3 Media Belajar dari Rumah yang Harus Kamu Coba

0
44
metode belajar

Masa pandemi memang merubah cara belajar siswa. Semua kegiatan belajar dilakukan tidak secara tatap muka, melainkan tatap maya.

Konsep ini membuat sebagian orang terkejut bahkan kebingungan karena tidak pernah terjadi sebelumnya. Perlu penyesuaian terlebih dahulu untuk membuat semua masyarakat paham dan mengerti.

Salah satu dampak dari pembelajaran daring adalah pemahaman siswa.

Yapps, pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan tidak bisa diterima dengan baik. Akibatnya banyak orang tua yang mengeluh mengenai anaknya ketika belajar.

Berawal dari hal tersebut, perlu adanya jam belajar tambahan atau pemahaman tambahan bagi siswa agar tidak melulu mengandalkan materi yang diberikan oleh sekolah.

Berikut adalah media belajar yang mungkin bisa menjadi salah satu cara agar anak lebih paham.

1. Les Online

Les merupakan salah satu metode belajar tambahan yang cukup digemari oleh siswa, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Karena cara ini cukup efektif untuk menambah atau mematangkan materi pelajaran.

Seiring berkembangnya teknologi, les berbasis online mulai muncul ke permukaan, sebut saja Ruangguru, Zenius dan masih banyak lagi.

Struktur belajar dan cara mengajar yang terorganisir menjadi salah satu kelebihan media belajar les online. Sehingga, siswa yang belajar bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Namun, salah satu kekurangan dari cara belajar ini ada pada biaya. Bagi sebagian orang mungkin biayanya masih terjangkau. Akan tetapi, untuk siswa kalangan bawah tentunya berpikir 2 kali.

Apalagi, masih harus membeli kuota untuk bisa mengakses materi yang terdapat pada layanan les online tersebut.

2. YouTube

Belajar dengan video adalah salah satu cara untuk mempercepat pemahaman. YouTube menyediakan berbagai konten pembelajaran yang bisa diakses secara gratis dan bebas.

3. Blog

Bagi yang suka membaca, ini adalah jalan yang cukup baik. Karena blog menyediakan materi pelajaran dengan tulisan.

Saat ini blog pendidikan sudah tersedia sangat banyak dan hanya butuh modal mengetik di google untuk mencari apa yang diinginkan.

Namun, yang perlu diingat adalah jangan langsung percaya pada satu sumber. Bandingkan dengan sumber yang lain untuk memastikan kebenaran dari materi yang dicari.

Mungkin itu dulu, media belajar yang bisa dijadikan referensi belajar ketika sekolah secara daring.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan