7 Minuman Khas Indonesia Ini Bukan Hanya Enak, Tetapi Juga Menyehatkan

0
73

Modernisasi kali ini tidak hanya berdampak pada teknologi yang semakin cepat dan canggih. Namun, masuknya berbagai makanan dan minuman western atau sejenisnya secara tidak langsung membuat anak milenial lebih mengenalnya daripada olahan olahan dari Indonesia.

Maka dari itu, akan dipaparkan deretan minuman khas Indonesia yang tidak kalah enak dan menyegarkan. Dan pastinya juga mengandung bahan-bahan alami yang bisa menyehatkan tubuh juga.

Sehingga, tidak ada salahnya mencobanya sesekali. Walaupun mungkin saat ini beberapa olahan minuman tersebut sudah mulai langka ditemukan. Tanpa basa-basi berikut ulasan 7 minuman khas Indonesia rekomended untuk dicoba:

Wedang Uwuh

Pembahasan pertama mengenai minuman tradisonal yaitu ada Wedang Uwuh.  Minuman ini berasal dari Bantul, Yogyakarta dimana kata uwuh sendiri sebenarnya memiliki arti “sampah”. Namun, jangan berburuk sangka terlebih dahulu sebab maksud dari Uwuh adalah menggunakan bahan-bahan rempah seadanya.

Dimana minuman ini terkenal sebagai minuman penghangat tubuh. Kandungan yang kaya akan rempah ini membuat minuman ini memiliki antioksidan yang tinggi. Jadi, selain nyaman dinikmati saat udara dingin juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Adapun bahan-bahan yang menjadi rempah dalam minuman Wedang Uwuh ini seperti Jahe, Cengkeh beserta daunya, kemudian Kayu manis kering dan juga Pala. Tidak lupa dengan Kayu Secang dan juga gula batu.

Untuk pembuatannya sebenarnya seperti menyeduh minuman pada umumnya. Namun yang unik, jahe tersebut di panggang dan selanjutnya digeprek. Untuk kemudian dimasukkan dalam air rebus dan mencampur selurh bahan yang sudah disebutkan tadi.

Hasil akhirnya adalah minuman hangat dengan warna coklat. Karena bahan tidak dihaluskan, maka akan seolah banyak isian didalam minuman tersebut. Untuk rasa manis silahkan tambah gula sesuai selera. Jadi, minuman ini akan menghasilkan cita rasa “pedas” rempah-rempah dan juga hangat.

Sarabba

Beralih ke daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Daerah Bugis Kamu bisa coba minuman tradisionalnya berupa Sarabba.  Minuman dengan bahan gula aren ini tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan olahan minuman gula aren di daerah lain.

Sarabba sendiri berisi bahan bahan alami yang kaya akan rempah-rempah Indonesia. Mulai dari Jahe, Kayu Manis, Pala, merica dan tidak lupa dengan kuning telur. Selain itu, juga dicampur dengan santan dan air dan gula merah.

Biasanya orang akan membuatnya diawali dengan merebus air dan gula merah 350 g terlebih dahulu. Kemudian saat air mendidih bisa menambahkannya Jahe, Merica, pala dan kayu manis hingga aroma tercium.

Jika sudah aroma rempah tersebut tercium kecilkan api, sembari masukkan santan sekitar 200 ml. Jika sudah diaduk perlahan dan hidangkan pada cangkir dalam keadaan panas. Tidak lupa juga menambahkan kuning telur didalamnya dan aduk perlahan.

STMJ

Minuman yang banyak ditemukan didaerah Jawa Timur yang jadi khasnya kota Malang adalah STMJ yaitu Susu, Telur, Madu dan Jahe. Untuk STMJ sendiri terkenal sebagai minuman jamu yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti namanya, maka untuk bahannya sendiri dimulai dari susu cair. Kemudian  juga Jahe, Madu serta kuning telur ayam kampung. Dan sedikit bubuk merica juga. Untuk pembuatan minuman ini cukup dengan geprek air dan jahe.

Lalu ditambahkan dengan merica, madu dan kuning telur. Pastikan mengaduknya dengan cepat, sebab agar kuning telur tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal. Dan paling tepat diminum dalam keadaan hangat.

Wedang Ronde

Masih membicarakan olahan minuman hangat yang menyehatkan, Kamu bisa mencoba Wedang Rondo ini. Ada banyak penjual wedang ronde yang mulai menjajan jualannya pada sore hari hingga malam hari. Pasalnya memang minuman yang satu ini mantap untuk disajikan pada kondisi cuaca yang dingin.

Wedang Ronde sendiri merupakan olahan wedang hangat dengan beberapa isian. Sekilas mungkin rasanya akan mirip dengan Wedang Jahe, namun ada beberapa topping atau isian yang khas. Misalnya ada kacang goreng, mutiara, dan tambahan yang lain.

Bir Pletok

Masyarakat Betawi sering membuat minuman ini yang sudah sangat terkenal sejak era kolonial. Dimana minuman ini juga kaya dengan kandungan yang menyehatkan badan. Adapun yang tertarik membelinya, pasti banyak disekitar daerah Jakarta.

Namun, jika ingin membuatnya sendiri maka pastikan menyiapkan bahanya terlebih dahulu seperti Jahe, cengkeh, Pala, Sereh, Kapulaga, Kayu Manis, Kayu Secang. Kemudian daun pandang dan juga jeruk serta gula.

Untuk pembuatannya seperti kebanyakan minuman hangat lainnya. Mencampurkan bahan dengan air dan merebusnya hingga mendidih. Kemudian daun Pandan, Secang dan kayu manis bisa ditambahkan setelahnya. Pastikan agar air benar-benar mendidih dan tunggu hingga prosesnya kurang lebih 20 menit. Lalu Bir Pletok siap dihidangkan saat kondisi hangat.

Bajigur

Minuman yang jadi salah satu khas di Jawa Barat ada Bajigur. Dimana minuman ini memiliki rasa yang legit dan juga manis. Para penikmatnya bisa menikmati minuman ini diwaktu malam. Untuk menambah kenikmatannya biasanya akan disajikan bersama singkong ataupun pisang goreng. Jika tertarik mencobanya dirumah bisa siapkan bahan dan juga beberapa langkah pembuatannya sebagai berikut:

  • Pertama untuk bahan pembuatan Bajigur ini membutuhkan 150 gr gula aren, 100 gram jahe dan 2 batang serai yang keduanya dimemarkan atau digeprek.  Lalu 5 helai daun pandan dan 5 cm kayu  manis serta bubuk kopi cukup 1 sendok makan saja jangan sampai lupa.
  • Kemudian ke proses pembuatannya adapun caranya cukup dengan rebus semua bahan yang sudah disebutkan diatas menggunakan air santan kelapa, kurang lebih 1 L saja dengan api sedang.
  • Lalu aduk perlahan dan hasil olahan tersebut akan berwarna kecoklatan. Dan tunggu sejenak hingga uap panasnya habis. Setelah itu jangan lupa saring sebelum siap dihidangkan.

Teh Talua

Dan yang terakhir ada teh Talua salah satu minuman khas dari Daerah Sumatera Barat. Dimana Teh ini terkenal dengan beberapa khasiatnya untuk kesehatan para penikmatnya. Hal tersebut bukan sekadar mitos belaka, namun memang dikarenakan Teh ini mengandung banyak nutrisi, termasuk juga mengandung vitamin C.

Jika tidak yakin, Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menyiapkan beberapa bahannya. Untuk yang pertama adalah 2 buah kuning telur, teh celup, jeruk nipis. Dan tidak lupa bahan pemanisnya ada gula, susu kental manis dan bubuk kayu manis juga. Adapun cara membuatnya simak langkah dan penjelasan dibawah ini:

  • Pastikan Kamu rebus air kurang lebih 500 ml beserta teh terlebih dahulu hingga mendidih.
  • Selanjutnya mengocok kuning telur dan dua sendok makan gula secara bersamaan hingga campuran tersebut mengental. Kemudian Kamu bisa menuangkanya ke dalam air teh tadi. Dan menuangkan juga susu kental manis 30 ml ke dalamnya.
  • Setelah itu, jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis dan juga bubuk kayu manis. Teh Talua Selesai dibuat dan siap disajikan.

Demikian itu beberapa minuman khas Indonesia yang bisa Kamu coba, dijamin selain enak juga pasti ada yang bikin ketagihan. Jadi, tidak ada salahnya juga membelinya sesekali atau membuatnya sendiri dirumah untuk hidangan keluarga atau acara tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here