6 Manfaat Penulisan Makalah

0
342
manfaat penulisan makalah

Manfaat Penulisan Makalah | Berbagai bentuk tugas yang didapatkan oleh para siswa maupun mahasiswa di bangku pendidikan fomal yang diberikan oleh para guru dan dosen memiliki berbagai manfaat secara langsung maupun tidak langsung, termasuk di antaranya yaitu tugas pembuatan dan penulisan sebuah makalah.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai 6 Manfaat Penulisan Makalah, khususnya bagi anda penulisnya, yaitu:

1. Mempelajari dan Memahami Suatu Masalah, Sekaligus Menemukan Solusinya

Ketika anda menulis sebuah makalah, maka anda akan dituntut untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah topik, serta menjelaskan berbagaai permasalahan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, rangkuman informasi dan Penjelasan yang anda berikan tersaji secara berurutan dan logis, sehingga semua pembaca memahami masalah dan topic yang sedang anda sajikan.

Tidak hanya itu, sebagai penulis makalah, anda berkewajiban memberikan solusi dan ide untuk bisa memecahkan inti permasalahan pada topik tersebut. Proses ini tentunya akan membuat anda mencari dan menemukan pemecahan masalah tersebut secara berurutan dan sistematis, hal ini tentunya secara tidak langsung akan melatih anda untuk secara kreatif menemukan solusi atas suatu permasalahan.

Manfaatnya kemudian bagi anda adalah ketika berhadapan dengan kehidupan sehari-hari, dan anda sedang berhadapan dengan suatu persoalan kehidupan, maka anda akan bisa menemukan inti pokok masalahnya, serta bisa dengan sangat cepat menemukan solusi tepat untuk menyelesaikannya.

2. Mempraktekkan dan Menyebarkan Berbagai Ilmu yang Sudah Dipelajari

Selama berada di kampus maupun sekolah, anda tentunya sudah banyak mendapatkan ilmu lewat berbagai pelajaran dan mata kuliah. Akan tetapi, terkadang kemudian anda menjadi bingung bagaimana cara menerapkan dan menggunakan berbagai ilmu dan wawasan tersebut.

Dengan anda menulis sebuah makalah, maka anda telah berlatih penerapan ilmu dan berbagai wawasan yang anda miliki ke dalam bentuk sebuah tulisan ilmiah. Dengan menulis sebuah makalah, maka anda sudah menerapkan dan bahkan mengajarkan kepada orang tentang berbagai teori yang sudah anda pelajari secara nyata.

Tidak hanya itu, nantinya anda akan bisa melihat dan menyaksikan sendiri tentang bagaimana sebuah ilmu diterapkan, apakah teori yang ada tersebut sesuai maupun tidak sesuai terhadap permasalahan yang ada.

Dengan mengalami dan melihat sendiri fakta di lapangan saat penerapan sebuah ilmu, maka anda akan lebih paham dan juga tidak akan lupa terhadap ilmu yang telah anda dapatkan dari bangku pendidikan formal di berbagai tingkat pendidikan tersebut.

3. Mempelajari Cara Berpikir Secara Sistematis

Dengan menulis sebuah Makalah, berarti anda harus berpikir mengenai pembahasan yang sistematis, runtut, serta menggunakan kerapihan alur logika dalam penyampaian argumen. Selain hal itu, pada setiap sub bahasan makalah anda harus memiliki alur yang berkesinambungan dan satu antara bahasan yang satu dengan bahasan yang lainnya.

Dengan menulis sebuah makalah, anda juga akan belajar tentang penataan alur sebuah pemikiran, serta memilah berbagai hal yang harus ditulis maupun yang tidak. Secara tidak langsung, selama anda Melakukan semua hal itu, tentunya anda akan memiliki dampak posistif yang sangat bagus pada cara berpikir anda.

Saat anda sudah Terbiasa menulis sebuah makalah, maka anda akan memiliki kemampuan yang luar bisa untuk berpikir sistematis, berpikir logis, dan juga berpikir secara terstruktur. Semua hal itu akan sangat sulit bagi mereka yang tidak pernah maupun tidak terbiasa menulis sebuah makalah atau pun sebuah karya ilmiah.

4. Mengasah dan Meningkatkan Kemampuan Menulis

Manfaat terbesar dan yang paling akan anda rasakan saat anda sudah terbiasa dengan aktivitas menulis makalah yaitu terasahnya kemampuan menulis anda. Hal ini karena untuk dapat membuat sebuah makalah, anda harus menggunakan berbagai sisi pengetahuan anda tehadap sebuah permasalahan.

Keuntungan lainnya dari terbiasanya anda menulis makalah yaitu anda akan mudah untuk merangkai kata saat menyampaikan sebuah informasi di depan publik, serta secara otomatis menyusunnya dengan sistematis dan logis.

Ketika suatu saat anda mendapatkan tugas untuk menulis suatu  hal di dunia kerja (misalnya menulis artikel dengan tema tertentu, membuat esai, dan lain sebagainya) anda akan sangat mudah untuk mengerjakannya.

Hal itu karena otak anda sudah sangat terbiasa memproses berbagai sumber informasi, serta menerjemahkannya ke dalam bentuk kata dan kalimat yang sistematis, runtut, dan logis. Hal ini kemudian akan memudahkan anda untuk menulis berbagai bentuk tulisan, meskipun dengan tema yang juga bermacam-macam.

Aktivitas menulis makalah juga akan membuat wawasan dan pembendaharaan kata anda dalam bahasa Indonesia ilmiah bertambah. Hal ini karena anda akan lebih sering membaca berbagai sumber referensi saat anda sedang menyusun sebuah makalah.

5. Meluaskan Wawasan Terhadap Berbagai Hal

Proses penyusunan sebuah makalah adalah sebuah proses yang rumit dan itu bukan hal yang mudah bagi yang belum terbiasa. Saat akan membuat sebuah makalah, anda perlu banyak membaca berbagai buku referensi, membuat peta kerangka tulisan dan topik permasalahan, membuat keselarasan paragraph dan analisisnya, dan berbagai hal lainnya.

Semua proses rumit itu menjadikan wawasan anda semakin bertambah luas terhadap berbagai hal yang anda tulis. Anda akan menjadi seseorang yang mengetahui sebuah topik dengan menyeluruh. Disamping itu, anda juga akan selalu peka terhadap berbagai perkembangan informasi dan keadaan lingkungan sekitar anda.

Dengan sering menulis makalah, anda akan menjadi Pribadi yang sangat banyak tahu dan sangat tahu banyak dengan berbagai hal yang memudahkan anda melakukan berbagai hal besar apapun. Anda pun kemudian akan menjadi seorangg panutan bagi masyarakat, dengan luasnya cara pandang dan pengetahuan anda.

6. Kritis dan Solutif Terhadap Berbagai Permasalahan

Untuk bisa menyelesaikan sebuah topic masalah yang dibahas dalam sebuah makalah, sebagai penulis atau pun kelompok penulis, anda akan dibuatnya menjadi pemikir kritis yang penuh solusi.

Hal ini karena pembedahan sebuah topik dan permasalahan perlu dilakukan dengan menggunakan berbagai perspektif. Dalam proses penulisan makalah, Anda tidak akan bisa menyelesaikan pembahasan tentang sebuah topik hanya dengan satu perspektif saja. Sebab hal itu akan membuat pembahasan makalah anda menjadi dangkal.

Dengan Terbiasanya anda melakukan pembahasan seperti ini, anda secara otomatis akan menjadi seseorang yang mampu berpikir kritis dan penuh solusi. Anda akan terbiasa dan mudah melihat berbagai persoalan yang terjadi di sekitar anda dengan berbagai perspektif.

Kemampuan ini lalu akan membantu anda saat berhadapan dengan berbagai hal, mempelajari ilmu baru, menyelesaikan berbagai persoalan, melatih pengembangan diri, efektif dan cepat saat mengerjakan sebuah tugas, dan lain sebagainya.

Secara tidak sadar dari waktu ke waktu, dengan banyaknya anda menulis makalah, wawasan dan kemampuan terus mengalami perkembangan signifikan meskipun sudah tidak lagi berada di dunia pendidikan formal, dan sudah terjun ke dunia kerja. Akumulasi pengalaman menulis serta sikap-sikap positif yang terlatih dengannya akan menjadi salah satu nila plus anda di dunia kerja nanti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini