10 Kuliner Murah Yogya Yang Wajib Anda Coba

0
78
kuliner murah yogya

Akhir pekan adalah waktu tepat bagi anda dan keluarga untuk berkunjung ke kota Yogya. Karena, bukan hanya tempat wisata menarik yang bisa anda nikmati keindahannya. Namun, banyak juga wisata kuliner untuk anda santap dengan rasa enak dan lezat. Kuliner murah Yogya bisa menjadi menu andalan anda dan keluarga saat berada di kota pelajar ini. Berikut terdapat 10 daftar kuliner khas kota Yogya dengan harga murah yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Yogya. 10 kuliner tersebut, di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Gudeg

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg? Makanan khas Yogya yang satu ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat tanah air. Nama gudeg sendiri sudah cukup termasyhur ke seluruh pelosok negeri. Bagaimana tidak, kuliner khas kota Yogya ini memiliki cita rasa begitu tinggi yang akan membuat anda merasa jatuh cinta kepada kota gudeg ini.   

2.Soto

Yogya bukan hanya terkenal dengan kuliner khas gudeg, tapi soto juga menjadi menu andalan kota pelajar ini. Kuah santan dengan campuran rempah-rempah ini menghasilkan aroma dan rasa sangat enak hingga menjadikan nafsu makan siang anda bertambah. Soto merupakan salah satu jenis kuliner Indonesia yang terkenal dan banyak diminati oleh turis asal mancanegara.   

3. Brongkos

Brongkos merupakan salah satu makanan khas kota Yogya yang cukup digemari oleh penduduk lokal maupun pendatang dari luar. Sajian rebusan potongan daging sapi dengan campuran rempah akan menghadirkan rasa gurih, manis, dan sensasi pedas. Biasanya, harga satu porsi brongkos senilai 20 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau, bukan?

4. Nasi Kerabu

Apabila anda ingin menikmati nasi dalam kemasan yang berbeda. Maka, memilih untuk mencoba nasi kerabu adalah keputusan tepat. Jika pada umumnya anda menemukan dan memakan nasi berwarna putih maupun warna merah. Namun, akan sangat berbeda rasanya ketika anda memakan nasi kerabu yang berwarna biru.

Kuliner murah Yogya berupa nasi kerabu ini sendiri berasal dari bunga telang, memiliki rasa sangat enak, gurih dan cepat kenyang. Akan sangat disayangkan jika anda melewatkannya saat berada di Yogya.             

5. Oseng

Penduduk Indonesia memang cenderung menyukai masakan pedas. Yakni oseng, dengan isi kikil, gajih, dan tulang muda dipadukan dengan rasa pedas hingga membuat selera makan anda bertambah. Tidak perlu khawatir, harga oseng sangat terjangkau dan hemat di kantong.  

6. Pecel

Pecel memang identik dengan negara Indonesia. Hampir seluruh wilayah tanah pertiwi mempunyai pecel sebagai makanan khas dengan cita rasa berbeda dan penambahan nama yang berbeda pula.

Selain ke enam makanan di atas, Yogya juga memiliki kuliner murah rasa enak, seperti berikut:

7. Nasi Rames

Nasi Rames adalah hidangan dengan menu utama nasi beserta sayur dan lauk pauk didalamnya yang bisa dipilih sendiri. Sayur dan lauk yang bisa dipilih diantaranya adalah sayur labu, oseng – oseng, sayur toge, ikan goreng, ayam goreng dan sambel tentunya.

8. Jenang

Jenang merupakan salah satu jajanan khas yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan ditambah dengan santan dan gula. Sekilas bahan makanan ini ada kemiripan dengan dodol. Namun dari sisi tampilan jenang agak sedikit berminyak. Pada acara – acara besar, makanan khas satu ini biasanya selalu hadir menemani. Salah satu jenang legendaris yang wajib dicoba di Yogya adalah jenang Bu Gesti di pasar lempuyangan.

9. Sate

Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang bernama sate. Tak kalah ketinggalan di Yogya pun banyak dijumpai para pedagang sate. Mulai dari penjual sate menggunakan gerobak, sampai kepada pedagang sate di restoran. Satu yang menjadi ciri khas sate di Yogya adalah sate klatak. Keunikan sate jenis ini adalah tusukan yang digunakan. Menggunakan besi jeruji sepeda.

10. Mie Ayam    

Tak lengkap rasanya jikalau kita berbicara mengenai makanan murah dan enak tanpa memasukkan mie ayam kedalam daftar. Olahan mie yang satu ini sangat nikmat untuk disantap pada sore hingga malam menjelang. Salah satu tempat kuliner mie ayam yang terkenal di Yogya adalah Mie ayam Bu Tumini. Jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk menikmati mie ayam jika berkunjung ke Yogya.

Nah, itulah 10 kuliner murah Yogya yang bisa anda cicipi saat berada di kota Yogya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here