklim tropis di Negara Indonesia juga sangat menguntungkan untuk banyak tumbuhan hidup dengan subur.  Jadi, tidak heran jika beberapa orang sering menyebut Indonesia sebagai “tanah surga”.

Pasalnya banyak tumbuhan baik sayuran hingga buah-buahan tumbuh dan berkembang dengan baik di atas tanah yang subur ini. Oleh karena itu, beragam flora yang unik dan eksotis tersebut tentu menarik perhatian orang khususnya di luar Indonesia. Berikut 9 jenis buah nusantara unik dan eksotis yang jarang bahkan tidak ditemukan saat Kamu tinggal di luar negeri:

Daftar Isi

Buah Rambutan

Seperti namanya dilihat dari penampilan luarnya buah ini terdapat tonjolan kulit buah yang menyerupai seperti rambut, dengan tonjolan yang tidak terlalu kaku. Jadi, tidak heran jika buah dengan nama latin Nephelium lappaceum lebih dikenal dengan buah “rambut”-an.

Umumnya saat kondisi buah masih muda, rambutan akan berwarna hijau. Dan sebagai tanda buah khas nusantara ini sudah mulai matang akan berwarna merah. Untuk buah ini umumnya akan berbuah pada bulan Januari hingga maret.

Walaupun tampilannya unik seperti itu, namun untuk rasanya pasti membuat orang ketagihan. Daging buahnya berwarna bening, mirip dengan kelengkeng dengan rasa yang bervariasi manis asam tergantung jenis rambutannya. Namun, sebenarnya cenderung ke manis. 

Buah Durian

Siapa yang tidak kenal dengan si Raja buah yang satu ini, yaitu Buah Durian. Untuk buah ini sendiri memang jadi buah yang khas di daerah Asia Tenggara. Keberadaan Durian memang sangat menarik banyak orang dari segi tampilan saja buah ini sudah terlihat “wow”.  Pasalnya kulit buah yang keras dan tajam membuat orang semakin penasaran dengan isinya.

Kemudian saat buah ini berhasil dibelah, maka hal lain yang muncul menyengat pertama kali adalah aromanya yang khas. Bagi orang yang suka, pasti akan mengatakan buah ini paling nikmat tiada banding. Namun, bagi yang tidak suka pasti akan langsung menutup hidungnya seketika.

Untuk tekstur dari buah Durian sendiri berbentuk lonjong dengan daging buah yang lembek dan empuk. Kemudian bijinya ada di bagian tengah dengan ukuran yang lumayan besar. Tidak hanya itu ternyata buah ini mengandung banyak vitamin seperti Vitamin B, C dan E.

Buah Manggis Putih

Selanjutnya buah nusantara yang akan dibahas adalah buah Manggis, buah ini biasanya disebut sebagai ratu buah tropis. Jika pada umumnya sering ditemukan buah Manggis dengan kulit luar berwarna ungu. Maka sebenarnya ada juga buah Manggis dengan kulit berwarna Putih.

Umumnya buah Manggis Putih akan ditemukan di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, warna kulit putihnya akan tampak saat buah tersebut masih muda, seiring kematangan buah bertambah warna putihnya akan berubah menjadi kemerahan kemudian mendekati warna ungu layaknya buah manggis pada umumnya.

Buah Cempedak

Jika dilihat sekilas memang buah ini akan mirip penampakan dengan buah Nangka. Untuk rasanya jika buah ini sudah matang akan lebih manis daripada Nangka. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung saja, namun beberapa orang Indonesia akan mengolahnya menjadi makanan lain seperti keripik, manisan, dan juga gorengan dan sebagainya.

Buah Cempedak sendiri juga memiliki waktu berbuah yang bisa tergolong lama, yaitu hanya akan berbuah sekali tahun sekali. Untuk khasiat dari buah  ini ada banyak sekali khususnya sebagai pengobatan. Sebab mengandung antioksidan, vitamin A dan serat yang tinggi.

Buah Maja

Mungkin masih banyak orang yang asing dengan buah satu ini termasuk orang Indonesia juga. Buah Maja sendiri memiliki nama latin Aegle marmelos . Buah unik satu ini tidak bisa tumbuh di berbagai iklim, umumnya hanya tropis dan subtropis saja tentunya dengan karakter tanah tertentu sehingga buah ini sangat terbatas.

Untuk rasanya buah ini cenderung pahit, sehingga beberapa orang akan mengolahnya menjadi selai. Adapun kandungan yang ada di buah ini cukup banyak seperti protein, mineral dan vitamin. Sehingga cocok untuk mengobati masalah kesehatan pencernaan.

Buah Ciplukan

Salah satu yang menjadi keunikan dari buah ini adalah kondisi buah yang tertutup dengan kelopak bunga. Kemudian bentuk buahnya mirip dengan cherry hutan. Bagi generasi milenial mungkin akan jarang bahkan tidak pernah menjumpai pohon dari Ciplukan ini. Padahal dahulu tumbuhan ini tumbuh sebagai tanaman liar, di sekitar sawah ataupun rumah penduduk.

Namun saat ini keberadaan buah Ciplukan semakin langka. Sehingga saat ini orang-orang hanya akan menemukannya di Mall yang mana sudah di jual dengan harga lumayan mahal. Karena faktanya buah ini mengandung banyak sekali khasiat untuk kesehatan.

Buah Gandaria

Untuk buah Nusantara yang keberadaanya memang tergolong langka ada Buah Gandaria, buah ini memiliki nama lokal buah Jatake. Gandaria sendiri memiliki fisik dengan kulit buah kuning kehijauan sekilas mirip mangga versi ukuran yang kecil.

Jadi, saat masih muda buah ini akan berwarna hijau, kemudian bijinya berwarna ungu di bagian tengah dari buah tersebut. Rasa dari buah Gandaria ini saat muda cenderung masam, jadi orang-orang sering mengolahnya menjadi salah satu buah dalam olahan rujak.

Namun, jika sudah matang akan ada rasa manis juga. Jadi, perpaduan manis dan masam lebih cocok untuk dijadikan jus. Akan tetapi siapa sangka jika buah ini mengandung banyak manfaat seperti baik untuk daya tahan tubuh, mengurangi resiko stroke dan seratnya juga sangat baik untuk menjaga fungsi jantung. 

Buah Kelengkeng

Selanjutnya buah nusantara yang bisa dicoba ada buah Kelengkeng. Buah ini memiliki kulit buah tipis dengan warna coklat muda  Untuk daging buahnya hampir mirip dengan bentukan dari buah rambutan. Namun, akan terlihat sangat berbeda pada bagian bijinya dan rasa.

Kelengkeng pasti memiliki rasa yang manis, kemudian bijinya berwarna hitam mengkilap. Jika di Pasar tradisional Indonesia, pasti harga kelengkeng juga jauh lebih mahal daripada rambutan pada umumnya. Kelengkeng sendiri banyak dihasilkan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Buah Matoa

Di Indonesia bagian timur atau Papua buah Matoa akan lebih sering ditemukan. Pohon dari buah Matoa sendiri berukuran sangat besar dan tinggi. Namun, untuk ukuran buahnya sendiri termasuk dalam kategori kecil dengan kulit luar yang cukup keras.

Warna kulit dari buah ini akan mengalami perubahan seiring perkembangannya. Saat pada kondisi muda berwarna keputihan sedangkan jika sudah mulai matang menjadi kehitaman. Untuk rasa dari buah ini mirip dengan perpaduan buah kelengkeng dan rambutan.

Demikian itu beberapa 9 jenis buah nusantara unik dan eksotis, walaupun sebenarnya masih ada banyak buah lagi yang belum dibahas. Tentunya sebagai warga Indonesia sudah selayaknya bersyukur kepada Tuhan karena memilih tanah Indonesia untuk menumbuhkan tanaman dan buah-buahan yang sangat beragam. Maka sudah selayaknya Kita terus menjaga dan melestarikan sumber daya alam tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini