8 Langkah Mudah Cara Berjualan Online Untuk Pemula

0
101
jualan online

Ingin mempunyai usaha online namun tidak tahu apa yang akan ditawarkan? Atau sudah mempunyai produk tapi bingung bagaimana cara menjual lewat internet? Untungnya anda berada disini saat ini, karena kami akan memberikan tips cara berjualan online untuk pemula dengan langkah yang simple dan mudah dilakukan.

Menjual barang atau jasa melalui internet bisa dikatakan mudah dan juga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi anda yang baru mengenal dunia online. Bukan hanya mudah ternyata, namun juga bisa dilakukan dengan modal yang minim dan bahkan hampir tidak mengeluarkan apapun. Tentu dalam hal ini anda harus memanfaatkan sosial media atau e-commerce dalam pelaksanaannya.

Cara Jualan Online untuk Pemula

Sebagai pemula, tentunya anda bingung apa langkah awal dan langkah selanjutnya untuk memulai jualan online. Walaupun dikatakan mudah, namun ada strategi dan langkah tepat dalam melakukannya agar penjualan anda tidak hanya sekedar laku, namun juga mempunyai konsumen yang loyal.

1. Persiapkan Mental

Hal ini sangat penting, jika mental anda tergolong tempe, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu sebelum terjun kedunia online. Seperti halnya dunia offline, berjualan online juga mempunyai faktor untung dan rugi. Belum lagi menghadapi konsumen yang bawel, rewel dan banyak pertanyaan.

Mental baja akan diperlukan ketika menanggapi pertanyaan yang panjang dan lama, kemudian calon konsumen tidak jadi beli. Bagaimana perasaan anda saat itu? Jika belum mempersiapkan mental, kemungkinan saat itu juga anda mengeluh.

2. Tentukan Produk

Setelah mental sudah dipersiapkan, selanjutnya tentukan produk apa yang ingin dijual. Jika masih belum mempunyai ide, anda bisa mencari ide bisnis dengan melakukan riset terlebih dahulu. Baik itu melihat kebutuhan pasar atau menjual barang umum yang ada disekitar anda.

Bagaimana jika tidak mempunyai produk dan juga tidak bisa memproduksinya barang sendiri? Apakah masih bisa berjualan di internet? Tentu saja masih bisa, saat ini anda bisa jualan online dengan sistem dropshipper atau reseller. Jika ada kesempatan, kami akan membahas lebih mendalam mengenai kedua hal tersebut.

3. Menyusun Rencana

Oke katakanlah anda sudah melakukan kedua hal penting diatas, selanjutnya anda harus menyusun strategi bagaimana memasarkan produk tersebut. Hal ini penting sekali agar apa yang anda lakukan tersusun rapi sampai menemukan hasil yang tepat.

Rencana yang dimaksud bisa jadi banyak hal asalkan masih berhubungan dengan jualan online yang dilakukan. Misalkan menentukan harga produk, berapa laba yang pantas diambil dan juga membuat manajemen risk untuk meminimalisir kerugian.

4. Tentukan Target Konsumen

Produk yang anda jual sangat menentukan siapakah target utamanya. Menentukan target konsumen sangat penting agar langkah pemasaran yang dilakukan tidak salah sasaran. Sebagai contoh ketika menjual produk kosmetik, siapa yang seharusnya menjadi target penjualan anda? Tentu saja kaum hawa dengan kisaran usia yang sudah dipikirkan sebelumnya.

5. Menentukan Supplier

Langkah ini sangat penting jika memang anda tidak mempunyai produk atau menciptakan produk sendiri. Cari supplier terpercaya yang memberikan barang kualitas tinggi, tentunya juga harus murah karena tujuan anda berjualan pastinya untuk mendapatkan untung.

Faktor lain yang harus ditentukan dalam hal memilih supplier antara lain, lokasi dari tempat usaha anda dan berapa stock yang sudah. Pastikan bawah mereka mudah dan enak untuk diajak komunikasi serta melayani kebutuhan anda dengan baik.

6. Menentukan Lokasi Penjualan

Langkah kali ini sudah memasuki ranah online dimana anda harus menentukan dimana ingin menjual produk yang ditawarkan. Apakah di media sosial? Melalui blog atau website? Mungkin juga berjualan di toko online seperti Shopee, Lazada DLL?

Jika anda memilih untuk membuat website sendiri, maka satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah konten. Pastikan konten website Anda bebas dari plagiat. Salah satu tools yang dapat digunakan untuk memeriksa plagiarism adalah prepostseo dan small seo tools. Anda dapat memeriksa konten plagiat secara online, cepat dan tepat. Selain itu mereka juga memiliki plugin yang dapat diintegrasikan dengan website yang menggunakan platform wordpress.

Beberapa tempat diatas dapat anda lakukan secara bersamaan jika memang memungkinkan. Namun jika waktu dan keterbatasan lain menghalangi untuk melakukan semuanya, setidaknya pilih berjualan di media sosial atau toko online yang dimaksud. Disinilah maksud kami bahwa jualan online bisa dilakukan hampir tidak mengeluarkan biaya apapun sebagai bahan promosinya.

7. Lakukan Promosi

Sebagus apapun produk yang anda jual di lokasi yang terbilang strategis, jika tidak melakukan promosi yang tepat pastinya tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Promosi yang dimaksud mencakup semua hal, misalkan menentukan konten promosi, apakah dengan gambar atau video. Promosi ditempat lain seperti menggunakan media iklan Facebook atau Google DLL.

Anda juga bisa melakukan promosi agar barang anda cepat dikenal luas, misalnya memberikan diskon terlebih dahulu atau memberikan harga murah jauh dibawah harga asli. Setelah konsumen tahu mengenai keunggulan dan manfaat dari produk tersebut, silahkan kembalikan ke harga normal.

8. Analisa Hasil Penjualan

Sebenarnya bukan hanya hasil penjualan yang dianalisa dalam hal ini, melainkan semua strategi dan langkah yang dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa efektif cara berjualan online yang sudah dilakukan.

Langkah ini sangat penting karena anda dapat melakukan evaluasi dikemudian hari. Mengganti cara lain yang kurang efektif dengan cara baru merupakan hal yang harus dilakukan untuk menemukan strategi mana yang pas untuk produk jualan anda.

Itulah beberapa langkah awal yang harus dilakukan sebagai cara berjualan online untuk pemula. Kami kira sudah cukup jelas dari penjabaran diatas, kini giliran anda memutuskan apakah akan melakukannya saat ini juga atau menunggu momen yang tepat?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini